Saat kita mengenalkan pacar baru ke teman, maunya mendapatkan reaksi yang positif, ya? Jika ada yang memberi komentar negatif, pasti kita merasa sedih, bahkan bete. Itulah mengapa ada beberapa kalimat yang sebaiknya tidak dikatakan kepada teman yang baru jadian.

Tujuan utamanya tentu saja karena tidak ingin menghancurkan kebahagiaan teman yang baru saja meresmikan hubungan barunya. Namun, tidak mengucapkan beberapa kalimat ini juga akan menjaga reputasimu sebagai teman yang baik.

Jadi, kalimat apa saja yang sebaiknya jangan dikatakan kepada teman yang baru jadian? Ini daftarnya.

1. “Kita lihat saja berapa lama kamu sama dia pacaran.”

Jangan Katakan 5 Kalimat Ini pada Teman yang Baru Jadian!Pexels.com/Arina Krasnikova

Ini mungkin adalah respons terburuk yang bisa diberikan seseorang kepada temannya. Meskipun mungkin maksudnya tidak jahat atau hanya bercanda, tetapi ini sama sekali tidak bisa diterima.

Bahkan, jika kamu tidak suka dengan pacar teman, mengatakan kalimat ini tetap saja tindakan yang salah. Apalagi kalau kamu tahu teman sedang merasa bahagia dan antusias dengan hubungan barunya. Jangan heran jika teman bisa langsung kesal dan marah denganmu, ya.

Tugas seorang teman adalah mendukung, termasuk untuk urusan asmara. Menemukan pasangan adalah tugas yang sulit dan kamu harus percaya pacar si teman ini adalah orang yang tepat untuknya. Jika berasumsi dan khawatir kalau hubungan mereka tidak akan lama bahwa, cukup simpan pemikiran tersebut di diri sendiri dan tidak perlu dikeluarkan.

2. “Jadi, sudah sejauh mana hubungan kamu sama pacar?”

Jangan Katakan 5 Kalimat Ini pada Teman yang Baru Jadian!Pexels.com/Danik Prihodko

Tidak peduli seberapa dekat kamu pertemananmu, tetapi kehidupan privasi teman tentu saja bukan menjadi urusanmu. Jika teman memang ingin berbagi detail pribadi dan intim tentang hubungannya, dia akan melakukannya tanpa perlu kamu tanya.

Tidak hanya melewati batas, tetapi kata-katamu ini seperti mengisyaratkan bahwa hubungan romantis hanya sebatas hubungan fisik. Padahal, dalam hubungan—khususnya yang jangka panjang—ada hal lain yang lebih penting daripada sentuhan fisik, yaitu hubungan emosional.

Jika teman baru mengenalkan pacarnya, daripada bertanya mengenai urusan pribadi mereka, lebih baik bertanya mengenai hal-hal umum seperti di mana mereka bertemu. Intinya di sini adalah jangan melewati batas.

3. "Aku nggak tahu kalau tipe ideal kamu seperti itu."

Jangan Katakan 5 Kalimat Ini pada Teman yang Baru Jadian!cottonbro/Pexels

Untuk urusan hubungan jangka panjang, konsep "tipe ideal" mungkin sudah tidak akan berlaku. Ingat, ini sebelum kamu mempertanyakan hal tersebut kepada teman yang baru jadian dan memperkenalkan pacarnya.

People’s change. Jadi bukan hal yang mengejutkan jika dulu si teman bilang dia tidak suka laki-laki yang lebih pendek darinya, tetapi sekarang pacarnya seperti itu. Mungkin saja bagi temanmu, detail fisik kecil tersebut sekarang sudah tidak penting karena ada hal lain yang didapatkannya dari laki-laki tersebut.

4. “Akhirnya punya pacar juga.”

Jangan Katakan 5 Kalimat Ini pada Teman yang Baru Jadian!Unsplash.com/Trung Thanh

Kalimat ini mengesankan kalau selama ini status jomblo si teman adalah sebuah kesalahan atau keanehan bagimu. Padahal, tidak ada yang salah dengan menjadi jomblo untuk sementara waktu. Itu menjadi hak prerogatif setiap orang.

Kata "akhirnya" juga memberi kesan kalau mencari pacar itu sebenarnya mudah, tetapi si teman ini yang terlalu pemilih. Ingat, mencari pasangan membutuhkan kesabaran dan bagi sebagian orang tidak mudah didapatkan. Jadi, mengatakan kalimat ini seolah-olah kamu menganggap memiliki pacar semudah seperti sedang menunggu bus.

5. “Jadi, kamu akan lebih sering menghabiskan waktu dengannya, ya?”

Jangan Katakan 5 Kalimat Ini pada Teman yang Baru Jadian!pexels.com/Shvets Production

Sangat umum seseorang yang baru menjalin hubungan akan menghabiskan waktu lebih banyak dengan pasangannya. Teman yang baik tidak akan melupakan orang yang peduli padanya. Jadi, kamu seharusnya tidak perlu mengkhawatirkan waktumu dan di teman yang mungkin akan berkurang.

Daripada mengucapkan kalimat di atas, mungkin lebih baik bilang, “Eh, asyik kali, ya, kalau sesekali kita jalan bareng”. Kalimat tersebut mungkin akan lebih menyampaikan keinginanmu untuk tetap menghabiskan waktu dengan teman, tetapi tidak menyingkirkan pacarnya.

Sekali lagi, sebagai teman yang baik tugasmu adalah mendukung dan menyemangati.  Teman tidak perlu kritikan atau pertanyaan tidak penting darimu saat dia memutuskan untuk memperkenalkan pacarnya. Jadi, tahan diri untuk tidak mengucapkan kalimat-kalimat di atas kepada teman yang baru jadian, ya.

Baca Juga: Bucin Banget! 5 Hal Lucu Ini Sering Dilakukan Pasangan Baru Jadian

Baca Juga: Perbedaan Baru Jadian dan Pacaran Lama, Romantis Mana?

Baca Juga: 5 Rasa yang Paling Indah Saat Baru Jadian