Memiliki pasangan yang mudah marah dan suka ngambek tentu terasa menyulitkan. Selain butuh usaha ekstra untuk memahaminya, dibutuhkan juga kesabaran tinggi untuk menghadapinya. Salah sedikit, bisa-bisa masalah bertambah runyam.

Nah, biar kamu tidak salah langkah, sebaiknya kamu terapkan beberapa cara menghadapi pasangan yang suka ngambek berikut ini.

1. Pahami penyebab dan sumber masalahnya

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Ngambek, Ampuh!Pexels.com/Ron Lach

Umumnya, seseorang yang marah dan akhirnya ngambek pasti disebabkan oleh suatu masalah. Selain itu, bisa juga dipengaruhi oleh mood dan suasana hati yang buruk.

Nah, saat pasanganmu sedang ngambek, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mencoba memahami penyebabnya. Cari tahu sumber masalah yang membuat dia marah. Dengan mengetahui hal ini, kamu akan bisa temukan solusi terbaik untuk menghadapi si dia yang sedang ngambek.

2. Sabar, tenang, dan tidak ikut emosi

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Ngambek, Ampuh!Jonathan Borba/Unsplash

Selanjutnya, sikap dan reaksimu juga memiliki peranan penting saat menghadapi pasangan yang suka ngambek. Pastikan kamu tetap sabar, bersikap tenang dan tidak terbawa emosi. Tujuannya, agar situasi tidak bertambah runyam.

Ingatlah pula untuk bersikap netral. Kamu tidak boleh bersikap cuek atau tidak peduli, bahkan menantang. Jika kamu menunjukkan sikap dan bahasa tubuh yang tenang dan hangat, maka kemarahannya pun perlahan-lahan akan surut.

3. Usahakan untuk lebih banyak mendengar

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Ngambek, Ampuh!Pexels.com/Tima Miroshnichenko

Jika pasanganmu marah dan ngambek, salah satu cara terbaik yang wajib kamu lakukan adalah mendengarkannya. Pahamilah apa yang dia sampaikan dan pastikan kamu memahami keluh kesah yang dia ucapkan.

Selain bisa membantu temukan solusinya, hal ini juga dilakukan agar dia merasa didengar dan diperhatikan. Lama-kelamaan, emosinya pun akan mereda.

4. Beri dia waktu untuk menenangkan diri

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Ngambek, Ampuh!Henri Pham/Unsplash

Seseorang yang sedang marah, biasanya akan sulit menerima saran dari orang lain, bahkan dari pasangannya sekalipun. Oleh karena itu, untuk menghadapi pasangan saat sedang ngambek, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah memberi dia ruang untuk merasa marah. Namun pastikan emosinya tetap terkontrol, ya.

Bila kamu memberi dia kesempatan untuk meluapkan emosi, atau kesempatan untuk ngambek dan berdiam diri, secara tidak langsung kamu telah memberinya waktu untuk berpikir. Setelah emosinya mereda, ajak dia untuk bicara baik-baik mengenai masalah yang terjadi.

5. Bersikap positif dan memberi pengaruh baik untuknya

5 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Ngambek, Ampuh!Pexels.com/Pavel Danilyuk

Apabila sifat pemarah dan suka ngambek termasuk sebagai karakteristik dan kepribadian pasanganmu, tentu tidak bisa diabaikan begitu saja. Kamu tidak bisa terus-terusan memakluminya kapanpun dia ngambek.

Salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah bersikap positif dan memberi pengaruh baik untuknya. Ajaklah dia untuk mulai membiasakan diri bertindak tenang dan lebih pandai mengontrol emosi. Meski sulit, lama-kelamaan usahamu pasti akan membuahkan hasil, kok!

Nah, itulah dia beberapa cara menghadapi pasangan yang suka ngambek versi Popbela. Gimana, sudah siap menghadapi pasanganmu?

Baca Juga: Cermati, Ini 5 Hal yang Perlu Kamu Tahu dari Pasangan Sebelum Menikah

Baca Juga: Ini 7 Tanda Pasangan Obsesif dan Suka Mengontrol

Baca Juga: 5 Perlakuan Manis Ini Bukti Kamu Sangat Mencintai Pasanganmu