Tak semua hal di dunia nyata bisa berjalan dengan indah seperti cerita di Wattpad. Saat menjalani kencan buta, ada dua kemungkinan yang bisa terjadi: Kamu bertemu teman kencan yang berpotensi sebagai pasangan romantis atau kencan buta berjalan dengan buruk.

Saat kemungkinan kedua yang terjadi, hal paling utama yang ingin kamu lakukan pasti mengakhirinya. Namun, sebagai seseorang yang memiliki sopan santun, tentu saja hal tersebut jangan sampai menyakiti perasaan si teman kencan ini.

Lalu, apa yang harus dilakukan? Berikut ada 7 cara untuk mengakhiri kencan buta yang buruk, tetapi tetap dengan cara yang sopan.

1. Minta ditelepon atau dikirimkan pesan teks darurat

7 Cara Akhiri Kencan Buta yang Buruk, Tanpa Terkesan Tak Sopan freepik.com/lifestylememory

Mungkin sudah banyak orang tahu, tetapi cara ini masih layak dilakukan karena memang sangat mungkin terjadi.

Jadi, sebelum kamu berangkat kencan buta, minta salah satu keluarga atau sahabat menelepon atau mengirimkan teks setelah kencan berjalan selama beberapa waktu. Jika kencan berakhir buruk, angkat teleponnya atau baca pesannya dan buat alasan kalau kamu harus cepat-cepat pergi. Jika kencan berjalan dengan baik, abaikan saja keduanya.

2. Bilang sedang tidak enak badan

7 Cara Akhiri Kencan Buta yang Buruk, Tanpa Terkesan Tak Sopan vecteezy.com

Ini adalah alasan lain yang cukup jelas. Saat kamu mengeluh tentang sakit perut atau kram menstruasi, sulit bagi si teman kencan untuk menahan kepergianmu. Sebelum bilang ingin pergi lebih cepat, kamu bisa bolak-balik ke kamar mandi beberapa kali agar si teman kencan lebih yakin dengan alasanmu.

3. Minta sahabat datang ke tempat kencan

7 Cara Akhiri Kencan Buta yang Buruk, Tanpa Terkesan Tak Sopan Pexels.com/Andrea Piacquadio

Jika kamu ingin melakukan sesuatu yang tidak terlalu mencolok, mintalah sahabat untuk datang menyelamatkanmu. Saat izin ke kamar mandi, chat atau telepon sahabat, dan minta dia datang ke tempat kencan tanpa sengaja.

Begitu dia sampai, ajak untuk bergabung denganmu dan si teman kencan. Perlahan tapi pasti alihkan perhatian ke sahabatmu ini dan secara tidak langsung hal itu akan memberikan sinyal ke teman kencan kalau kamu tidak tertarik padanya.

4. Beri petunjuk kalau kamu hanya ingin berteman

7 Cara Akhiri Kencan Buta yang Buruk, Tanpa Terkesan Tak Sopan unsplash.com/Jarritos Mexican Soda

Jika kamu sama sekali tak merasakan chemistry, hindari kebohongan dan berusaha untuk jujur. Berikan sedikit petunjuk bahwa kamu tidak tertarik untuk melangkah lebih jauh dengan mengatakan sesuatu seperti, "Aku senang punya teman baru seperti kamu" atau “Sepertinya kita cocok banget jadi teman, ya” atau semacamnya.

5. Beritahu kalau kamu punya acara mendadak

7 Cara Akhiri Kencan Buta yang Buruk, Tanpa Terkesan Tak Sopan Pexels.com/Pavel Danilyuk

Jika sedari awal kamu tidak terlalu berharap pada kencannya atau sudah feeling kalau kencan buta berakhir dengan buruk, jelaskan dari awal kalau kamu sebenarnya tidak bisa lama-lama karena ada acara mendadak.

Selain teman kencan tidak bisa menolak atau menahanmu lebih lama, kamu juga jadi memiliki jaminan untuk bisa pergi lebih cepat dari awal.

6. Katakan kalau kamu sudah merasa sangat lelah

7 Cara Akhiri Kencan Buta yang Buruk, Tanpa Terkesan Tak Sopan www.imdb.com

Ini bisa dilakukan jika kamu melakukan kencan buta sepulang bekerja atau setelah melakukan aktivitas lainnya. Katakan dengan sopan kalau kamu sudah merasa sangat lelah dan ingin cepat-cepat pulang ke rumah.

Meskipun cara ini berisiko karena si teman kencan ini mungkin akan mencoba untuk membujukmu, kamu hanya perlu berpegang teguh pada pendirian dan terus tolak tawarannya. Lama-kelamaan dia akan mengerti dengan sendirinya kalau kamu merasa kencan tersebut tak berhasil.

7. Bicara yang jujur

7 Cara Akhiri Kencan Buta yang Buruk, Tanpa Terkesan Tak Sopan pexels.com/Cottonbro

Terkadang kejujuran adalah cara terbaik, meskipun biasanya bukan yang termudah. Sulit untuk bilang, "Sepertinya kita lebih cocok jadi teman", tetapi kadang itu perlu dilakukan. Jangan lupa, tetap katakan dengan sopan, ya. Bilang kalau kamu tidak merasa cocok dengannya dan tak mau memaksakan hubungan dari awal.

Dengan bicara jujur seperti ini, si teman kencan mungkin akan merasa kecewa. Namun, kamu akan mengakhiri kebingungan atau sinyal campuran di kencan buta yang buruk ini. Jadi, tak akan ada lagi drama di masa depan.

Baca Juga: 5 Zodiak yang Paling Antusias saat Kencan Pertama

Baca Juga: Fakta Menarik Blind Date alias Kencan Buta, Seperti di Drama Korea!

Baca Juga: 7 Pesan yang Bisa Kamu Kirim Saat Tak Tertarik Setelah Kencan Pertama