Memilih pasangan hidup tidaklah mudah. Tentu banyak pertimbangan yang mesti dipikirkan. Tentu semua pasangan ingin selalu langgeng dan bahagia dalam hubungan. Harapannya, jangan sampai berakhir dengan perpisahan yang bakal menyakiti kedua belah pihak.

Itulah kenapa, banyak orang mencanangkan standar tertentu demi mendapatkan pendamping yang layak. Bukan hanya laki-laki saja, dalam hal ini perempuan juga punya kriteria dalam menentukan pasangannya. Kalau kamu bertemu beberapa tipe laki-laki seperti ini, pertahankan dia.

1. Tipe laki-laki setia dapat kamu lihat dari kesungguhannya, ia enggan berpindah ke lain hati

6 Tipe Laki-laki yang Layak Kamu Perjuangkan Sebagai Pendamping HidupUnsplash.com/Kelly Sikkema

Salah satu tipe laki-laki langka adalah mereka yang sungguh-sungguh dalam menjalani hubungan. Dia menjadikanmu satu-satunya dan tidak mencoba bermain hati pada perempuan lain, dia memintamu sebagai perempuannya dengan penuh keseriusan.

Ketika kamu telah menemukan tipe laki-laki seperti ini dari sekian pilihan yang datang, dia layak kamu pertahankan. Dia yang serius terlihat dari bagaimana kesungguhannya menepati janji dan memegang ucapannya. 

2. Mandiri dan bisa menghidupi diri sendiri. Ia juga mau melibatkanmu dalam rencana masa depannya

6 Tipe Laki-laki yang Layak Kamu Perjuangkan Sebagai Pendamping HidupPexels.com/Bogdan Glisik

Ketika nanti kamu menjalani bahtera rumah tangga berdua, dibutuhkan sosok lelaki yang bukan sekadar mandiri, tapi juga kebal terhadap setiap permasalahan yang ada. Meski belum memiliki pekerjaan yang tetap atau kehidupan yang mapan, dia yang mau menghargai dan melibatkan dirimu dalam masa depannya juga layak kamu perhitungkan.

Saat orang yang bersamamu sekarang sudah punya rasa tanggung jawab itu, atau setidaknya terhadap dirinya dulu, dia layak kamu perjuangkan.

3. Laki-laki yang memperlakukanmu bak seseorang yang perlu dijaga, dia ahli menjaga perasaanmu

6 Tipe Laki-laki yang Layak Kamu Perjuangkan Sebagai Pendamping HidupPexels.com/Andrea Piacquadio

Memperlakukan bak seseorang yang perlu dirawat dalam hal ini adalah dia bisa melindungimu, bukan mengekangmu. Dia punya sikap yang tulus, dapat menghargai perempuan, serta mampu memahamimu luar dan dalam.

Ketika kamu dan dia sedang adu pendapat pun, dia segan untuk melontarkan kata-kata yang barangkali dapat melukai perasaanmu. Itulah salah satu ciri laki-laki yang juga patut kamu pertahankan.

4. Laki-laki humoris memang punya pesonanya sendiri, dia bakal buat hidupmu lebih berwarna hanya dengan sepatah dua patah kata.

6 Tipe Laki-laki yang Layak Kamu Perjuangkan Sebagai Pendamping HidupUnsplash.com/Lucas Lenzi

Laki-laki idaman itu adalah dia yang tahu kapan saatnya serius dan bercanda. Ketika kamu dapat satu yang model begini, jangan pernah sia-siakan kehadirannya. Dia bukan hanya layak dipertahankan, tapi merupakan figur yang bisa melengkapi dan mewarnai kisahmu. Lelaki seperti ini adalah tipe orang yang dapat memahami situasi, pandai mengundang gelak tawa tapi juga bisa serius di lain waktu.

5. Punya latar belakang dan kesamaan karakter bisa meminimalkan terjadinya persoalan. Kesamaan ini jadi alasan masuk akal kenapa dia layak dipertahankan

6 Tipe Laki-laki yang Layak Kamu Perjuangkan Sebagai Pendamping Hiduphttps://www.pexels.com/@wildlittlethingsphoto

Ketika laki-lakimu punya kecocokan karakter dan latar belakang yang sama, hubungan yang kalian lakoni bakal lebih mudah dijalani. Pasalnya, perbedaan pendapat dapat diatasi dengan saling memahami. Selain kenyamanan, salah satu kriteria laki-laki yang layak kamu pertahankan adalah dia yang berusaha seiya sekata denganmu.

Memiliki pandangan dan tujuan yang sama nyatanya membuat hubungan minim pertengkaran. Langkah mudah yang dapat kamu lakukan agar ikatan yang kalian bina bisa berjalan dengan suka cita.

6. Dia berusaha menerima kamu secara utuh dan mau sama-sama belajar memperbaiki diri

6 Tipe Laki-laki yang Layak Kamu Perjuangkan Sebagai Pendamping Hiduphttps://www.pexels.com/@cottonbro

Menerima dengan utuh dalam hal ini adalah ketika dia bisa menerima kelebihan tak terkecuali dengan kekuranganmu. Selain itu, laki-laki yang layak kamu pertahankan adalah dia yang bersedia memperbaiki diri. Tahu kapan waktunya berbenah dan mempertahankan prinsipnya, saling mengingatkan ketika ada yang perlu dibicarakan. 

Memilih pendamping hidup memang perlu usaha. Tetapi setidaknya itulah beberapa ciri yang membuat seorang laki-laki layak diperjuangkan untuk menjadi teman hidupmu. Kekasihmu sudah memenuhi berapa kriteria di sini?

Baca Juga: Jarang Disadari, Ini 5 Tanda Kamu Terjebak Hubungan Sepihak

Baca Juga: 5 Hal Kecil Ini Bikin Hubunganmu Selalu Diselimuti Kebahagiaan

Baca Juga: 6 Perubahan yang Pasti Terjadi dalam Hubungan Pertemanan di Usia 20-an