Tak pernah ada patokan yang tepat untuk mengukur sebuah kebahagiaan. Begitu pun dengan kebahagiaan dalam menjalani suatu hubungan. Makanya, banyak orang yang nggak pernah benar-benar mengetahui apakah hubungan yang dia jalani membuat dirinya bahagia atau tidak.

Apalagi jika standar kebahagiaan yang dianut adalah berdasarkan penilaian orang lain belaka. Daripada menjadikan penilaian orang lain sebagai ukuran kebahagiaan, ada baiknya kita mulai melihat segalanya dari diri sendiri. Berikut 5 tanda kalau kamu bahagia dengan hubungan yang sedang dijalani.

1. Kamu merasa jadi diri sendiri saat bersamanya

5 Tanda Kamu Bahagia Menjalani Hubungan dengan Si Dia, Pertahankan!Pexels.com/Freestock.org

Bisa menjadi diri sendiri di hadapan pasangan adalah sebuah kenikmatan yang nggak bisa dialami semua orang, lho. Jika kamu bisa mengalami hal satu ini, maka bisa dibilang hubungan yang saat ini sedang kalian jalani adalah hubungan membuatmu bahagia. Pertahankan terus, ya.

2. Dia bisa membuat kamu tertawa meski leluconnya 'garing'

5 Tanda Kamu Bahagia Menjalani Hubungan dengan Si Dia, Pertahankan!Pexels.com/Edward Eyer

Ketika si dia selalu bisa membuat kita tertawa, itu tandanya kamu sudah bisa merasakan kebahagiaan, lho. Walaupun masih pada tingkat yang paling dasar, tapi sebuah tawa kebahagiaan itu merupakan hal yang langka pada beberapa pasangan. Bersyukurlah kalau kamu dan dia masih bisa merasakan romansa-romansa sepele seperti ini.

3. Kamu tak pernah merasa terlalu didominasi, ditekan, atau dikekang

5 Tanda Kamu Bahagia Menjalani Hubungan dengan Si Dia, Pertahankan!Pexels.com/Vasyl Potochnyi

Kebahagiaan sebuah hubungan juga bisa diukur dari perasaanmu yang nggak pernah benar-benar dikekang atau ditekan. Kamu tetap bisa bebas menjadi dirimu, mengeksplor kelebihanmu, melakukan apa yang kamu sukai, dan lain sebagainya. Walaupun mungkin ada batasan-batasan yang dibuat oleh pasanganmu, batasan tersebut masih dalam batas wajar dan untuk kebaikanmu juga kebaikan kalian bersama.

4. Kamu dan dia terus berusaha memahami dan menerima kekurangan masing-masing

5 Tanda Kamu Bahagia Menjalani Hubungan dengan Si Dia, Pertahankan!Pexels.com/Jonathan Borba

Tak cuma terus-menerus berusaha memahami dia, kamu yang bahagia dalam menjalani hubungan juga akan melihat usahanya untuk memahami dan mengerti kamu. Kalian berdua terus saling berproses untuk bisa memantaskan diri satu sama lain. Saling menyamakan frekuensi, dan saling bersinergi demi bisa terus mempertahankan hubungan yang ada.

5. Meski terlibat konflik, kalian selalu bisa berbaikan lagi

5 Tanda Kamu Bahagia Menjalani Hubungan dengan Si Dia, Pertahankan!Pexels.com/Flo Maderebner

Hubungan yang bahagia bukanlah hubungan yang tanpa masalah. Bagaimana pun juga masalah akan tetap selalu ada dan justru jadi ajang pembelajaran bagi kalian berdua. Nah, untuk membedakannya, masalah dalam hubungan yang bahagia justru selalu bisa kalian selesaikan dengan diskusi dan keharmonisan kalian kembali seperti semula.

Hubungan yang bahagia itu nggak bisa jika hanya kita inginkan aja, tapi juga harus diiringi dengan usaha antara kedua pasangan. Jadi, kalau kamu ingin dibahagiakan, usahakan untuk membahagiakan si dia juga, ya. Siap menjalaninya, Bela?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Ini 5 Tanda Bahwa Kamu Bahagia dengan Hubungan yang Sedang Dijalani"

Baca Juga: 5 Langkah Bangun Hubungan Sehat dengan Pasangan

Baca Juga: Hati-Hati, Ini 5 Kebohongan Fatal yang Bisa Merusak Hubungan

Baca Juga: Jangan Buang Waktumu dalam Hubungan dengan Melakukan 5 Hal Ini