Salah satu faktor yang dapat membuat hubungan asmara berakhir adalah rasa jenuh pada pacar. Hal ini seakan wajar terjadi karena kamu dan pasangan terjebak dalam rutinitas yang sama, bersama-sama. Jadi, rasa bosan itu dapat tumbuh kapan saja. Namun, bukan berarti ini nggak dapat diatasi, lho. Bela, ada banyak cara menghilangkan rasa bosan pada pacar yang dapat kamu coba dalam hubunganmu.

1. Melakukan aktivitas baru bersama-sama

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacarhttps://www.pexels.com/

Melansir dari Hello Giggles, salah satu penyebab terbesar munculnya rasa bosan adalah kamu dan pacar terlalu nyaman. Jadi, coba keluar dari zona nyaman kalian bersama. Lakukan hal-hal seru bersama, yang mungkin nggak pernah terpikirkan oleh kalian atau selalu dihindari karena kamu atau dirinya takut melakukan itu. Aktivitas yang memacu adrenalin dapat menjadi alternatif terbaik. Sebab, kegiatan seperti ini dapat memberikan warna baru dalam hubungan, mengusir rasa bosan, serta menghidupkan kembali 'cinta' di antara kalian.

2. Merencanakan liburan berdua

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacarhttps://www.pexels.com/

Rasa bosan boleh jadi datang karena kamu dan pasangan kurang menghabiskan waktu berkualitas bersama. Jika benar seperti ini, mengutip dari Wikihow, coba untuk merencanakan liburan bersama pasangan di akhir pekan ini. Pergi ke pantai, mendaki gunung, mengunjungi daerah baru atau favorit, atau sekadar mencicipi kuliner baru di kota sebelah.

Akan lebih baik jika kamu dan pasangan berlibur ke tempat yang belum pernah kalian berdua kunjungi sebelumnya sehingga memberikan pengalaman baru dan warna baru dalam hubungan. Ingin membuat ini menjadi lebih menarik? Rencanakan liburan ini tanpa pasangan ketahui sehingga ini menjadi kejutan untuknya!

3. Mengulang kencan pertama kalian

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacarhttps://www.pexels.com/

Sudah berpacaran lama dengan pasangan? Ini juga menjadi salah satu faktor pemicu rasa bosan dalam hubungan. Mengutip dari Bustle, coba untuk mengulang kembali momen kencan pertama kalian, entah itu kencan setelah jadian, entah itu kencan sebelum jadian bersama. Mengulang momen kencan pertama dapat mengembalikan kembali rasa kasmaran yang dulu pernah bersemi, menghilangkan rasa bosan pada satu sama lain.

4. Menggali minat yang sama

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacarhttps://www.pexels.com

Tentu menyenangkan untuk mencoba hal baru bersama-sama, namun jangan melupakan minat sama yang kalian berdua miliki. Misalnya jika kamu dan pasangan senang dengan kegiatan di luar ruangan, mungkin ini saat yang tepat untuk mencoba olahraga baru seperti rock climbing atau diving. Jika kamu dan pasangan senang dengan hal-hal berbau ilmu pengetahuan, coba habiskan waktu dengan mengunjungi museum atau mengambil kelas kursus bersama.

Jangan hanya sebatas melakukan, selipkan bahasa tubuh romantis di sela-sela kegiatan untuk tetap menjaga keseimbangan antara memperdalam minat sekaligus membuat hubungan terasa lebih menyenangkan.

5. Mengobrol bersama pasangan

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacarhttps://www.pexels.com/

Mungkin kamu dan pasangan jarang menghabiskan waktu untuk mengobrol demi mengenal satu sama lain? Kalau begitu, lakukanlah, Bela. Luangkan waktu untuk mengobrol bersama pacarmu. Tanyakan mengenai dirinya dan hal-hal lain yang ingin kamu ketahui tentangnya, lalu ia dapat menanyakan hal yang sama denganmu. Obrolan berkualitas seperti menjadi salah satu cara menghilangkan rasa bosan pada pacar yang ampuh. Selain itu, kamu dan pasangan membangun kedekatan yang lebih dalam dengan semakin terbuka satu sama lain.

6. Menonton atau membaca buku yang sama

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacarhttps://www.pexels.com/

Jika kamu dan pasangan nggak memiliki banyak kesamaan, bukan berarti kalian berdua nggak dapat membangunnya sendiri. Kamu dan pacar dapat membaca buku yang sama, atau menonton serial televisi yang sama. Selain menikmati alur cerita atau tayangan, kamu dan pacar dapat saling berbagi pendapat mengenai buku atau film tersebut. Kalian berdua jadi punya hal baru untuk dibicarakan bersama, bahkan membangun minat baru!

7. Memuji pasangan

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacarhttps://www.pexels.com/

Selama apa pun hubungan yang kamu dan pacar jalani, jangan pernah lupa untuk memujinya. Memberikan pujian menjadi salah satu cara untuk menunjukkan kalau kamu memerhatikan dan menghargainya. Selain itu, cara ini dapat membantu mengusir rasa bosan pada pacar. Kamu nggak perlu memujinya secara berlebihan, bisa saja dengan kalimat seperti, "Kamu terlihat lebih cakep dengan potongan rambut yang sekarang."

8. Menunjukkan rasa suka pada minat yang pacar tekuni

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacarhttps://www.pexels.com

Pasangan menyukai hal berbeda denganmu? Nggak ada salahnya untuk sesekali menunjukkan kalau kamu tertarik dengan hobi yang ia tekuni. Misalnya pasangan senang dengan sepak bola, sesekali temani dirinya menonton pertandingan atau membelikannya hadiah bertemakan tim favoritnya. Pasangan suka minum kopi? Ajak ia mencoba kafe baru yang sedang hits di Instagram. Hal-hal seperti ini, selain menunjukkan perhatian pada pasangan, juga dapat mencegah rasa bosan dalam hubungan kalian. Pasanganmu pun semakin menyayangimu karena melihat kamu mau berusaha menyukai hal yang ia minati.

9. Meningkatkan sentuhan dalam hubungan

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacarhttps://www.pexels.com/

Kontak fisik dengan pasangan dapat merilis hormon oksitosin, yang dapat meningkatkan keintiman dan rasa percaya. Jadi, coba meningkatkan skinship dalam hubungan. Nggak perlu yang terlalu jauh, cukup yang sederhana seperti berpegangan tangan saat sedang berjalan. Kalau mau lebih menyiratkan perhatian, coba berikan pijatan ringan pada pundak pasangan yang baru saja pulang bekerja. Sentuhan seperti ini dapat meningkatkan gairah sekaligus menunjukkan perasaanmu. Jadi, hubungan pun dapat terhindar dari rasa bosan.

10. Meluangkan waktu untuk diri sendiri

10 Cara Menghilangkan Rasa Bosan pada Pacarhttps://www.pexels.com

Ada kalanya rasa bosan pada pacar muncul karena kalian berdua terlalu sering menghabiskan waktu bersama. Jadi, coba untuk memberi ruang sejenak dalam hubungan dan habiskan waktu untuk dirimu sendiri. Entah itu benar-benar sendiri, bersama keluarga, atau bersama temanmu. Keluar dari zona nyaman dan lakukan kegiatan yang belum pernah terpikirkan sebelumnya, pergi hangout bersama teman-teman lama, piknik bersama keluarga, mengikuti komunitas baru dan bertemu dengan orang baru. Apa pun itu, lakukan hal-hal baru yang kamu nikmati sendiri, tanpa pasangan.

Ketika kamu menikmati waktu berkualitas untuk diri sendiri, kamu akan kembali ke dalam hubungan dengan pikiran yang lebih segar. Ini dapat berdampak baik ke dalam hubungan. Kamu jadi nggak merasa bosan dengan pasangan dan kisah asmaramu.

Banyak pasangan yang mengakhiri hubungannya hanya karena merasa bosan pada satu sama lain. Untuk mencegah hal ini, lakukan beberapa cara menghilangkan rasa bosan pada pacar seperti yang disebutkan di atas. Dengan begitu, kamu bisa mencoba kesemuanya untuk mencegah maupun mengobati rasa bosan yang kamu dan pasangan alami.

Baca Juga: Pasanganmu Membosankan? Lakukan 5 Hal Ini Sebelum Memilih untuk Putus