Hubungan pacaran itu memang tidak selalu berjalan mulus, pasti ada lika-likunya seperti bertengkar karena adanya kesalahpahaman, bersikap posesif, bahkan tiba-tiba mendadak cuek. Nah, kamu perlu hati-hati ya, terkadang masalah kecil pun bisa merubah hubungan romantis menjadi berantakan, kira-kira apa saja hal sepele yang bikin kamu putus dengan pacar? Simak di bawah ini, ya!

1. Tidak balas pesan tapi update status

7 Hal Sepele yang Bikin Kamu Putus dengan PacarUnsplash.com/@priscilladupreez

Berkirim pesan memang menjadi salah satu komunikasi sepasang kekasih jika berada dalam jarak jauh, hal tersebut penting dilakukan untuk mengetahui kabar tentang keadaan kekasihnya. Namun yang menjadi kendalanya adalah misalnya ketika pacar kamu tidak membalas pesan dengan cepat apalagi kalau ternyata ketahuan sedang online tapi memilih untuk memprioritaskan yang lain. 

Hal ini bisa memicu hubungan kamu berhenti, meskipun terlihat sangat sepele karena tidak membalas pesan tetapi online, masalah tersebut membuat pacar kamu akan berfikir aneh-aneh seperti alasan dibalik itu semua. Jadi, lebih baik ketika masalah ini didebatkan, coba untuk jangan sampai putus ya, obrolkan baik-baik dan bikin pacar percaya sama kamu. 

2. Berbicara kasar

7 Hal Sepele yang Bikin Kamu Putus dengan PacarNews.psu.edu

Ketika rasa kesal muncul, nggak jarang orang bisa menahan perasaan itu bahkan bisa meluapkan sejadi-jadinya agar perasaan kembali lega. 

Tapi perlu kamu ketahui nih Bela, kalau kamu nggak bisa merendam emosi apalagi pernah membentak pacar kamu melalui telepon, lewat pesan teks, atau secara langsung dengan berkata kasar, hal ini harus dihindari karena sebagian orang tidak menyukai pasangan yang berkata kasar sebab akan takut untuk menjalani hubungan dengan kamu ke depannya. 

Lebih baik jika kamu pernah berbicara kasar, meminta maaflah dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi, tapi jangan sampai kamu ingkar janji ya. Belajar untuk menjadi pribadi yang baik untuk pasangan kamu. 

3. Menghilang tanpa alasan

7 Hal Sepele yang Bikin Kamu Putus dengan PacarBustle.com

Dalam hubungan pacaran istilah ghosting atau menghilang tiba-tiba tanpa alasan itu memang sering terjadi. Tindakan ini menunjukan bahwa adanya sesuatu yang tidak konsistensi dalam menjalani hubungan. 

Kalau kamu pernah bersikap seperti ini ke pacar, coba untuk hentikan sebab hubungan bukanlah suatu yang baik dipermainkan, apalagi ketika kamu terus-menerus seperti itu, pacar lama-kelamaan akan jengkel dan memilih untuk mengabaikan kamu bahkan bisa saja pergi.

Pada setiap pemikiran seseorang yang menjalani hubungan, jika kamu menghilang tiba-tiba ketika masih pacaran, bagaimana nanti kalau kalian berada di jenjang pernikahan dan komitmen satu sama lain?

4. Bersikap posesif

7 Hal Sepele yang Bikin Kamu Putus dengan PacarWix.com

Bersikap posesif yaitu keadaan di mana seseorang merasa nggak aman dalam hubungannya sebab nggak percaya diri dan takut dengan kehadiran seseorang yang lebih baik daripada dirinya. 

Dalam setiap hubungan, seorang perempuan atau pria dimungkinkan memiliki potensi untuk menjadi posesif kepada pasangannya. Namun, kalau terus menerus bersikap posesif maka akan menimbulkan ketidaknyamanan apalagi kalau tingkatnya sudah parah yang berakhir untuk berhenti dalam hubungan. 

Meskipun ini terbilang sepele, tapi hal tersebut bisa menjadi besar kalau kamu bersikap yang tidak diinginkan oleh pasangan. Jadi lebih baik untuk tunjukkan sifat dan sikap yang bikin nyaman pacar kamu ya!

5. Lebih memilih bermain dengan teman

7 Hal Sepele yang Bikin Kamu Putus dengan PacarUnsplash.com/@priscilladupreez

Biasanya akhir pekan atau liburan menjadi waktu yang tepat untuk berpergian bersama pacar apalagi jika sudah merencanakan to-do list jauh-jauh hari. 

Terkadang ketika si pacar membatalkan rencana pergi liburan kemudian justru memilih untuk pergi bersama temannya itu bisa membahayakan atau menimbulkan pertikaian, dimulai dari rasa jengkel hingga merasa marah. Meskipun ini terlihat sederhana, kalau kamu menghadapinya dengan berlebihan dan tidak open minded akan sulit untuk memperbaiki hubungannya. 

6. Salah paham

7 Hal Sepele yang Bikin Kamu Putus dengan PacarUnsplash.com/@alexisrbrown

Salah satu hal sepele yang bisa bikin kamu putus dengan pacar adalah salah paham. Hal ini terjadi karena minimnya komunikasi dan bisa jadi karena perbedaan pendapat. Kalau nggak diselesaikan dengan baik, akan berujung pada saling menyalahkan perbedaan hingga akhirnya berpisah. Kalau sudah tahu sumber masalahnya di mana, sebaiknya mulai diminimalisir masalahnya ya, Bela, jangan malah dibesar-besarkan. 

7. Mendadak cuek

7 Hal Sepele yang Bikin Kamu Putus dengan PacarLifehacks.com

Kalau kamu punya pacar yang tiba-tiba cuek, pasti kamu sering menebak-nebak "Kenapa ya kok mendadak sikapnya dingin?" sampai akhirnya berpikiran negatif. Bersikap cuek kepada pasangan bukanlah ide yang bagus karena memang rasanya tidak menyenangkan.

Alasan mendadak cuek biasanya karena entah karena salah satu pihak punya salah, butuh ruang sendiri, tidak tertarik lagi, atau memang lagi jenuh. Hal ini perlu dihindari ya, sebab ketika kamu yang awalnya sifatnya selalu ada buat dia, kemudian mendadak cuek, bisa jadi pacar kamu juga tiba-tiba mendadak menjauh. Meskipun ada masalah sebesar apa pun, cobalah untuk lebih terbuka dan berbagi cerita. 

Kalau kamu pernah nggak mengalami masalah seperti yang di atas? Bagi pengalaman kamu di kolom komentar ya!

Baca Juga: 10 Hal yang Bisa Jadi Penyebab Kamu Lelah dalam Hubungan