Perselingkuhan adalah salah satu hal paling mengerikan yang bisa dialami orang-orang dalam suatu hubungan. Terlebih, baik laki-laki maupun perempuan, akan terus berselingkuh selama pasangan mereka tidak mengetahuinya. Lantas pertanyaannya adalah, apa yang mendorong orang-orang ini untuk berselingkuh dari pasangannya?

Selama ini mungkin kamu mengira bahwa perbuatan itu murni terjadi karena keinginan serta adanya kesempatan. Padahal, seringkali situasinya jauh lebih kompleks, mulai dari kepribadian hingga lingkungan bisa mendorong orang-orang untuk selingkuh. Berikut beberapa di antaranya yang perlu kamu ketahui.

1. Adanya ketimpangan penghasilan yang cukup besar

Ternyata, Ini 5 Hal Tak Terduga yang Bikin Orang Mudah SelingkuhUnsplash.com/Artem Beliaikin

Menurut sebuah penelitian dari American Sociological Association pada tahun 2015, orang-orang memiliki kecenderungan untuk selingkuh ketika pasangan mereka memiliki kemampuan finansial yang lebih baik dari diri mereka. Hal ini disebabkan lantaran kebanyakan orang merasa lebih nyaman jika memiliki kemampuan finansial yang relatif setara dengan pasangannya.

2. Terus-menerus dicurigai oleh pasangannya

Ternyata, Ini 5 Hal Tak Terduga yang Bikin Orang Mudah SelingkuhUnsplash.com/Eric Ward

Ketidakpercayaan dan saling curiga dalam sebuah hubungan hanya akan membuat pasangan terus menerus merasa was-was dan tidak nyaman. Selain itu, rasa curiga yang berlebihan dan terus-menerus menuduh pasangan selingkuh akan membuat dirinya benar-benar selingkuh. Ini lantaran tuduhan yang bertubi-tubi mampu membuat seseorang merasa tidak nyaman dan menempatkannya pada posisi defensif, demikian dikutip dari Bustle.

3. Adanya perselingkuhan dalam keluarga

Ternyata, Ini 5 Hal Tak Terduga yang Bikin Orang Mudah SelingkuhUnsplash.com/Ethan Sykes

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Wiley Online Library, mengungkapkan bahwa orang yang orangtuanya berselingkuh memiliki kemungkinan dua kali lebih tinggi untuk berselingkuh daripada mereka yang orangtuanya setia. Ini lantaran perselingkuhan yang dilakukan orangtua meninggalkan kesan kepada anak-anak tentang penerimaan pada perselingkuhan.

4. Dia memiliki teman-teman yang juga berselingkuh

Ternyata, Ini 5 Hal Tak Terduga yang Bikin Orang Mudah SelingkuhUnsplash.com/Sammie Vasquez

Faktanya, jejaring sosial juga memengaruhi perselingkuhan. Menurut M. Gary Newman, psikoterapis sekaligus penulis The Truth About Cheating, 77 persen laki-laki yang pernah selingkuh juga memiliki teman yang selingkuh.

Kendati demikian, hal ini bukan berarti jika kamu mendapati seseorang pernah selingkuh, maka seluruh teman dalam lingkup pergaulannya juga selingkuh. Hanya saja, jika pasanganmu tidak merasa terganggu bahkan menganggap wajar pada perilaku teman-temannya yang hobi selingkuh, maka ini bisa jadi kode keras buatmu.

5. Merasa kesepian

Ternyata, Ini 5 Hal Tak Terduga yang Bikin Orang Mudah SelingkuhUnsplash.com/Fabrizio Verrechhia

Melansir dari Best Life, kesepian dan perasaan terisolir dapat membuat orang melakukan beberapa hal di luar karakternya, termasuk selingkuh dari pasangannya. Sebab, tak jarang komunikasi antar pasangan hanya terjadi pada tingkat permukaan tanpa menggali lebih dalam ke dalam jiwa.

Sehingga, melibatkan orang ketiga ke dalam suatu hubungan mampu membuat salah satu pihak merasa diinginkan, penting, dan memberikan sensasi tersendiri dalam hubungan tersebut.

Demikian tadi beberapa hal tak terduga yang menyebabkan orang-orang selingkuh. Kalau menurut kamu, selain hal-hal di atas, apalagi yang menyebabkan orang bisa selingkuh?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Hal Tak Terduga yang Bikin Orang Mudah Selingkuh, Wajib Tahu nih!"

Baca Juga: Ini Dia Zodiak yang Paling Mungkin untuk Selingkuh, Waspada!