Ada orang yang mudah jatuh cinta, tetapi ternyata ada juga orang yang tidak mampu mencinta. Mereka yang tidak bisa mencintai orang lain, juga tidak mencintai dirinya sendiri. Jadi, mereka sebenarnya sama sekali nggak paham dengan konsep cinta.

Menurut YourTango, ada beberapa alasan orang tidak mampu mencintai. Misalnya saja, karena pengalaman masa kecil yang negatif, trauma hubungan masa lalu, atau bahkan karena kepribadiannya.

Jika kamu punya pasangan seperti ini, dia bukan tidak bisa mencintaimu. Namun, pada dasarnya dia memang tidak bisa mencintai orang lain, siapa pun itu. Berikut beberapa tandanya.

1. Menyalahkan orang lain

10 Tanda Seseorang Memang Tak Bisa Mencintai Orang Lain Pexels.com/Vera Arsic

Orang yang tidak bisa mencintai memiliki kecenderungan untuk menyalahkan orang lain jika ada masalah. Dia nggak tahu bagaimana dapat berkontribusi pada masalah, karena umumnya orang seperti ini berpikiran sempit dan hanya fokus pada bagaimana situasi atau hubungan menguntungkannya.

Jika ada hal yang tidak berjalan sesuai rencananya, dia sangat jarang menyalahkan diri sendiri dan langsung menyalahkan orang terdekatnya, yaitu pasangan.

2. Tidak bertanggung jawab terhadap kesalahannya

10 Tanda Seseorang Memang Tak Bisa Mencintai Orang Lain Pexels.com/MART PRODUCTION

Orang yang tidak memiliki kemampuan untuk sepenuhnya mencintai orang lain memiliki kemampuan terbatas untuk melihat kesalahan dirinya sendiri dalam situasi atau hubungan. Jadi, hubungan tidak bisa berjalan dua arah, hanya sepihak.

Jika dia bahkan tidak bisa mencintai dirinya sendiri, bagaimana dia bisa melihat kesalahan dalam pikirannya yang terbatas dan sempit? Dia tidak bisa, bahkan tidak akan mencoba.

3. Dia selalu membuat alasan

10 Tanda Seseorang Memang Tak Bisa Mencintai Orang Lain freepik.com/stefamerpik

Untuk bisa mengakui sesuatu, dibutuhkan semacam kesadaran diri dan pengetahuan tentang diri sendiri. Bagi orang yang tidak bisa mencintai, dia akan membuat alasan untuk perilakunya.

Misalnya saja, "Tadi aku lagi bad mood, jangan tersinggung", "Aku juga nggak biasanya kayak gitu", dan "Kamu bikin aku marah banget".

Pembenaran ini terjadi pada orang mereka yang tidak memiliki kesadaran diri dan tidak memiliki kemampuan untuk mencintai orang lain.

4. Dia mudah menyerah

10 Tanda Seseorang Memang Tak Bisa Mencintai Orang Lain Pexels.com/Rodnae Productions

Tanda lain orang yang tidak bisa mencintai adalah menyerah begitu saja jika sesuatu atau seseorang tidak menguntungkan mereka. Dia tidak memikirkan orang lain dan, sejujurnya, tidak terlalu peduli.

Dalam hubungan asmara, ketika pasangan tidak lagi melayani tujuan yang menguntungkan dirinya, maka minatnya pada pasangan dan hubungan tersebut berkurang atau bahkan hilang.

5. Kurang berkomunikasi

10 Tanda Seseorang Memang Tak Bisa Mencintai Orang Lain freepik.com/tirachardz

Salah satu mencintai adalah mau melakukan komunikasi. Mau diajak bicara, bertukar pikiran, dan bahkan menyelesaikan masalah. Namun, akibat dari tidak dapat mencintai, sifatnya jadi tertutup secara umum.

Dia akan membiarkan perasaan kesal atau sakit hati muncul di dalam diri sampai tidak tahan lagi dan akhirnya meledak. Rasa frustasi yang ada di dalam diri ini tidak jarang dilampiaskan dengan menyalahkan orang lain.

6. Menarik diri secara emosional

10 Tanda Seseorang Memang Tak Bisa Mencintai Orang Lain Pexels.com/Rodnae Productions

Dalam hubungan asmara, dibutuhkan ikatan emosional di antara dua pihak. Namun, orang yang tidak bisa mencintai secara emosional akan menarik diri dari hubungan, sementara kamu mungkin tidak bisa mengerti apa yang ada dalam pikirannya.

Hal ini membuat kamu kesulitan memahami dirinya. Kamu sebisa mungkin mencoba untuk membuat hubungan semakin baik, sementara dia semakin menjauh darimu.

7. Merasa tidak bahagia

10 Tanda Seseorang Memang Tak Bisa Mencintai Orang Lain unsplash.com/Nik Shuliahin

Salah satu sumber kebahagiaan adalah mencintai orang lain, siapa pun itu. Jika dia tidak bisa melakukannya, maka dia juga tidak bisa bahagia. Penjelasannya seperti ini, ketidakbahagiaan dimulai dari diri sendiri. Jika dia tidak bahagia, itu karena dia tidak tahu siapa dirinya.

8. Dia mementingkan diri sendiri

10 Tanda Seseorang Memang Tak Bisa Mencintai Orang Lain freepik.com/aleksandarlittlewolf

Semua hal selalu tentang dirinya sendiri, itu yang selalu dia inginkan. Tidak ada kompromi. Dia tidak peduli untuk mencari tahu tentang kepentingan orang lain karena yang penting adalah kepentingan dirinya. Pokoknya dia harus selalu menjadi yang paling utama, bahkan untuk orang lain.

9. Memiliki pemikiran tertutup atau close minded

10 Tanda Seseorang Memang Tak Bisa Mencintai Orang Lain freepik.com/wavebreakmedia-micro

Orang yang tidak bisa mencintai, sangat kaku dan terjebak dalam cara hidupnya sendiri. Jika dia tidak mencintai diri sendiri atau tidak memiliki rasa hormat pada diri sendiri, dia tidak akan memiliki hubungan yang sukses.

Padahal, dalam hubungan asmara aturannya seperti ini, jika kamu tidak bisa membuka diri untuk cinta, maka kamu belum siap untuk menjalin hubungan.

10. Terlalu peduli dengan pendapat orang lain

10 Tanda Seseorang Memang Tak Bisa Mencintai Orang Lain Pexels/Ron Lach

Hidup orang yang tidak bisa mencintai tergantung pada pendapat orang tentang dirinya atau apakah orang lain suka dengan apa yang dilakukannya atau tidak. Karena sibuk dengan semua hal tersebut, dia jadi tidak akan punya waktu untuk memenuhi kebutuhan atau keinginannya sendiri. 

Jika kamu menjalin hubungan dengan orang seperti ini, kamu mungkin berakhir menjadi "sistem pendukung" baginya. Kamu akan menjadi orang yang dicari untuk meningkatkan egonya, ketika ada orang yang tidak menyukainya.

Itulah beberapa tanda seseorang yang tidak bisa mencintai orang lain. Jika kamu berpacaran dengan orang ini, tak perlu menghabiskan waktu untuk menunggunya mencintaimu karena mungkin itu tidak akan terjadi.

Baca Juga: Sudah Jenuh, Ini 5 Tanda Pasangan Tak Mencintaimu Lagi

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Tahu Cara Mencintaimu Sungguh-Sungguh 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Sebaiknya Tak Mencintai Karena Rasa Iba