Hubungan jarak jauh atau long distance relationship lebih rentan mengalami masalah kepercayaan. Karena kamu dan pasangan terpisah di dua tempat yang berbeda dan nggak dapat sering bertemu satu sama lain. Kondisi seperti ini nggak jarang menimbulkan kekhawatiran, kalau-kalau pasangan sedang bermain hati dengan wanita lain. Kita menjadi cemburu padanya. Apa kamu mengalami masalah cemburu saat menjalani hubungan LDR juga, Bela? Jika dibiarkan tumbuh begitu saja, rasa insecure itu dapat memicu pertengkaran yang menyebabkan hubungan kandas. Nggak mau sampai terjadi, kan?

1. Pelajari asal kecemburuanmu

Hilangkan Rasa Cemburu Saat LDR dengan 7 Tips Iniwww.imdb.com
 

Ketika rasa cemburu datang, pertanyakan mengapa perasaan tersebut datang dalam hatimu. Apakah itu hanya ketakutanmu semata karena dia lama membalas chat? Atau memang pasangan menunjukkan tanda-tanda bahwa ia sedang dekat dengan wanita lain? Jika ketakutanmu tidak memiliki bukti, jangan menuduhnya langsung.

2. Mengutarakan yang kamu rasakan

Hilangkan Rasa Cemburu Saat LDR dengan 7 Tips Iniwww.imdb.com
 

Jika rasa cemburu membuatmu gelisah selalu, utarakan pada pasangan. Dengan begitu, kamu bisa sedikit lebih tenang. Kalau pasangan peduli padamu dan mencoba membantumu merasa lebih baik, pertanda bahwa ia tidak ingin kamu terjebak dalam perasaan insecure-mu. Kalau pasangan malah marah? Sikapnya boleh jadi menunjukkan ada sesuatu yang sedang ia sembunyikan.

3. Berpikir positif

Hilangkan Rasa Cemburu Saat LDR dengan 7 Tips Iniwww.imdb.com
 

Perasaan cemburu dapat tumbuh dengan cepat. Ia menjalar dan memicu rasa takut lainnya dalam pikiranmu. Jadi sebelum semua terlambat, segera mengusir rasa cemburu dengan berpikir positif. Misalnya jika pasangan membalas chat, kamu bisa berpikir bahwa ia sedang sibuk bekerja atau kuliah demi masa depannya, dan masa depan hubungan kalian.

4. Jangan menjadi posesif

Hilangkan Rasa Cemburu Saat LDR dengan 7 Tips Iniwww.movpins.com
 

Rasa takut melahirkan rasa posesif, mengekang dan mengatur kehidupan pasangan agar kamu merasa lebih tenang. Padahal sebaliknya, kamu menjadi semakin takut dan pasangan merasa jengah dengan kelakuanmu. Jadi, hindari sikap-sikap posesif agar hubungan tetap berjalan lancar.

5. Jangan menginterogasinya

Hilangkan Rasa Cemburu Saat LDR dengan 7 Tips Iniwww.imdb.com
 

Menginterogasi pasangan karena merasa cemburu padanya, hanya akan membuatnya merasa nggak nyaman. Apalagi jika dilakukan setiap hari, ia akan merasa jenuh dan menjaga jarak denganmu. Bkan tidak mungkin, pasangan jadi belajar untuk ‘berbohong padamu’ agar semua pertanyaanmu dapat terjawab dengan cepat.

6. Jangan mengambil alih akun sosial medianya

Hilangkan Rasa Cemburu Saat LDR dengan 7 Tips Iniwww.imdb.com
 

Jikalau punya akses ke sosial media pasangan, bukan berarti kamu perlu stalking dengan mengambil alih semua akunnya. Sebab sikapmu ini sudah menunjukkan hilangnya rasa kepercayaan di dalam hubungan. Pasangan dapat merasakan hal tersebut, dan ia akan menganggap bahwa hubungan kalian sudah berada dalam masalah besar.

7. Nikmati hubungan kalian

Hilangkan Rasa Cemburu Saat LDR dengan 7 Tips Iniwww.imdb.com
 

LDR telah menjadi pilihan kalian, maka sebaiknya nikmati bagaimana hubungan kalian berjalan. Membiarkan rasa cemburu dan insecure menguasai hatimu akan menghilangkan kebahagiaan dalam perjalanan cinta kamu dan pasangan.

Jangan sampai cemburu membuat LDR-mu kandas, Bela!

BACA JUGA: Jangan Salah, LDR Juga Banyak Tipenya, Lho!