Saat menyadari kalau pasanganmu adalah sosok yang benar-benar kamu cari, sosok teman hidup yang terbaik untuk dirimu, itu menjadi momen membahagiakan dalam hidupmu. Namun, kebahagiaan itu terhenti seketika ketika kamu berpikir, "Apa dia memiliki perasaan yang sama denganku? Apa pasanganku berpikir kalau aku adalah sosok teman hidup yang selama ini ia cari?"

Tentu saja, kamu selalu bisa mengetahuinya dengan menanyakannya langsung. Namun jika ingin mendapatkan kepastian yang lebih, coba perhatikan cara ia bersikap dan hal yang ia katakan padamu. Melansir dari Bustle, ada beberapa tanda yang menunjukkan kalau pasangan berpikir kamu adalah satu-satunya teman hidup yang ia butuhkan.

1. Pasangan berusaha jadi pribadi yang lebih baik

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Ben Rosett

Adalah pertanda yang baik jika pasanganmu berusaha untuk menjadi sosok yang lebih baik. Artinya, kamu menginspirasi dirinya untuk melakukan hal itu karena ia melihatmu memiliki potensi sebagai sosok yang akan menemaninya dalam jangka waktu panjang. Pasangan akan meningkatkan kualitas dirinya sehingga ia merasa pantas untuk bersanding dengan dirimu.

2. Pasangan mau kamu bertemu dengan teman dan keluarganya

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Kevin Curtis

Ketika seseorang melihatmu sebagai "the one", ia akan merasa bangga dan antusias untuk menunjukkanmu serta memperkenalkanmu pada orang-orang terdekatnya, seperti keluarga dan teman. Saat berjalan bersamamu di hadapan keluarga atau temannya, pasangan merasa seperti sosok pemenang karena telah memilikimu. Ia pun ingin orang lain tahu kalau kamu adalah sosok yang hebat.

3. Pasangan menghargai dirimu

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Pablo Heimplatz

Pasanganmu mencintai setiap sisi dari dirimu, bahkan ketika kamu merasa nggak percaya diri pada suatu bagian dari dirimu. Ia nggak hanya mengatakan sesuatu yang baik untuk membuatmu merasa lebih tenang. Tetapi, ia memang benar-benar merasakan hal itu. Kamu bisa melihat dari pancaran matanya dan cara ia menyentuhmu.

4. Pasangan membahas masa depan bersamamu

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Mari Lezhava

Susah menyangkal kebenaran ketika pasangan sudah membahas masa depan bersamamu. Artinya, ia melihatmu sebagai belahan jiwanya. Sebab kalau ia nggak melihatmu sebagai sosok teman hidup yang dicari, pasangan nggak akan membangun komitmen untuk menata masa depan bersamamu.

5. Pasangan menunjukkan sisi dirinya yang sebenarnya

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Micah

Seseorang yang berencana menjalin hubungan jangka panjang dengan pasangannya akan menunjukkan keseluruhan dirinya yang sebenarnya, sisi baik dan sisi buruknya. Sikap ini menandakan kalau ia merasa cukup aman dengan pasangannya sehingga mau menunjukkan sisi dirinya yang belum pernah ia perlihatkan pada orang lain. Nggak ada satu orang pun di dunia ini yang sempurna, dan ketika ketidaksempurnaan itu ditunjukkan, itu hanya dapat dilakukan dalam kondisi di mana seseorang merasa lengkap.

6. Hubunganmu aman setelah bertengkar

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Matthew Fassnacht

Kamu dapat bertengkar dengan pasangan dan masih saling mencintai ketika hubungan terasa aman dan nyaman. Tentu saja, bertengkar adalah sesuatu yang alami terjadi dalam hubungan. Jika perdebatan ini bukan masalah bertahan atau pergi, namun hanya satu sama lain yang merasa saling menyinggung perasaan, kamu dapat menilai kalau hubungan sudah kokoh dan siap berjalan dalam jangka panjang. Lebih baik lagi jika pasangan mau memperbaiki dirinya atas masalah yang terjadi, tandanya ia melihatmu sebagai pasangan yang terbaik untuk dirinya.

7. Pasangan memprioritaskan dirimu

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Andrew Welch

Adalah pertanda yang baik jika pasangan menjadikanmu sebagai prioritas dalam hidupnya. Ia akan menyesuikan rencananya, melakukan hal-hal bersamamu yang mungkin nggak menarik bagi dirinya, dan selalu ada saat kamu sakit atau sedang mengalami masalah.

8. Pasangan adalah pendukung terbesarmu

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Candice Picard

Pasangan yang merasa kalau kamu adalah sosok jodohnya, akan menjadi penggemarmu nomor 1. Kesuksesanmu adalah kebahagiaan terbesarnya. Ia akan melakukan apa pun untuk mendukung mimpimu, cita-citamu, terutama jika nggak ada yang bersangkutan dengan dirinya.

9. Keluarga dan teman-temannya mengatakan perasaannya

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Aranxa Esteve

Menurut para ahli, kamu bisa menerka jika perasaan pasangan dari keluarga dan teman-temannya. Ketika keluarga dan teman-temannya mengatakan padamu kalau pasanganmu nggak pernah seserius ini dengan seseorang seperti denganmu, dan mereka membicarakan betapa seringnya pasangan membahas tentang dirimu, tandanya, ia berpikir kalau kamu adalah sosok yang ia cari selama ini. Jangan meragukan kata mereka sebab orang-orang itu telah mengenal pasanganmu lebih lama daripada dirimu.

10. Pasangan nggak melirik orang lain

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Ashley Schulze

Saat pasangan berpikir kalau kamu adalah jodohnya, maka kamu nggak perlu merasa khawatir kalau dirinya akan melirik orang lain. Ia secara tulus hanya melihat dirimu dan seakan kehilangan ketertarikan untuk melihat orang lain.

11. Pasangan mengatakan hubungan ini berbeda

Jangan Ragu, 11 Tanda kalau Pasangan Berpikir Kamu Adalah JodohnyaUnsplash.com/Jared Sluyter

Pasanganmu boleh jadi menunjukkan kalau ia nggak pernah merasa begitu cinta pada seseorang sebelum akhirnya bersamamu. Menurut para ahli, ia akan mengungkapkan kalau dirinya nggak pernah menjalani hubungan sedalam dan sebaik seperti bersamamu.

Penting untuk tahu kalau pasangan menganggapmu sebagai "the one" untuknya. Sebab semakin kamu merasa berharga, semakin kamu merasa percaya diri dalam hubungan. Selain itu, hubungan tumbuh dan berkembang ketika kamu merasa dicintai, dihargai, serta tahu kalau akan memiliki masa depan bersama. Kamu bisa menanyakan hal itu pada pasangan. Namun, jangan lupa untuk melihat pertanda ini agar semakin yakin kalau ia melihatmu sebagai sosok teman hidup terbaik yang ia butuhkan.

Baca Juga: Di Momen Inilah, Laki-Laki Merasa Mantap untuk Melamar Pasangannya