Semua orang tentu menginginkan pasangan yang setia dalam hubungannya, setuju? Nggak ada yang ingin mengalami perselingkuhan di dalam kisah kasihnya. Namun untuk membuatnya setia padamu, kamu pun perlu mengeluarkan sedikit usaha agar ia nggak melirik orang lain di luar hubungan. Lalu, apa ada tips membuat pasangan setia?

Mulai dari menunjukkan rasa cinta padanya sampai mengedepankan keterbukaan dalam hubungan, ada beberapa tips untuk membuat pasangan setia padamu tanpa membuatnya merasa seperti terpaksa, serta nggak mengalami rasa bosan. Simak baik-baik, ya!

1. Menghargai dan saling memuji

10 Cara Membuat Pasangan Setia dan Selalu Romantispexels.com/J Carter

Melansir dari Capital FM, kamu perlu menjadi penggemar nomor 1 pasangan. Puji dan hargai dirinya. Dengan begitu, ia merasa bahwa kamu mencintainya dan ia pun dengan sukarela akan setia padamu dalam hubungan. Namun, ingat untuk nggak memujinya secara berlebihan karena hal itu akan terkesan terpaksa dan nggak tulus dari hati.

2. Menetapkan batasan dalam hubungan

10 Cara Membuat Pasangan Setia dan Selalu Romantispexels.com/Thomas Ward

Faktanya, penting untuk menetapkan aturan atau batasan dalam hubungan. Misalnya, cara bersikap dengan teman lawan jenis, cara bersenda gurau bersama teman lawan jenis, cara berinteraksi dengan teman lawan jenis, dan sebagainya. Apa kamu mengizinkan pasangan untuk bermain berdua saja dengan teman lawan jenis? Apa kamu memperbolehkan pasangan kumpul bersama teman-temannya sampai larut malam?

Peraturan seperti ini dapat membuat segala sesuatunya menjadi lebih jelas sehingga meminimalisir risiko salah paham, yang dapat menimbulkan kecurigaan. Karena dari kecurigaan, selalu muncul rasa insecure yang dapat mendorong pasangan untuk selingkuh.

3. Saling menggoda

10 Cara Membuat Pasangan Setia dan Selalu Romantispexels.com/Helena Lopes

Jangan hanya bersikap genit di saat PDKT atau awal berpacaran. Kamu perlu menjaga sikap genit ini selama menjalani hubungan dengannya. Goda dirinya baik saat sedang bersama, maupun melalui media komunikasi. Bercanda bersama dirinya agar suasana yang menyelimuti kalian terasa menyenangkan. Sejatinya, pasangan dapat melakukan hal-hal seperti ini dengan mudah padamu. Jika ia nggak bisa menggodamu, dengan siapa ia akan menunjukkan sikap genitnya?

4. Berusaha menjaga nggak ada rahasia di antara kalian

10 Cara Membuat Pasangan Setia dan Selalu Romantispexels.com/Inna Lesyk

Rahasia sekecil apa pun dapat memberikan jarak di antara kamu dan pasangan dalam hubungan. Saat pasangan merasa kamu menyembunyikan sesuatu darinya, ia mulai menaruh curiga dan sulit untuk memercayaimu. Begitu pun sebaliknya. Jadi, usahakan nggak ada rahasia di antara kalian. Kamu dan pasangan perlu bersikap saling terbuka untuk menjaga kedekatan di antara kalian.

5. Selalu ada untuk pasangan

10 Cara Membuat Pasangan Setia dan Selalu Romantispexels.com/Văn Thắng

Kenyataannya, banyak yang merasa kesepian meski sedang menjalani hubungan. Hal itu dapat disebabkan karena pasangannya nggak dapat memenuhi kebutuhan emosionalnya, seperti nggak dapat mendengarkan saat dirinya ingin menceritakan masalahnya, atau nggak dapat memberikan dukungan saat ia sedang merasa terpuruk. Ketika terjadi hal seperti ini, banyak orang akhirnya berselingkuh dengan sosok yang dapat mengerti dirinya.

Jadi, usahakan selalu ada untuk pasangan. Berikan perhatian, sekecil apa pun pada pasangan, terutama saat ia sedang merasa sedih. Coba bayangkan jika kamu sedang merasa terluka dan pasangan nggak ada untuk memberikan pelukan yang menenangkan. Kamu pasti akan merasa kesepian, bukan?

6. Memberikan ruang sendiri dalam hubungan

10 Cara Membuat Pasangan Setia dan Selalu Romantispexels.com/Freestocks.org

Berdua nggak selalu harus bersama 24x7 hari, Bela. Melansir dari Keen, kamu dan pasangan tetap memerlukan waktu untuk diri sendiri. Pasanganmu tetap membutuhkan waktunya untuk bekerja, bermain dengan teman-temannya, melakukan hobinya, dan sebagainya. Jika 'memaksa' selalu menemaninya di setiap kegiatannya, sikapmu justru membuatnya merasa bosan dan tertekan. Bahkan, boleh jadi dia merasa terganggu dengan kehadiranmu sehingga muncul keinginannya untuk berselingkuh.

Coba untuk memberikan ruang pribadi dalam hubunganmu. Berika pasangan kebebasan untuk menikmati waktu pribadinya. Jangan biarkan rasa cemburu dan curiga membuatmu ingin terus mengikutinya ke mana pun karena hal itu justru hanya mendorong pasangan untuk berpaling ke lain hati.

7. Jadikan pasangan sebagai prioritas

10 Cara Membuat Pasangan Setia dan Selalu Romantispexels.com/Gui Vergouwen

Saat seseorang merasa kalau dirinya bukan prioritas utama bagi orang lain, umumnya hal itu mendorongnya untuk mencari perhatian dari sosok yang lainnya. Karena itu, salah satu tips membuat pasangan setia adalah menjadikannya sebagai prioritas utama.

Bagaimana menjadikan pasangan sebagai prioritas? Sebenarnya, ketika kamu benar-benar mencintai pasangan, secara otomatis kamu akan menjadikannya sebagai salah satu hal terpenting dalam hidup. Kamu akan berusaha meluangkan waktu untuk bersama dirinya, menemaninya saat ia membutuhkanmu, menunjukkan rasa kasih sayangmu padanya, berusaha jujur dan terbuka padanya.

8. Komunikasi terbuka dan jujur dalam hubungan

10 Cara Membuat Pasangan Setia dan Selalu Romantispexels.com/Zun Zun

Sama seperti berusaha nggak menyimpan rahasia, kamu dan pasangan perlu mengedepankan komunikasi yang jujur dan terbuka. Usahakan untuk nggak pernah berbohong pada pasangan, sekalipun itu berbohong demi kebaikan. Karena biasanya, satu kebohongan akan mengundang kebohongan lainnya. Ketika terbongkar, pasangan akan menaruh curiga padamu, dan hal itu dapat mengundang keinginan untuk berselingkuh atau menuduhmu melakukan hal itu.

Komunikasi terbuka nggak hanya membuat pasangan setia padamu, tetapi juga menjaga hubungan tetap sehat dan langgeng. Sebab, kamu dan pasangan terhindar dari kesalahpahaman yang dapat memicu pertengkaran. Serta, akan meningkatkan kedekatan di antara kalian berdua.

9. Berbagi pengalaman baru

10 Cara Membuat Pasangan Setia dan Selalu Romantispexels.com/Leah Kelley

Melansir dari Bustle, coba ajak pasangan untuk melakukan kegiatan bersama, dan akan lebih baik jika itu adalah kegiatan baru bagi kalian. Misalnya, ajak pasangan traveling ke sebuah destinasi yang belum pernah kalian kunjungi, mencoba aktivitas luar ruangan yang seru, sampai mendalami sebuah minat baru yang menyenangkan. Cara ini membuat kamu dan pasangan berbagi pengalaman baru yang hanya kalian berdua miliki, dan ini menjadi sebuah tips membuat pasangan setia. Ketika mengenang kembali momen bahagia tersebut, dia akan merasa senang dan aman dalam hubungan, yang memunculkan rasa setia padamu.

10. Merawat diri sendiri

10 Cara Membuat Pasangan Setia dan Selalu Romantispexels.com/Freestocks.org

Faktanya, salah satu hal yang mendorong seseorang berselingkuh adalah pasangannya yang terlihat nggak mengurus diri seiring berjalannya hubungan. Alasan ini nampak terkesan kalau seseorang mementingkan penampilan. Namun hal itulah yang terjadi dalam dunia nyata, Bela. Pasangan bisa saja berpaling ketika melihat ada orang lain yang tampil lebih baik dari dirimu, yang peduli pada kebersihan dan kecantikannya sepanjang waktu.

Mungkin kamu merasa nyaman tampil apa adanya karena sudah lama menjalani hubungan dengan pasanganmu. Namun, jangan sampai kenyamanan ini membuatmu malas mengurus diri. Luangkan waktu untuk melakukan perawatan agar terlihat cantik/tampan dan sehat. Nggak perlu selalu tampil menawan setiap saat, seenggaknya kamu perlu terlihat sehat dan segar. Dengan begitu, kamu menjaga pandangan pasangan selalu tertuju padamu.

Itulah beberapa tips membuat pasangan setia padamu. Tunjukkan perasaanmu padanya dan jadikan dia sebagai salah satu prioritas dalam hidupmu. Jangan lupa memberi ruang pribadi dalam hubungan dan berusaha merawat penampilan diri sendiri sehingga pasangan nggak merasa bosan, selalu bahagia, dan mencegahnya dari keinginan untuk berselingkuh.

Baca Juga: 9 Tanda Ini Hanya Ada di Diri Laki-Laki yang Setia dan Tanggung Jawab