Drama Korea memang identik dengan drama romance. Nggak heran jika berbagai jenis konflik percintaan menjadi tema paling menarik bagi para pembuat drama.

Salah satunya adalah kisah cinta lama yang bersemi kembali. Klasik memang, tapi tetap saja kisah cinta yang belum usai ini cukup dinikmati oleh penikmat KDrama. Termasuk juga nih 6 drama di bawah ini yang mengusung tema serupa. Apa saja?

1. I Miss You (2012)

Gagal Move On! 6 KDrama Ini Berkisah tentang Cinta Lama Belum Kelarasianwiki.com

Bergenre romance-melodrama, drama ini bercerita tentang Lee Soo Yeon (Yoon Eun Hye) yang semasa kecilnya dijauhi oleh teman-temannya karena merupakan putri seorang pembunuh. Hanya Han Jung Woo (Yoo Seung Ho) lah satu-satunya yang mau berteman dengan Soo Yeon. Namun sayang, sebuah penculikan membuat keduanya terpisah. Han Jung Woo yang saat itu masih labil meninggalkan Soo Yeon seorang diri.

Bertahun-tahun kemudian, Han Jung Woo bertemu lagi dengan Lee Soo Yeon, namun dengan identitas barunya sebagai seorang desainer bernama Zoey. Meski sangat membenci Han Jung Woo, pada akhirnya Zoey tetap memilih kembali bersama karena masih mencintai Han Jung Woo.

Meraih rating tinggi, drama ini juga dibintangi oleh Kim So Hyun, Yoo Seung Ho, juga Yeo Jin Goo.

2. Cunning Single Lady (2014)

Gagal Move On! 6 KDrama Ini Berkisah tentang Cinta Lama Belum Kelardrama-korea-hd.com

Di awal pernikahan, Na Ae Ra (Lee Min Jung) dan Cha Jung Woo (Joo Sang Wook) hidup bahagia dengan kesederhanaan mereka. Namun, semua berubah ketika Cha Jung Woo memutuskan untuk berhenti bekerja dan memulai ambisinya untuk berbisnis.

Sebagai seorang istri, Ae Ra sangat mendukung bisnis suaminya. Ia bekerja siang dan malam untuk memenuhi kebutuhan mereka. Malangnya, kegagalan bisnis Cha Jung Woo membuat Ae Ra menderita karena harus membayar utang Cha Jung Woo. Lelah dengan keadaan, Ae Ra memutuskan untuk bercerai. 

Setelah sekian lama berpisah, mereka bertemu kembali. Cha Jung Woo sudah menjadi orang yang sukses. Bahkan dengan isengnya, Ae Ra juga melamar pekerjaan di perusahaan Jung Woo. 

Tipikal drama rom-com kebanyakan, nggak bakalan seru kalau nggak ada orang ketiga yang bakal mencuri perhatian si pemeran utama. Untuk second lead diperankan oleh aktor tampan Seo Kang Joon, yang memerankan Kook Seung Hyun, adik dari partner kerja Cha Jung Woo.

3. Discovery of Love (2014)

Gagal Move On! 6 KDrama Ini Berkisah tentang Cinta Lama Belum Kelarkdramamomma.com

Jika drama tadi membahas tentang pernikahan, drama yang satu ini membahas kisah masa pacaran. Dibintangi oleh Jung Yu Mi (Han Yeo Reum), Eric Mun (Kang Tae Ha), dan Sung Joon (Nam Ha Jin). 

Punya kisah yang belum usai, Kang Tae Ha dipertemukan kembali dengan Han Yeo Reum, sang mantan kekasih yang tiba-tiba saja memutuskannya tanpa alasan yang jelas. Namun, saat ini Yeo Reum tidak sendiri. Ia sudah berpacaran dengan Nam Ha Jin, seorang dokter bedah kecantikan yang sangat perhatian dan mencintai Han Yeo Reum. 

Ingin menuntut penjelasan sekaligus membawa Yeo Reum kembali ke pelukannya, Kang Tae Ha, yang bekerja dibidang konstruksi mengajak Yeo Reum untuk bekerja sama dalam proyeknya. Meski awalnya menolak, ia akhirnya setuju demi studio furniture impiannya. 

Ditayangkan pada tahun 2014, drama ini cukup menghibur dan nggak bakal bikin bosan karena dramanya sendiri disajikan dengan sangat unik.

4. Emergency Couple (2014)

Gagal Move On! 6 KDrama Ini Berkisah tentang Cinta Lama Belum Kelartin247.com

Oh Jin Hee (Song Ji Hyo) dan Oh Chang Min (Choi Jin Hyuk) merupakan mahasiswa kedokteran yang saling jatuh cinta. Mereka memutuskan menikah muda dan berhenti kuliah. Malangnya, pernikahan mereka tak berjalan lancar. Pertengkaran demi pertengkaran membuat keduanya memutuskan untuk bercerai.

Usai bercerai keduanya pun melanjutkan pendidikan mereka kembali. Hingga suatu hari mereka dipertemukan kembali sebagai mahasiswa koas di rumah sakit yang sama.

Bertemu setiap hari sebagai rekan kerja, keduanya mulai merasa nyaman meskipun masih tetap bersitegang. Hingga suatu hari, dokter kepala yang membimbing mereka jatuh cinta pada Oh Jin Hee. Di lain sisi, ada dokter magang lainnya yang juga menyukai Oh Chang Min. Sama-sama ada yang menyukai, bagaimana ya 'Oh Couple' ini bisa balikan lagi?

5. Angel Eyes (2014)

Gagal Move On! 6 KDrama Ini Berkisah tentang Cinta Lama Belum Kelaralchetron.com

Cinta pertama memiliki tempat tersendiri di hati pemiliknya. Hal yang sama berlaku untuk drama ini. Kisah berawal ketika Park Dong Joo (Lee Sang Yoon) membantu sang ibu untuk mengantarkan susu ke pelanggannya, salah satunya adalah Yoon Soo Wan (Goo Hye Sun).

Park Dong Joo jatuh cinta pada Soo Wan tanpa mengetahui bahwa Soo Wan tak bisa melihat. Beberapa kejadian membuat keduanya semakin dekat. Dong Joo pun makin jatuh hati saat mengetahui kondisi Soo Wan yang sebenarnya. Soo Wan pun juga merasa bahagia karena keluarga Dong Joo, terutama sang Ibu menerimanya dengan senang hati.

Kecelakaan yang menimpa Ibu Dong Joo merubah segalanya. Ia meninggal dan mendonorkan matanya untuk Soo Wan. Setelah Ibunya meninggal, Dong Joo meninggalkan Korea dan pergi ke Amerika bersama adiknya untuk pengobatan kanker sang adik. Ia pergi tanpa berpamitan pada Soo Wan.

Tahun-tahun berlalu, Dong Joo sudah menjadi dokter dan kembali ke Korea. Namun, ayah Soo Wan yang mengurus biaya hidup Dong Joo selama di Amerika tidak mengizinkan Dong Joo untuk kembali berpacaran dengan Soo Wan. Belum lagi dengan kehadiran tunangan Soo Wan.

6. She Was Pretty (2015)

Gagal Move On! 6 KDrama Ini Berkisah tentang Cinta Lama Belum KelarBaomoi.com

Bukan perceraian atau putus cinta, drama ini lebih membahas tentang kembalinya kisah cinta di masa kecil. Sung Joon (Park Seo Joon) saat kecil sangat gendut dan tak memiliki teman. Ia jatuh cinta pada Hye Jin (Hwang Jung Eum) yang cantik dan perhatian. Namun, mereka harus berpisah karena Sung Joon yang harus pindah ke luar negeri bersama sang ayah.

Sekian tahun berlalu, Sung Joon kembali ke Korea. Ia berniat bertemu dengan Hye Jin, namun Hye Jin malah meminta sang sahabat, Ha Ri (Go Jun Hee) untuk menggantikan posisinya bertemu dengan Sung Joon. Hye Jin minder karena Sung Joon berbeda 180 derajat dari yang dibayangkannya.

Si gendut Sung Joon berubah menjadi lelaki tampan, sementara Hye Jin sudah tak secantik dulu seperti dalam bayangan Sung Joon. Meski berhasil menghindari pertemuan pertama, Hye Jin masih harus berhadapan dengan Sung Joon karena ternyata Sung Joon adalah bos Hye Jin di kantor! 

Nah, itu dia KDrama yang bahas kisah cinta yang belum usai. Tak hanya sekedar hiburan, drama-drama tersebut mengandung pelajaran bermakna untuk kehidupan, bahwa cinta itu butuh dua orang yang saling memahami dan mengerti agar bisa sejalan. Sisanya serahkan pada takdir. Setuju?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Gagal Move On, 6 KDrama Romance Ini Bahas Cinta Lama Belum Kelar"

Baca Juga: Punya Chemistry Kuat, 7 Pasangan KDrama Ini Dipasangkan Dua Kali

Baca Juga: 5 KDrama Ini Punya Kisah Cinta Segi Banyak, Bikin Susah Milih!

Baca Juga: Bikin Baper, 8 Kisah Cinta KDrama Ini Nggak Mungkin Ada di Dunia Nyata