Menjalani hubungan yang romantis, bahagia, serta langgeng merupakan harapan dari setiap pasangan. Untuk mewujudkannya pun tidak mudah, sebab diperlukan usaha-usaha dari kedua belah pihak.

Namun ternyata, upaya memperkuat hubungan tidak selalu membutuhkan cara-cara yang rumit. Rutinitas sederhana setiap hari juga mampu jadi kunci hubungan bertahan lama dan semakin kuat.

Walau terkadang dianggap remeh dan sering kali dilupakan, kebiasaan sederhana memiliki pengaruh besar dan positif dalam menjadikan sebuah hubungan kuat dan bahagia.

Berikut ini beberapa contoh rutinitas sederhana untuk memperkuat hubungan yang wajib kamu dan pasanganmu coba.

1. Memberi pujian dan berterima kasih kepada satu sama lain

Anti Ribet, 7 Rutinitas Sederhana Ini Mampu Memperkuat HubunganUnsplash/Andrew Welch

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap orang ingin merasa dihargai, terlebih oleh pasangannya sendiri. Untuk itu, memberi pujian kepada pasangan termasuk sebagai salah satu hal yang harus kamu lakukan dalam suatu hubungan.

Selain itu, selalu mengucapkan terima kasih atas setiap kebaikan yang sudah pasanganmu lakukan juga akan membuat pasanganmu menjadi lebih bahagia. Tak harus untuk hal-hal besar, berterima kasih atas hal-hal kecil justru lebih bermakna.

Dengan rutin memberi pujian dan berterima kasih pada hal-hal kecil, pasanganmu akan merasa bahwa kamu memperhatikannya. Lalu, ia akan melakukan hal yang sama. Dan inilah yang menjadi kunci sukses hubunganmu dan pasangan.

2. Luangkan waktu untuk ngobrol setiap hari

Anti Ribet, 7 Rutinitas Sederhana Ini Mampu Memperkuat Hubunganstocksy.com/Alexandr Ivanets

Komunikasi memegang peranan penting dalam kesuksesan suatu hubungan. Makanya, meluangkan waktu untuk ngobrol bersama pasangan juga merupakan rutinitas sederhana yang mampu memperkuat hubungan.

Sebuah penelitian mengatakan bahwa pasangan yang memiliki rutinitas ngobrol dan menghilangkan stres bersama-sama setiap hari, memiliki kesempatan lebih besar untuk langgeng dan bahagia.

Jika sibuk, meluangkan waktu selama 15 menit untuk ngobrol seputar kegiatan harian dan menanyakan kabar pasangan sudah sangat cukup, bahkan mampu mencegah timbulnya konflik-konflik sepele dalam hubungan kalian.

3. Olahraga ringan bersama pasangan

Anti Ribet, 7 Rutinitas Sederhana Ini Mampu Memperkuat HubunganPexels.com/Karolina Grabowska

Selanjutnya, kamu dan pasangan juga bisa membangun rutinitas baru yang memiliki banyak manfaat, yaitu berolahraga bersama. Tidak perlu olahraga berat yang menguras tenaga, olahraga ringan juga mampu memberi dampak positif bagi hubunganmu.

Beberapa pilihan olahraga ringan bersama pasangan yang bisa kamu coba adalah yoga, bersepeda, jogging, berenang, bermain bulu tangkis, atau olahraga-olahraga lain yang kalian sukai.

Selain bisa bikin tubuh jadi lebih sehat, waktu yang dihabiskan bersama pasangan saat olahraga juga merupakan cara cerdas untuk menjadi lebih terkoneksi satu sama lain, memperkuat hubungan serta berbagi banyak hal.

4. Menawarkan bantuan dan menunjukkan rasa peduli

Anti Ribet, 7 Rutinitas Sederhana Ini Mampu Memperkuat HubunganFreepik

Dalam menjalani sebuah hubungan, tentulah banyak hal yang akan dilewati bersama, baik suka maupun duka, saat senang juga saat sedih. Oleh karena itu, kamu perlu memberi dukungan pada pasangan kapan pun ia membutuhkannya.

Menawarkan bantuan dan menunjukkan rasa peduli merupakan salah satu hal sederhana yang akan membuat pasanganmu bahagia sebab merasa diperhatikan.

Dengan melewati berbagai peristiwa dan berbagi kesulitan, kamu dan pasangan akan menjadi lebih terikat secara emosinal dan berpotensi untuk mempunyai hubungan yang kuat.

5. Berbagi dan tertawa pada humor yang sama

Anti Ribet, 7 Rutinitas Sederhana Ini Mampu Memperkuat HubunganPexels.com/RODNAE Production

Tahukah kamu bahwa tertawa dianggap sebagai obat terbaik bagi kesehatan? Hal ini disebabkan karena tertawa mampu mengurangi stres hingga meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Saat tertawa, beberapa organ dalam tubuh menjadi lebih rileks sehingga badan terasa ringan.

Nah, apa jadinya jika kamu tertawa bersama pasangan yang kamu cintai? Pasti hatimu akan menjadi jauh lebih bahagia daripada sebelumnya. Maka tak heran jika tertawa bersama pasangan bisa menjadikan hubunganmu lebih menyenangkan.

Untuk mulai membangun hubungan bahagia serta kuat, mulailah untuk berbagi dan menertawakan humor yang sama dengan pasanganmu, ya!

6. Makan bareng untuk bertukar pikiran

Anti Ribet, 7 Rutinitas Sederhana Ini Mampu Memperkuat HubunganPexels.com/Gustavo Fring

Selanjutnya, ada kegiatan paling sederhana dan mungkin sudah sering kamu lakukan bersama pasangan, yaitu makan bareng. Ternyata kegiatan ini bila dilakukan dengan rutin juga bisa jadi kunci hubungan menjadi semakin kuat.

Ketika makan bersama, suasana menjadi sangat cocok untuk digunakan sebagai momen berbincang serius serta bertukar pikiran tentang keinginan masing-masing. Obrolan saat makan bersama inilah yang akan membantu kamu dan pasangan menjadi lebih mengenal satu sama lain.

Jika kamu kesulitan menemukan waktu terbaik untuk makan bersama pasangan, tak perlu panik. Manfaatkanlah waktu-waktu luang seperti makan malam usai beraktivitas atau kencan di akhir pekan.

7. Jalan kaki dan nikmati waktu santai bersama

Anti Ribet, 7 Rutinitas Sederhana Ini Mampu Memperkuat Hubunganpexels.com/@katerina-holmes

Kegiatan sederhana terakhir yang bisa kamu jadikan rutinitas untuk memperkuat hubungan adalah jalan kaki dan menikmati waktu santai bersama. Ya, jalan kaki tidak hanya menyehatkan tubuh tetapi juga hubungan percintaanmu dengan pasangan.

Jalan kaki dan bersantai bersama pasangan dapat dilakukan kapan pun dan di mana pun, murah serta praktis, namun akan berdampak positif bagi hubunganmu. Kegiatan ini juga mampu jadi saat terbaik untuk melakukan percakapan mendalam tentang hubungan kalian.

Luangkanlah waktu untuk berjalan kaki bersama pasangan di bawah matahari cerah dan cuaca yang menyejukkan, maka kamu dan pasangan akan mendapatkan suasana hati yang lebih positif hingga mampu mengatasi stres dari beban kehidupan.

Itulah beberapa rutinitas sederhana untuk memperkuat hubungan kamu dan pasangan. Yuk, mulai terapkan dari sekarang!

Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Stres Finansial dalam Hubungan

Baca Juga: Ingin Hubungan Langgeng? Hindari 5 Sikap Negatif Ini dengan Tegas

Baca Juga: Biar Nggak Putus, 5 Aturan Ini Harus Dipatuhi Saat Akan Break Hubungan