Nggak semua orang dapat berkata jujur untuk mengekspresikan perasaannya pada orang lain, terlebih jika itu adalah emosi yang berkaitan dengan insecure, seperti salah satunya adalah cemburu. Umumnya, seseorang nggak akan mengaku jika dirinya merasa cemburu pada pasangannya. Ia mungkin hanya bersikap diam, acuh nggak acuh, atau menyiratkannya melalui kalimat-kalimat nggak langsung.

Apa pasanganmu pernah cemburu padamu, Bela? Mungkin kamu nggak menyadarinya. Namun jika pernah mengatakan hal seperti ini, besar kemungkinan dia merasakan sentilan cemburu dalam hatinya.

7 Kalimat Ini Menyiratkan Kalau Pacar Sedang Cemburu padamu

Kalimat seperti ini sebenarnya punya banyak makna, namun secara garis besar mengungkapkan jika dirinya merasa 'ada apa-apa' atau merasakan emosi negatif dalam dirinya. Salah satunya adalah cemburu. Coba cermati kembali beberapa waktu sebelum akhirnya pasanganmu mengatakan hal seperti itu. Mungkin kamu baru saja mengabaikan perhatiannya dan lebih sibuk dengan teman-temanmmu? Atau mungkin, kamu terlalu dekat dengan teman lawan jenis?

7 Kalimat Ini Menyiratkan Kalau Pacar Sedang Cemburu padamu

Baik perempuan maupun laki-laki, pasti akan mengatakan hal seperti ini ketika melihat pasangannya terlalu dekat dengan temannya. Terlebih jika bahasa tubuh yang terlihat di mata pasangan itu seakan menunjukkan adanya ketertarikan, sudah pasti ia akan sangat cemburu, Bela.

Meski kamu sudah mengatakan jika orang itu hanya temanmu atau seorang sahabat dekat dari kecil, ia tetap nggak bisa menahan rasa cemburu itu dalam dirinya. Namun, ia nggak mau menunjukkannya secara langsung karena takut kamu marah. Alhasil, kalimat itu yang ia katakan padamu.

7 Kalimat Ini Menyiratkan Kalau Pacar Sedang Cemburu padamu

Pasanganmu sangat cemburu padamu, dan juga bersikap posesif. Ia nggak suka ketika melihatmu dekat dengan perempuan atau laki-laki lain, dan terlihat bahagia bersama-sama. Ia cemburu dan hanya menginginkan kebahagiaanmu berasal dari dirinya. Alih-alih mengatakan secara lantang jika dirinya cemburu, pasangan memberikanmu larangan kalau kamu nggak boleh menghabiskan waktu bersama orang lain yang nggak ia sukai itu.

7 Kalimat Ini Menyiratkan Kalau Pacar Sedang Cemburu padamu

Terkadang nggak hanya pada lawan jenis, pasangan bisa merasa cemburu pada teman-temanmu. Bukan cemburu karena takut orang lain mencuri hatimu, namun cemburu karena kamu lebih banyak meluangkan waktu bersama teman-temanmu ketimbang dengan dirinya. Juga, ia merasa cemburu karena kamu lebih memilih teman ketimbang dirinya. Tetapi, ia nggak ingin terlihat sebagai laki-laki yang kekanak-kanakan karena cemburu pada teman-temanmu. Alhasil, ia menyiratkannya lewat kalimat seperti itu.

7 Kalimat Ini Menyiratkan Kalau Pacar Sedang Cemburu padamu

Melihatmu bersama lawan jenis dengan tampilan fisik yang dirasa lebih menarik dari dirinya, pasangan pasti akan langsung merasa cemburu juga rendah diri, Bela. Apalagi jika lawan jenis itu adalah temanmu, dan kamu menghabiskan cukup banyak waktu bersamanya, pasangan akan merasa takut jika perhatianmu beralih padanya. Jika ia sering mengatakan kalimat seperti ini, "Ia lebih tampan/cantik daripada aku," boleh jadi ia cemburu  pada lawan jenis yang sedang berada di dekatmu.

7 Kalimat Ini Menyiratkan Kalau Pacar Sedang Cemburu padamu

Mengatakan hal ini, bukan berarti pasangan benar-benar menyuruhmu untuk putus dengannya dan menjalin hubungan dengan orang lain, Bela. Sederhananya, ia merasa marah dan cemburu karena kamu sering membicarakan temanmu saat bersamanya. Entah itu membahas kebaikannya, sikapnya yang lucu, entah membicarakan kegiatanmu dengan temanmu. Mendengar pembicaraanmu, pasangan merasa cemburu. Kemudian, ia mengartikan jika kamu merasa bahagia dengan orang lain ketimbang dirinya.

7 Kalimat Ini Menyiratkan Kalau Pacar Sedang Cemburu padamu

Dengan kalimat seperti ini, jelas menunjukkan dia cemburu pada orang yang dekat denganmu saat ini. Entah teman, entah saudara. Ia mungkin melihat orang lain itu sebagai sebuah ancaman dalam hubungan. Boleh jadi karena ia terlalu dekat denganmu, lebih menarik dari dirinya, mengistimewakan dirimu, dan sebagainya. Namun selain karena cemburu, mungkin pasangan juga merasakan intuisi lain, seperti melihat jika orang itu memang dapat melukai dirimu. Kamu bisa menanyakan langsung pada pasangan jika ia menyatakan ketidaksukaannya pada orang lain.

Kira-kira, kalimat seperti apa yang akan pasanganmu ucapkan saat ia merasa cemburu, Bela? Atau, apa yang biasanya kamu katakan ketika merasa cemburu? Pada dasarnya, nggak ada yang salah untuk mengungkapkan kecemburuanmu pada pasangan. Namun saat mengatakannya, lakukan dengan perasaan yang lebih tenang dan nggak bersikap berlebihan. Ajak ia untuk berdiskusi agar perasaan cemburu dapat keluar dan nggak membebani hati, serta mencegah sebelum emosi itu memicu masalah dalam hubungan.

Baca Juga: 7 Hal Aneh yang Biasa Dilakukan Perempuan Ketika Cemburu