Seiring berjalannya waktu, setiap pasangan pasti akan diuji oleh beberapa peristiwa yang barangkali tidak pernah dibayangkan sebelumnya. Mulai dari problematika klise tentang siapa yang harus kasih kabar terlebih dahulu, sampai alasan mengenai perbedaan cara pandang yang sulit disatukan. Kamu dan pasanganmu pasti pernah mengalami masa-masa sulit ini, ada dilema untuk memilih bertahan atau menyudahi hubungan. 

Namun tetap saja yang namanya jodoh, mau seberat apa pun ujian yang datang kamu dan pasanganmu tidak akan pernah meninggalkan. Ini beberapa tanda kalau hubunganmu akan bertahan lama meski banyak masalah datang silih berganti. 

1. Berdua menghadapi kerasnya dunia justru membuat hubungan jadi makin kuat

7 Tanda Hubunganmu Tetap Bertahan Meski Ujian Datang Silih Berganti

Sebagai pasangan, kamu dan dia dituntut buat berani berbagi banyak hal. Berbagi waktu, tenaga, mimpi, kebahagiaan, dan segala hal yang ada untuk sekarang dan masa depan. Kalian bukan hanya melatih diri untuk bekerja sama, namun juga saling melengkapi sekaligus mau menerima pribadi seutuhnya.

2. Sama-sama mau belajar, perbedaan tidak pernah jadi alasan buat putus

7 Tanda Hubunganmu Tetap Bertahan Meski Ujian Datang Silih BergantiUnsplash.com/Vladimir Kudinov

Banyak pasangan yang memutuskan untuk berpisah karena keluarga atau bahkan orang ketiga. Dalam hal ini kamu dan dia sudah mau menerima perbedaan masing-masing, termasuk perbedaan nilai dalam keluarga atau pergaulan. Sehingga perbedaan latar belakang, cara pandang, atau tujuan hubungan ke depan bukan lagi alasan masuk akal buat putus.

3. Bukan hanya pasangan, dia bisa jadi sahabat karib untukmu

7 Tanda Hubunganmu Tetap Bertahan Meski Ujian Datang Silih BergantiUnsplash.com/Everton Vila

Tidak ada filter apa pun saat kamu bersamanya, dia bisa jadi sabahat sekaligus pasangan kamu. Menemani saat suka dan duka dan bisa jadi orang yang kamu andalkan di setiap keadaan. Kalian sudah saling terbuka, tidak ada hal yang ditutupi hanya karena gengsi atau ego yang tinggi.

4. Kamu barangkali pernah mengeluh, namun tidak pernah dengan sengaja mengkritik dia

7 Tanda Hubunganmu Tetap Bertahan Meski Ujian Datang Silih BergantiUnsplash.com/Flinsenberg

Ya, setiap orang pasti punya kekurangan. Namun alih-alih kamu fokus terhadap kekurangan pasangan, kamu lebih memilih untuk melihat kelebihan dan mendukung setiap apa yang dia lakukan. Meski sekali dua kali kamu mengeluh, namun kamu tidak pernah mengkritiknya dengan pedas secara sengaja. Begitu pula dengan pasanganmu, dia tahu cara memperlakukan kamu dengan sopan. 

5. Sudah saling mengenal luar dan dalam

7 Tanda Hubunganmu Tetap Bertahan Meski Ujian Datang Silih BergantiUnsplash.com/Joel Overbeck

Kalau seseorang sudah tahu apa yang tidak disukai pasangannya, dia tidak akan menjadikan itu sebagai senjata untuk menyerang. Kamu tidak pernah menyulut pertengkaran dengan dalih bercanda.

Kamu tahu hal apa saja yang bisa dijadikan serius dan gurauan. Ini juga sejalan dengan pasanganmu, dia tidak akan menggerus kekurangan kamu karena tahu bahwa itu bukan hal menyenangkan.

6. Kalian tidak pernah mengabaikan saat ada yang butuh bantuan

7 Tanda Hubunganmu Tetap Bertahan Meski Ujian Datang Silih BergantiUnsplash.com/Priscilla Du Preez

Pasanganmu berharga dan tidak layak untuk diabaikan. Maka ketika ada satu yang butuh pertolongan, kalian tidak pernah saling mengabaikan. Kalian tahu kebutuhan pasangan dan tidak akan mangkir saat ada yang butuh bantuan. 

7. Tak selalu menuntut bersama karena mengerti kesibukan satu dengan yang lain

7 Tanda Hubunganmu Tetap Bertahan Meski Ujian Datang Silih BergantiUnsplash.com/Joanna Nix

Kamu atau dia bukan tipe orang yang sebentar-sebentar harus menghubungi pasangan. Kepercayaan kalian sudah terbangun, maka tidak ada lagi cemburu atau curiga berlebihan hingga menyebabkan pertengkaran. Kalian sudah sama-sama tahu bagaimana cara membagi waktu sehingga tidak selalu menuntut buat bersama setiap saat. 

Hubungan yang sehat bukannya tanpa perbedaan atau masalah, namun bagaimana kalian mampu melewati persoalan itu tanpa harus berpisah. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan pada laman IDN Times dengan judul "7 Tanda Hubungan Akan Bertahan Meski Ujian Datang Silih Berganti"

Baca Juga: Perbedaan Bukan Halangan, Ikuti Cara Ini agar Hubungan Bertahan Lama