Dalam hubungan asmara, menjalinnya dengan orang yang tepat pasti akan membuat kita bisa merasa bahagia. Namun, orang yang tepat bukan hanya ketika karakternya dan penampilan fisiknya sesuai dengan apa yang kita impi-impikan selama ini. Semua itu nggak akan cukup untuk membuat hubungan bertahan dalam jangka waktu yang lama.

Ada beberapa hal kecil dan sepele yang semestinya juga ada dalam diri orang yang tepat ini. Nggak cuma dia, kita pun harus menghadirkan hal-hal sepele itu untuknya. Karena bagaimana pun juga, yang namanya menjalin hubungan tentu merupakan sebuah bentuk kerja sama antara kedua belah pihak. Apa aja lima hal sepele tersebut? Ini nih poinnya. 

1. Kehadiran yang seutuhnya

5 Hal Kecil dalam Hubungan yang Bisa Bermakna Besar, Bikin Langgeng!Freepik.com/Marymarkevich

Ketika memiliki waktu untuk dihabiskan berdua, kamu dan pasangan wajib untuk hadir secara seutuhnya. Terdengar sepele, namun nyatanya masih banyak yang mengabaikan hal satu ini. Bukan karena nggak tahu, tapi lebih karena menganggap bahwa kehadiran hanya berupa fisik. Padahal, kehadiran yang dimaksud nggak cuma sebatas itu aja.

Contohnya, memberikan perhatian penuh pada apa yang diucapkan pasangan saat dia bercerita menjadi salah satu bentuk kehadiran yang zaman sekarang mulai terasa langka. Yuk, belajar lebih banyak mendengarkan dan menyimak serta 'hadir' seutuhnya untuk pasangan agar dia merasa lebih dihargai. 

2. Kasih sayang yang nggak berkurang

5 Hal Kecil dalam Hubungan yang Bisa Bermakna Besar, Bikin Langgeng!Freepik.com/Prostooleh

Namanya menjalin hubungan, tentu cinta yang dirasa bisa naik turun nggak menentu. Ada kalanya kita begitu mencintai pasangan hingga tak ingin berpisah barang sedetik pun. Namun, di lain waktu kita begitu kesal dan merasa nggak punya perasaan apa-apa pada si dia. Masa pasang surut seperti ini wajar terjadi.

Namun, tugas kita adalah menjaga perasaan kasih sayang yang ada dalam hati. Sekesal atau sebenci apa pun dengan pasangan, ingatlah bahwa masih ada rasa kasih sayang yang membuat kita mampu bertahan.

3. Kepercayaan yang tak bersyarat

5 Hal Kecil dalam Hubungan yang Bisa Bermakna Besar, Bikin Langgeng!Freepik.com/Marymarkevich

Selanjutnya adalah adanya rasa percaya. Sebuah kepercayaan akan terasa sepele jika memang kita sudah saling percaya. Namun, menjaganya untuk selalu ada dalam hati kita adalah sebuah tantangan terutama jika hubungan yang dijalin harus berhadapan dengan berbagai cobaan dan godaan dari pihak lain.

Belum lagi jika salah satu pihak atau bahkan keduanya memiliki isu atau masalah sendiri terkait menaruh kepercayaan pada orang lain. Maka, sebuah kepercayaan bisa amat berarti harganya. 

4. Ketulusan yang tergambar melalui sikap

5 Hal Kecil dalam Hubungan yang Bisa Bermakna Besar, Bikin Langgeng!Freepik.com/Lookstudio

Ketulusan adalah menjadi hal lain yang bisa bermakna besar dalam sebuah hubungan. Meski nggak terlihat secara kasat mata, sebuah ketulusan bisa dirasakan dan tergambar melalui sikap. Berikanlah ketulusan kita yang sesungguhnya pada pasangan, maka dia pasti akan bisa merasakan hal tersebut.

5. Kesetiaan yang bertahan selamanya

5 Hal Kecil dalam Hubungan yang Bisa Bermakna Besar, Bikin Langgeng!Freepik.com/Marymarkevich

Bertahan dengan satu orang untuk waktu yang lama bukanlah hal yang mudah. Itu sebabnya dibutuhkan kesetiaan yang nggak hanya berupa janji belaka, tapi juga dibuktikan dengan sikap dan tindakan yang nyata. Menjaga jarak dengan lawan jenis, nggak bersikap berlebihan dengan siapa pun, dan hanya menata hati untuk pasangan adalah beberapa bentuk kesetiaan yang bisa dilakukan. 

Dengan memelihara lima hal sepele di atas, yakinlah rasa cinta di antara kalian bisa semakin terjaga. Seberat apa pun masalah yang nanti datang melanda, kalian akan bisa menghadapinya dengan tetap bergandengan tangan bersama. Menurut kalian, apa lagi hal sepele yang penting dalam hubungan?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Hal Kecil dalam Hubungan Percintaan yang Bisa Bermakna Besar"

Baca Juga: 10 Hal Soal Pahit-Manis dalam Percintaan yang Harus Kamu Terima

Baca Juga: 17 Tipe dalam Hubungan Percintaan, Mana yang Sesuai dengan Kisahmu?

Baca Juga: 7 Istilah dalam Bahasa Korea yang Bisa Gambarkan Situasi Percintaanmu