Di usia muda, kamu memang dituntut untuk berambisi besar dan bekerja keras untuk mewujudkan segala cita-citamu, terutama dalam berkarier. Salah satu konsekuensinya adalah waktumu untuk hal-hal di luar pekerjaanmu akan berkurang secara signifikan. Orang-orang yang tinggal serumah denganmu saja jarang kamu temui, apalagi pacarmu yang juga sangat sibuk.

Banyak pasangan kekasih yang harus putus di tengah jalan karena mereka terlalu sibuk dengan jadwal masing-masing. Nah, kalau kamu sudah siap menjalani tantangan seru saat menjalin hubungan dengan pacar yang sama sibuknya denganmu, perhatikan trik-trik ini agar hubungan kalian tetap romantis dan hangat meskipun jarang bisa bertemu! 

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Tunjukkan jadwal kalian dan saling beritahu kalau kalian mengalami perubahan jadwal yang lumayan penting. Misalnya, ternyata kamu bisa pulang kantor lebih awal hari ini dan berencana untuk pergi menyervis smartphone-mu yang sudah lama bermasalah itu. Dengan begitu, meskipun jarang berkomunikasi, kalian tetap tahu di mana yang lain berada. 

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Carilah saat di mana kalian berdua sama-sama menganggur, nggak peduli seberapa sebentarnya waktu yang bisa kalian luangkan. Mungkin inilah yang paling sulit, tapi kalian harus sama-sama berkompromi. Kalau kamu punya meeting yang bisa diganti jadwalnya agar kamu bisa pergi dengan pacar, jangan merasa bersalah pada atasan atau klienmu. Toh selama ini kamu sudah memberikan begitu banyak waktu dan tenaga untuk pekerjaanmu, jadi menghabiskan waktu pribadi adalah hakmu sepenuhnya. 

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Pasangan lain biasanya pergi bersama seharian mulai dari mencari makan, menonton film, berjalan-jalan, hingga mengopi bersama. Nah, kamu dan pasangan harus mau memangkas waktu kencan kalian. Kalian bisa mengopi bersama sebelum berangkat kerja, makan siang bersama saat jam istirahat kantor, pulang kerja bersama-sama, atau dinner date di akhir pekan. Meskipun hanya sebentar, menghabiskan waktu dengannya bisa melepas rindu yang selama ini kalian tahan. 

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Bela, kalau kamu nggak menjadwalkan saat bertemu dengannya dari jauh-jauh hari, kalian nggak akan bisa menemukan waktu yang cocok. Pasti ada saja yang tiba-tiba menghalangi rencana kalian. Dengan merencanakannya sejak lama, kamu akan lebih berkomitmen untuk memenuhi janji tersebut. Kalian juga jadi bisa mengatur pekerjaan kalian supaya selesai sebelum berkencan.  

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Kirimkan dia pesan-pesan yang bisa membuatnya seharian berpikir tentangmu. Mengirimkan pesan singkat padanya itu nggak sampai lima menit kok, Bela. "Semoga sukses hari ini, Sayang," atau "Nggak sabar bertemu kamu besok!" bisa menjadi pilihanmu. Katakan juga bahwa kamu merindukan dan menyayanginya. Dia pasti tambah semangat menyelesaikan pekerjaannya supaya bisa segera berduaan denganmu. 

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Berdampingan menyelesaikan pekerjaan di komputer masing-masing ternyata bisa meningkatkan kualitas hubungan kalian, lho! Kalian jadi bisa memahami ritme kerja dan kebiasaan pasangan saat sedang fokus. Tapi ingat, jangan malah terlalu banyak mengobrol, ya. 

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Karena jarang bisa bertemu, jangan sia-siakan waktu yang kalian miliki bersama. Saat sedang dengan pasangan, matikan notifikasi smartphone-mu dan jangan berpikir tentang pekerjaan kalian sama sekali. Carilah topik pembicaraan yang ringan dan menyenangkan. Kecuali kalau dia sedang ingin mencurahkan isi hatinya, ya. Dengarkan baik-baik setiap ucapannya dan buktikan bahwa kamu ada untuknya seratus persen tanpa gangguan dari pekerjaanmu. 

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Kalau kamu benar-benar menyayanginya dan nggak mau kehilangan dirinya, kamu harus mencantumkan pasanganmu di daftar prioritas utamamu. Kamu pun harus menyesuaikan usaha dan pengorbanan yang akan kamu berikan sesuai dengan tingkat prioritasmu. Kalian juga harus saling terbuka soal prioritas satu sama lain. 

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Tanamkan pikiran dalam kepala kalian bahwa kalian bukan seperti pasangan biasa yang bisa sering berkomunikasi dan bertemu langsung. Jadi, jangan berharap di luar realita yang kamu hadapi, Bela. Kalau dia tiba-tiba membatalkan kencan karena ada situasi darurat di kantornya, jangan marah-marah dan menuntutnya untuk mementingkan acara kalian berdua. 

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Kesibukan yang kalian jalani saat ini nggak akan selamanya menghantui kalian. Ketika kalian sudah sama-sama berhasil nanti, kalian akan merasa jauh lebih puas dan bangga pada satu sama lain. Apalagi saat menoleh ke samping dan melihat sosok pasanganmu yang telah setia berjuang di sampingmu selama ini. 

11 Trik Menjaga Hubunganmu dan Pasangan Saat Sibuk

Ingatlah bahwa kalian sedang sama-sama mendaki gunung yang curam. Kalau dia hampir terjatuh, teruslah mendorongnya untuk tetap berdiri di atas kedua kakinya, meskipun itu berarti kamu harus mengeluarkan energi ekstra. Kamu juga mungkin merasa cemburu karena dia lebih banyak bersama tim kerjanya dibandingkan denganmu. Namun, percayalah bahwa sebenarnya dia juga lebih memilih untuk menemanimu. Hanya saja kalian berdua punya mimpi yang harus dikejar untuk kehidupan yang lebih baik di masa depan kalian bersama. 

Dengan menerapkan 11 trik di atas, Popbela percaya kamu dan pasangan akan mampu melewati berbagai tantangan dalam perjalanan kalian bersama. Memang nggak mudah, tapi nantinya kalian akan menengok ke belakang dan bersyukur telah berhasil menaklukan segala rintangan! Kalian akan menjadi power couple yang dikagumi banyak orang. Kalian juga bisa menjamin nggak ada satu pun dari kalian yang menyesal telah begitu saja menyia-nyiakan kesempatan untuk mewujudkan mimpi masing-masing. See you on top, Bela! 

BACA JUGA: Terlalu Sibuk? Begini Menyiasati Waktu Bercinta dengan Pasangan​