Meskipun sudah lama jalan bersama, kamu akhirnya menyadari bahwa hubunganmu dengan pacar sudah tak dapat dipaksakan lagi. Tapi sepertinya pacarmu tak menyadari atau tak mau menyadari hal tersebut. Ini tandanya kamu lah yang harus memutuskan hubungan yang sedang kalian jalin ini. Bela, yang namanya minta putus itu mustahil kalau tidak menyakiti hatinya. Pasanganmu dan kamu sendiri pasti sakit hati. Nah, agar sakitnya tak berlarut-larut dan kalian bisa cepat melanjutkan hidup tanpa satu sama lain, cobalah tujuh tips ini saat minta putus dari pacar. 

1. Bertemu secara langsung

7 Tips Minta Putus dari Pacar dengan Elegan dan Tegasgeekdoutnation.com

Ingat, kalian telah berbagi banyak momen dan pengalaman yang sifatnya privat dan romantis. Dia berhak mendengarnya langsung dari mulutmu dan melihatnya sendiri di matamu. Dengan kata lain, kalian harus saling bertatap muka, tidak boleh lewat chatting, telepon, video call, apalagi main menghilang begitu saja. 

2. Cari waktu yang sesuai

7 Tips Minta Putus dari Pacar dengan Elegan dan Tegashitfix.com

Memang sih tak ada waktu yang tepat untuk putus. Tapi kamu juga harus memperhatikan situasi dan kondisi. Kalau dia baru saja mengalami musibah seperti kehilangan orang tua atau pekerjaan, tunggulah beberapa saat sampai ia stabil. Baru kamu bisa menyampaikan keinginanmu untuk berpisah. Kalau kamu tak peduli situasinya, bisa jadi ia akan menyalahkanmu hingga bertahun-tahun lamanya. 

3. Katakan dengan jelas dan tersurat

7 Tips Minta Putus dari Pacar dengan Elegan dan Tegaswww.afterellen.com

Mungkin terdengar begitu pahit, tapi katakanlah, "Aku mau kita putus, sampai di sini saja hubungan kita," atau, "Aku ingin berpisah darimu dan mulai sekarang kita jalan sendiri-sendiri." ketika kamu minta putus darinya. Bila kamu bertele-tele dan tidak mengatakannya secara langsung, dia bisa salah mengartikannya. Ia bakal menganggap kamu masih mau diyakinkan atau kamu hanya sedang membutuhkan jarak untuk beberapa waktu. 

4. Sampaikan alasanmu yang sebenar-benarnya

7 Tips Minta Putus dari Pacar dengan Elegan dan Tegaswww.tvguide.com

Kamu dan pasangan tak akan bisa move on kalau kalian tidak mengomunikasikan apa sebenarnya yang salah dengan hubungan kalian. Dia berhak tahu apa yang membuatmu merasa hubungan kalian gagal, meskipun kejujuran itu akan menyakitinya. Misalnya, kamu tak cocok dengan sifat kekanak-kanakannya yang sulit sekali diubah. 

5. Jelaskan bahwa masalahnya ada padamu

7 Tips Minta Putus dari Pacar dengan Elegan dan Tegaswww.tv.com

Berikan juga alasan yang memberinya sinyal bahwa apa pun yang ia upayakan, kamu benar-benar sudah tak bisa lagi berjalan bersama di sisinya. Kamu bisa bilang bahwa kamu sedang tak ingin berkomitmen dengan siapa pun atau kamu ingin fokus mengejar karier dulu.

6. Latih dulu kata-katamu

7 Tips Minta Putus dari Pacar dengan Elegan dan Tegaswww.film-book.com

Banyak hal tak terduga yang bisa terjadi saat kamu meminta untuk putus. Seperti kalau tiba-tiba dia memberikan argumen yang sangat meyakinkan atau solusi yang tepat dari ketidakcocokan kalian sehingga kalian tak perlu sampai memutuskan hubungan. Untuk itu, kamu sudah harus siap dengan berbagai jawaban yang kira-kira akan dibutuhkan. Jika kamu baru memikirkannya detik itu juga, kamu akan mudah terpengaruh kata-katanya. Jadi, persiapkan dengan baik dan latihan dulu dengan berbagai kemungkinannya. 

7. Segera selesaikan urusan kalian

7 Tips Minta Putus dari Pacar dengan Elegan dan Tegaswww.tvfanatic.com

Setelah kalian sepakat untuk berpisah, tak usah pakai acara 'malam terakhir bersama' atau sejenisnya. Kalau masih ada barang miliknya yang ia titipkan padamu seperti jaket atau USB, jangan menunggu terlalu lama untuk mengembalikannya. Ganti status Facebook kalian kalau perlu, atau hapus namanya dari bio di akun Instagram-mu.

Itu dia tujuh tips minta putus dari pacar yang elegan dan berkelas. Kamu tak perlu heboh dan membesar-besarkan masalah ini. Biarkan waktu yang akan menemani kalian memproses keadaan dan membiasakan diri tanpa satu sama lain. Tanpa drama yang berlebihan, kamu dan mantan bisa menerima kenyataan ini dengan lebih baik dan ikhlas.

BACA JUGA:  Sebelum Minta Putus Sama Pacar, Pertimbangkan 5 Hal Ini Dulu​