Banyak pasangan merasa bangga karena sudah berhasil jalani masa pacaran yang awet hingga bertahan selama bertahun-tahun. Katanya, itu tanda bahwa saat pernikahan nanti, hubungan pun makin lengket. 

Duh, jangan tenang dulu! Nggak sedikit kisah cinta yang gagal di tengah jalan, padahal sudah dibangun dan dijaga tahunan. Coba deh, ajak pasanganmu untuk baca ulasan di bawah ini kalau mau punya hubungan yang awet. Eh, jangan sekadar baca saja, tapi baiknya juga dipahami dan dijalankan berdua, ya! Nah, ini dia 7 hal yang bikin hubungan kamu dan si dia bisa awet sampai pernikahan.

1. Bangun hubungan yang dewasa

7 Hal yang Bikin Hubunganmu Langgeng Sampai PernikahanPexels.com/Ivan Babydov

Karena sudah bersama bertahun-tahun lamanya, hubunganmu dan dia seharusnya kian dewasa dari sebelumnya. Jika di awal masa pacaran masih wajib selalu kasih kabar tiap jam atau teleponan sebelum tidur, kini nggak seharusnya lagi begitu. 

Tanggung jawab masing-masing bukan hanya pacar, tapi juga pekerjaan, keluarga, dan sosial. Berikan jeda untuk pasangan dan diri sendiri untuk punya kehidupan sendiri. Pun komunikasi seperlunya saja nggak akan meretakkan hubungan, karena yang penting adalah komunikasi dua arah yang sehat dan selalu punya waktu berkualitas berdua. 

2. Kangen itu perlu, makanya nggak perlu sering bertemu

7 Hal yang Bikin Hubunganmu Langgeng Sampai PernikahanPexels.com/Leah Kelley

Tahu nggak? Kangen itu ternyata bumbu paling sedap dalam sebuah hubungan, lho. Di saat kamu dan pasangan terhalang kesibukan atau jarak, kalian jadi penasaran mengenai segala hal satu sama lain dan membuat saling memikirkan. 

Nah, ketika saatnya bertemu, kalian jadi berdebar dan nggak sabar. Kalian berdua kemudian saling berbagi banyak cerita dengan cara yang menyenangkan. Pertemuan yang menggebu seperti baru pertama ketemu. Duh, bikin makin jatuh cinta!

3. Cemburu boleh, tapi sewajarnya

7 Hal yang Bikin Hubunganmu Langgeng Sampai PernikahanPexels.com/Cottonbro

Kesal memang saat melihat orang yang kita cintai terlihat akrab dan dekat dengan teman lawan jenisnya. Apalagi kalau sering bertemu karena misalnya rekan satu kantor atau malah teman sejak kecil. 

Eits, wajar kok cemburu. Namun, demi menjaga hubungan yang awet dan adem ayem, jangan mudah merasa terancam. Sebaiknya sih kamu malah mengakrabkan diri dengan teman pacarmu. Toh, akan hebat jika punya banyak teman baru daripada musuh baru. 

4. Kalau sedang bertengkar sebaiknya diselesaikan segera

7 Hal yang Bikin Hubunganmu Langgeng Sampai PernikahanPexels.com/Pixabay

Percaya deh, nggak ada orang yang suka di hidupnya banyak drama. Inilah kenapa perlu sekali mengurangi drama-drama dalam hubungan yang sebenarnya nggak perlu. Misal, kamu dan pasangan bertengkar karena gagal kencan karena si dia mendadak ada kerjaan yang penting. Hei, it's okay dan nggak perlu ada ngambek-ngambekan yang menguras tenaga.

Pahami alasan jika pasanganmu yang bersalah, tapi jangan ragu minta maaf dan mau menjelaskan jika kamu yang membuat kecewa. Bersama dengan orang yang banyak drama bukannya bikin gemas, yang ada bikin males buat lanjutkan hubungan.

5. Hafal dengan sifat masing-masing

7 Hal yang Bikin Hubunganmu Langgeng Sampai PernikahanPexels.com/Josh Willink

Bersama dengan satu orang sama dalam kurun waktu yang nggak sebentar, rasanya pasti luar biasa, kan? Kamu sudah terbiasa dengannya yang kidal dan dia sudah tak masalah kalau kamu nggak dandan saat kencan. 

Kamu dan dia adalah pasangan beruntung karena sudah paham dan hafal sifat masing-masing dari A sampai Z. Ini seharusnya jadi bahan bakar kuat supaya bisa sampai ke gerbang pernikahan. Apalagi sampai saat ini, kalian bertahan dengan kelebihan dan kekurangan juga tahu bagaimana cara bersikap saat salah satu marah atau sedih. 

6. Saling mendampingi dalam berbagai momen suka duka

7 Hal yang Bikin Hubunganmu Langgeng Sampai PernikahanPexels.com/Andre Furtado

Hidup nggak selalu manis, kadang Tuhan memberi rasa getir untuk melengkapi. Kamu atau pasanganmu pasti akan sampai pada fase sulit masing-masing dan di sini peran pasangan sangat berharga. 

Selalu ada sekaligus mendampingi akan membuat hubunganmu yang sudah tahunan makin erat. Terbukti nggak pergi saat salah satu ada di titik nol, akan meyakinkan satu sama lain kalau memang 'he is the one'.

7. Punya visi misi yang sama soal pernikahan

7 Hal yang Bikin Hubunganmu Langgeng Sampai PernikahanPexels.com/Daria Obymaha

Nggak apa-apa kalau kamu dan pasangan belum memiliki kesiapan untuk menikah. Jangan buru-buru hanya karena sudah pacaran bertahun-tahun, karena itu nggak menjadi alasan wajib untuk langsung tancap gas ke KUA. 

Walau begitu, kamu dan pasangan harus tetap bicarakan ke arah mana kalian akan bermuara. Dalam sebuah hubungan, hanya ada 2 ujung, kalau tidak menikah, ya putus alias bubar di tengah jalan. Semoga, visi kamu dan pasangan sama ya, yaitu menikah suatu hari nanti saat sama-sama sudah siap dan mantap. 

Ah, sungguh kamu dan dia adalah pasangan hebat! Sudah bersama nggak hanya setahun atau dua tahun, rasa bosan pasti sudah tak lagi dihiraukan. Namun, semoga 7 hal ini bisa mempererat hubunganmu sampai nanti benar-benar ada kata 'sah' di mata agama dan negara.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Bukan Lamanya Pacaran, 7 Hal Ini yang Bikin Awet Sampai Pernikahan"

Baca Juga: 10 Tips Berkencan dengan Laki-laki Lebih Muda, Biar Langgeng!

Baca Juga: 7 Tips Menghadapi Puber Kedua, Agar Pernikahan Tetap Langgeng!

Baca Juga: Ingin Hubungan Langgeng? Hindari 5 Sikap Negatif Ini dengan Tegas