Hubungan antara kamu dan pasangan tak selalu berjalan mulus. Terkadang salah satu di antara kalian merasa jenuh dan tidak lagi saling mencintai. 

Kalau kamu ragu terhadap sikap pasanganmu, coba cek, melalui artikel ini, deh! Ada 5 tanda yang bisa mengindikasi perasaan pasanganmu, apakah dia masih mencintaimu atau sudah jenuh dengan hubungan kalian. 

1. Kehilangan ketertarikan

Sudah Jenuh, Ini 5 Tanda Pasangan Tak Mencintaimu LagiPexels.com/Pixabay

Dua orang yang tengah di mabuk asmara, cenderung ingin terus menghabiskan waktu bersama. Namun, apabila salah satunya kehilangan ketertarikan terhadap satu sama lain saat bertemu, hal itu bisa menandakan adanya rasa cinta yang hilang. 

Hal ini disampaikan Stephen J. Betchen, seorang penulis buku Magnetic Partners, pasangan yang saling mencintai ingin menghabiskan waktu bersama dan menyenangkan satu sama lain. Tapi, apabila yang terjadi denganmu bertolak belakang dengan hal tersebut, mungkin kalian kehilangan cinta dalam hubungan. 

2. Tidak lagi mendengarkan

Sudah Jenuh, Ini 5 Tanda Pasangan Tak Mencintaimu LagiPexels.com/Ketut Subiyanto

Pasangan yang saling mencintai akan memiliki rasa respek terhadap satu sama lain. Hal ini dibuktikan dengan adanya negosiasi, saling mendengarkan, dan diskusi untuk kebahagiaan keduanya.

Namun, apabila kamu dan pasangan sudah tidak lagi saling mendengarkan dan menghindari proses diskusi, mungkin hubungan kalian tidak baik-baik saja. Hal tersebut dijelaskan oleh Stephen J. Betchen, dalam Psychology Today. 

3. Perubahan cara berkomunikasi

Sudah Jenuh, Ini 5 Tanda Pasangan Tak Mencintaimu LagiPexels.com/Rodnae Productions

Dilansir dalam Very Well Mind, adanya perubahan dalam intensitas komunikasi kamu dan pasangan bisa jadi tanda bahwa rasa cinta pasanganmu mulai pudar. Sebab, kualitas komunikasi turut memengaruhi kualitas hubungan kamu dan pasanganmu. 

Ketika kamu tidak lagi tahu apa yang pasanganmu lakukan, apa kesibukannya, atau bagaimana perasaannya, hal itu menjadi tanda komunikasi kalian mengalami hambatan. Keengganan ini bisa jadi tanda hubungan yang mulai merenggang. 

4. Bertengkar secara terus-menerus

Sudah Jenuh, Ini 5 Tanda Pasangan Tak Mencintaimu LagiPexels.com/Timur Weber

Sebagai seorang penulis di Very Well Mind, Elizabeth Plumptre menjelaskan bahwa pasangan yang bertengkar secara terus-menerus akan menyebabkan perceraian atau perpisahan. Sebab, kedua orang di dalamnya akan mengalami stres berkepanjangan. 

Apabila pertengkaran terus terjadi padahal kamu sudah mengalah dan memperbaiki masalah, artinya pasanganmu memang sudah tidak lagi mencintaimu. Hal ini disebabkan kasih sayangnya telah berubah dan kamu tidak lagi menjadi bagian penting untuknya. 

5. Terjadi perang dingin

Sudah Jenuh, Ini 5 Tanda Pasangan Tak Mencintaimu LagiPexels.com/Budgeron Bach

Bertengkar terus-menerus dapat menjadi tanda hubungan yang tidak sehat. Namun, menghindari pertengkaran juga bisa mengindikasi hubungan tidak baik-baik saja.

Bisa jadi, pasanganmu enggan untuk terlibat denganmu lagi, sehingga Ia membangun jarak denganmu. Sebab, pasanganmu sudah tidak lagi berminat mencari solusi untuk permasalahan kalian. 

Hal ini juga yang dijelaskan oleh Elizabeth Plumptre dalam Very Well Mind. Elizabeth menuliskan, hal yang lebih buruk dari pertengkaran terus-menerus adalah keheningan mutlak karena tidak adanya kesepakatan. 

Beberapa tanda di atas bisa kamu pahami sebagai cara untuk meperbaiki hubungan yang sedang berada di ujung tanduk. Jadi, apabila kamu mengalami beberapa masalah tersebut, pilihlah langkah bijaksana untuk menyelesaikannya. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Tanda Pasangan Gak Mencintaimu Lagi, Cari Tahu Ciri-Cirinya!"

Baca Juga: 5 Tips Melupakan Orang yang Tidak Mencintaimu

Baca Juga: Hati-Hati, 5 Hal Ini Bisa Membuat Pasangan Tidak Mencintaimu Lagi

Baca Juga: 15 Tanda Menyakitkan ketika Suami Tidak Mencintaimu Lagi