Perkara jodoh memang nggak bisa diprediksi, itulah salah satu alasan kenapa jodoh butuh diperjuangkan. Kamu yang barangkali sudah menjalin hubungan lama melalui LDR juga mengalami demikian. Waktu berganti dan akan tiba juga saat di mana kamu harus memilih, apakah dia sudah pantas jadi pelabuhan terakhirmu? Seberapa yakin dia adalah jodoh yang pada akhirnya akan mendampingimu sampai akhir hayat nanti? 

Untuk itu, inilah beberapa tanda jika pasangan LDR-mu sekarang berkemungkinan besar adalah jodohmu. Apa saja? Simak di bawah ini!

1. Kalian sama-sama bisa menjaga kesetiaan

Perkara setia sudah jelas, dia tipe orang yang nggak mungkin berkhianat atau berniat meningggalkan. Kalau kamu pernah merasakan bahwa ada yang hampa saat kamu nggak dengannya, itu salah satu tanda bahwa kamu nggak bisa hidup tanpanya. Inilah yang membuatmu percaya bahwa dia adalah orang yang berharga. Kalian bisa bertanggungjawab dengan kepercayaan yang telah diberikan satu dengan yang lain. 

2. Nggak sulit untuk diajak berkompromi

Jangan Diputusin Dulu, Ini 7 Tanda Pasangan LDR-mu adalah JodohmuPexels.com/Bruce Mars

Sekali lagi, memperjuangkan seseorang itu memang bukan hal mudah; terlebih ketika kalian menjalin hubungan LDR. Ketika ada persoalan atau perbedaan cara pandang terhadap satu hal, kalian lebih memilih jalan tengah untuk menyelesaikan tanpa perlu berpisah.

Maka dari itu, komunikasi yang kalian jalin sudah kuat. Itulah yang membuatmu semakin yakin bahwa apa pun masalah yang dihadapi di depan akan bisa teratasi karena dia tipe orang yang mau diajak kompromi.

3. Selain mampu mengimbangimu, kalian juga menjadi pasangan yang saling mendukung

Setelah kalian memutuskan menikah nanti, bahtera rumah tangga baru mulai berlayar. Akan banyak hal yang membuat kalian harus bisa mengerti dan saling mengalah. Pasangan LDR-mu yang sekarang sudah ada pada tahap ini. Kalian bisa saling mengimbangi pribadi masing-masing. Di sisi lain, kalian justru terus saling mendukung untuk mengejar cita-cita pasangan. 

4. Mau menerima dirimu apa adanya

Jangan Diputusin Dulu, Ini 7 Tanda Pasangan LDR-mu adalah Jodohmugalleon.buzz

Namanya manusia pasti ada kurang dan lebihnya, kalau dia sudah mau menerima kedua hal ini darimu; itu tanda bahwa kamu sudah cukup baginya. Nggak setiap pasangan sudah ada pada tahap ini. Namun ketika pasanganmu sekarang sudah punya tanda ini, berarti dia sudah masuk kriteria pasangan yang layak kamu ajak naik pelaminan. Ini barangkali yang menjelaskan kenapa manusia diciptakan berpasangan, seorang yang memang diciptakan untuk melengkapi karaktermu.

5. Walau karena berantem atau isu adanya orang ketiga, hubungan kalian nggak mudah retak

Perbedaan pendapat itu wajar, namun saat ada pikiran putus karena alasan ini bukan hal yang bisa dia terima. Hubungan kalian tidak bisa berhenti hanya karena isu orang ketiga, ini sudah mutlak baginya. Menjalani hubungan LDR membuat kalian sudah terbiasa dengan hal-hal seperti miss communication atau godaan orang luar. Semakin banyak ujian yang sudah terlewati, itu akan menambah keyakinanmu untuk memilihnya sebagai pasangan hidup.

6. Kamu yakin bahwa dialah orang yang akan terus bersamamu seumur hidup

Jangan Diputusin Dulu, Ini 7 Tanda Pasangan LDR-mu adalah Jodohmudok.internet

Cinta bisa menipu dan pudar, namun akan berbeda ketika kamu sudah punya keyakinan bahwa dia adalah pasanganmu. Inilah yang jadi alasan kenapa orang bisa bertahan untuk memperjuangkan pasangan, terlebih untuk hubungan LDR yang gak sembarang orang bisa melaluinya. 

7. Bisa saling memahami sehingga jarak bukanlah hal yang begitu berarti

Kalian tahu bahwa jarak dan waktu bukanlah rintangan yang yang bisa menimbulkan perpisahan. Dia sudah tahu dan menerima apa yang saja yang menjadi concern kalian satu dengan yang lain. Poinnya kalian tahu apa yang sedang diperjuangkan, terlebih ketika menjalani hubungan LDR. 

Jadi itulah tadi beberapa tanda jika pasangan LDR-mu yang sekarang sudah layak diajak nikah. Sudah berapa tanda yang ada dalam dirinya?

Disclaimer: Artikel ini sudah diberbitkan pada laman IDN Times dengan judul "7 Tanda Nyata Pasangan LDR-mu Sudah Cocok Diajak Nikah"

Baca Juga: LDR Setelah Menikah, Intip 10 Potret Romantis Acha Septriasa dan Suami