Kisah cinta penuh pengorbanan dan emosional dapat menjadi sebuah inspirasi untuk kita yang kebingungan mencari arti cinta sejati di abad milenial ini. Tersebar dari seluruh penjuru dunia, ada berbagai legenda penuh haru-biru yang sarat makna. Dilansir dari Datehookup, Simak baik-baik, yuk, Bela!

1. Romeo dan Juliet

9 Legenda Romantis dari Berbagai Penjuru Duniaartpaintingartist.org

Kisah cinta klasik yang ditulis William Shakespeare ini menceritakan sepasang kekasih yang saling mencintai namun tak bisa bersatu karena pertentangan dari kedua keluarga. Keduanya pun memilih mengakhiri hidup mereka daripada dipisahkan oleh takdir. Cerita ini ditutup dengan elegi untuk mereka: “Karena tidak pernah ada cerita yang lebih menyedihkan, daripada Romeo dan Juliet-nya”.

2. Cleopatra dan Mark Antony

9 Legenda Romantis dari Berbagai Penjuru Duniaquotesgram.com

Masih dari penulis yang sama, cerita cinta Cleopatra dan Mark Antony juga sangat populer. Pernikahan keduanya mendapatkan kecaman dari orang Romawi. Saat terjadi peperangan, Antony mendapat kabar palsu yang mengatakan Cleopatra telah meninggal. Ia pun terhunus pedangnya sendiri. Di sisi lain, Cleopatra mengorbankan kehidupannya setelah mendapati kematian kekasih sejatinya.

3. Lancelot dan Guinevere

9 Legenda Romantis dari Berbagai Penjuru Duniagrahamtwyford.com

Dongeng Arthurian yang terkenal ini menceritakan kisah cinta terlarang antara Sir Lancelot dan Ratu Guinevere, istri dari Raja Arthur. Perselingkuhan ini diketahui oleh warga kerajaan sehingga sang Ratu dijatuhi hukuman mati. Namun, Sir Lancelot berhasil menyelamatkannya, kemudian keadaan ini menjadikan kuasa King Arthur melemah.

4. Odysseus dan Penelope

9 Legenda Romantis dari Berbagai Penjuru DuniaPinterest.com/Achibald borges

Alkisah ada sepasang suami istri dari Yunani yang harus terpisah selama 20 tahun akibat perang, ialah Odysseus dan Penelope. Keduanya saling berkorban dan menunggu untuk bisa bersatu kembali, meski banyak lawan jenis yang datang menghampiri mereka. Penantian keduanya berbuah manis ketika Odysseus kembali pada pelukan Penelope dan putranya.

5. Layla dan Majnun

9 Legenda Romantis dari Berbagai Penjuru DuniaPinterest.com/Tejpal Singh Mann

Puisi terkenal Layla dan Majnun menceritakan sepasang kekasih yang nggak bisa bersatu, Layla dan Qays. Penolakan ayah Layla pada Qays menyebabkan ia mengasingkan diri di padang pasir sehingga ia mendapatkan julukan ”Majnun” alias gila. Keduanya tak sampai menikah semasa hidup, namun makam keduanya dibuat berdampingan agar bisa bersama selalu.

6. Elizabeth Bennet dan Darcy

9 Legenda Romantis dari Berbagai Penjuru DuniaPinterest.com

Cerita Pride and Prejudice, mengisahkan asmara antara Darcy yang berasal dari keluarga kaya dan Elizabeth dari keluarga kurang mampu. Keduanya saling mencintai, namun merasa ragu untuk saling melengkapi. Namun pada akhirnya, mereka bersatu melalui emosi dan pengertian satu sama lain.

7. Salim dan Anarkali

9 Legenda Romantis dari Berbagai Penjuru DuniaWikipedia.com

Cinta nggak pandang bulu, seperti Salim anak raja yang jatuh cinta pada wanita tuna susila Anarkali. Sang Raja menentang mereka, sehingga Salim mengerahkan pasukan untuk melawan kekuasaannya. Naasnya, Salim justru kalah dan akan dijatuhi hukuman mati. Namun, Anarkali datang mengorbankan dirinya untuk menerima hukuman ditemboki hidup-hidup di depan pria yang ia cintai.

8. Shah Jahan dan Mumtaz Mahal

9 Legenda Romantis dari Berbagai Penjuru Duniatravelgeni.com

Keajaiban dunia Taj Mahal merupakan penghormatan raja Shah Jahan pada istri yang paling dicintainya, Mumtaz Mahal. Sayangnya, Shah Jahan nggak sempat menyelesaikan monumen untuk mendiang istrinya itu oleh dirinya sendiri lantaran ia harus mendekam di Benteng Merah Agra. Ketika wafat, ia dimakamkan bersebelahan dengan istrinya, Taj Mahal.

9. Marie dan Pierre Curie

9 Legenda Romantis dari Berbagai Penjuru Duniasimplyknowledge.com

Terikat karena ilmu pengetahuan, itulah kalimat yang tepat untuk pasangan Marie dan Pierre Curie. Keduanya saling bertemu dalam sebuah laboratorium di Paris dan menikah tahun 1895. Keduanya dianugerahi Nobel untuk Fisika dan sebagai penemu radioaktif. Setelah kematian Pierre, Marie kembali meraih Nobel kedua. Pada tahun 1934, ia menyusul Pierre dengan penyakit leukemia.

Pengorbanan, penantian, kehilangan, kepercayaan, semua mewarnai legenda cinta zaman dahulu. Kisah di atas menjadi pengingat kita kalau cinta sejati itu benar-benar ada, Bela. Kamu hanya butuh orang yang tepat untuk menjalani kisahmu sendiri.

BACA JUGA: Suka Cerita Romantis? Yuk Belajar Cinta dari 6 Karya Nicholas Sparks!​