Jika kamu berpikir sebuah hubungan hanya bisa terganjal karena nggak disetujui orangtua, kamu salah besar. Nyatanya, banyak hubungan yang berakhir, karena teman atau sahabat si pacar nggak suka dengan kamu.

Nah, itu artinya penting banget supaya sahabat pacar juga menyukai kamu, di samping sudah mendapatkan restu dari orangtua, yang juga nggak kalah penting.

Jadi, apa yang harus kamu lakukan untuk mewujudkannya? Coba ikuti beberapa cara di bawah ini.

1. Cari tahu kesukaannya

6 Cara Supaya Sahabat Pacar Juga Menyukai KamuPexels.com/cottonbro

Irene S. Levine, Ph.D., psikolog dan pakar persahabatan, menyarankan untuk mencari tahu (atau sekadar menanyakan) apa yang disukai sahabat si pacar.

"Mungkin saja kesukaannya sama dengan kamu dan itu bisa menjadi bahan obrolan dan menciptakan peluang bagi kamu dan si sahabat pacar untuk menghabiskan waktu bersama," jelasnya.

Lebih baik lagi jika kalian berdua bisa melakukan kegiatan yang disukai tersebut bersama-sama. Menurut pakar hubungan Jane Greer, Ph.D., hal itu bisa membuat hubungan kamu dan sahabat pacar semakin dekat.

2. Jangan sekadar mengucapkan selamat ulang tahun

6 Cara Supaya Sahabat Pacar Juga Menyukai KamuPexels.com / Porapak Apichodilok

Apalagi jika selama ini pacar kamu dan sahabat memiliki tradisi untuk merayakannya bersama-sama, itu artinya kamu juga harus ikut merayakannya bersama mereka.

Saat si sahabat ini berulang tahun, lakukan lebih dari mengucapkan “happy birthday” di media sosialnya. Lakukan yang terbaik untuk membuat kesan yang baik.

Jika perlu kamu dan pasangan bisa membeli hadiah bersama atau menyiapkan pesta kejutan untuknya. Dengan begitu, dia juga akan menghargai kamu dan mulai menganggapmu seperti sahabatnya.

3. Buat dia merasa diterima olehmu

6 Cara Supaya Sahabat Pacar Juga Menyukai Kamuunsplash.com/Eliott Reyna

Kalau kamu nggak bisa menerima kehadiran sahabat pacar, tentu saja itu membuatnya nggak nyaman saat berada di dekatmu. Saat dia merasa nggak nyaman, dia bisa banget, lho, mempengaruhi keputusan pacar mengenai dirimu.

Buatlah si sahabat ini merasa diterima oleh kamu sehingga dia merasa nyaman saat kalian melakukan kegiatan bersama-sama. Jangan biarkan pacar sampai harus memiliki antara kami atau sahabatnya, apalagi jika mereka sudah bersama sejak lama.

4. Izinkan pacar untuk menghabiskan waktu dengan sahabatnya

6 Cara Supaya Sahabat Pacar Juga Menyukai Kamufreepik.com/ user1891159

Sama seperti kamu membutuhkan waktu bebas untuk pergi bersama teman-teman, si pacar juga butuh waktu tersebut. Apalagi jika dia dan sahabatnya sudah terbiasa menghabiskan malam-malam tertentu bersama, misalnya untuk nonton bareng pertandingan sepak bola atau main game online semalaman.

"Selain itu, ada saat-saat ketika laki-laki ingin bersama dan membicarakan masa lalu atau melakukan aktivitas yang nggak menarik untukmu. Plus, mungkin saja mereka juga membicarakan cara membantu memperkuat hubungannya denganmu," ujar Irene.

Jika kamu mengizinkan pacar memiliki waktu bersama sahabatnya, dia akan sangat menghargainya sehingga dia juga akan menghargai kamu.

5. Undang sahabat saat membuat acara

6 Cara Supaya Sahabat Pacar Juga Menyukai KamuPexels.com/Rodnae Productions

Saat kamu dan pacar ingin membuat acara ulang tahun, tahun baru, atau hanya sekadar kumpul-kumpul bersama teman, jangan lupa untuk selalu mengundang sahabat si pacar. Jika perlu, jadikan mereka orang pertama yang kamu undang.

Jane bilang, "Dia akan merasa dihargai saat dirinya menjadi bagian dari dunia kamu dan pasangan, apalagi jika dapat bertemu keluarga dan temanmu yang lain. Hal itu juga bisa membuatnya mendapatkan gambaran lengkap tentang hidupmu."

6. Jalin pertemanan dengan pasangannya

6 Cara Supaya Sahabat Pacar Juga Menyukai Kamupexels.com/Koolshooters

Jika sahabat pacar kamu juga sudah memiliki pasangan, luangkan waktu untuk mengenalnya dan jika bisa, jalin pertemanan dengannya.

Hal ini bisa memberikan beberapa manfaat tambahan, lho. Misalnya, kamu dan pasangan sahabat ini bisa jadi teman ngobrol bareng saat pacar dan sahabatnya asyik main game, atau bahkan kalian bisa sering melakukan double date sehingga hubungan semakin dekat.

Berteman dengan pasangan sahabat kekasih kamu memang bisa jadi rumit karena kamu nggak sebaiknya nggak berpihak kepada salah satunya. Tapi, ini bisa membuat kamu semakin dekat dengan mereka,” ucap Irene.

Jika saat ini hubungan kamu masih canggung dengan sahabat pacar, coba lakukan cara-cara di atas, ya.

Siapa tahu setelah itu bukan hanya sahabat pacar yang menyukai kamu, tapi pacar juga semakin sayang karena kamu bisa menerima sahabatnya.

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Harus Putuskan Pacar, Meski Masih Sayang

Baca Juga: 30 Ucapan Ulang Tahun Bahasa Inggris untuk Pacar

Baca Juga: Jika Pacar Tidak Menuntut 5 Hal Ini, Artinya Dia Tulus Mencintaimu