Ketika memiliki hubungan yang serius dengan pasangan, tentu kita juga harus menjalin hubungan baik dengan keluarganya begitu juga sebaliknya. Karena, keluarga pasangan nantinya akan menjadi bagian dari keluarga kita juga. Jika kamu gagal untuk dekat dengan keluarga pasangan terutama orangtuanya, bisa-bisa kelanjutan hubunganmu bisa gagal karena tidak mendapatkan restu.

Tak hanya soal restu, menjaga hubungan yang baik dengan keluarga pasangan juga dapat menumbuhkan ikatan kuat antara kamu dengan mereka, lho, bukan tak mungkin keluarganya juga akan menyayangimu dengan tulus seperti bagian dari keluarga mereka sendiri.

Nah, agar tercipta hubungan yang sehat dan baik dengan keluarga si dia, berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti agar proses pendekatan berjalan dengan lancar.

1. Menjadi seseorang yang tulus dan ramah

5 Tips Menjalin Hubungan Harmonis dengan Keluarga Pasanganhttps://www.pexels.com/@nicole-michalou

Kesan pertama adalah hal penting, begitu juga ketika bertemu dengan keluarga pasangan. Misalnya, ketika berkunjung ke rumah orangtuanya pastikan kamu memancarkan aura positif dan senantiasa sopan dan ramah.

Selain itu pastikan kamu benar-benar tulus ingin mengenal keluarga pasangan, posisikan orangtua dan saudaranya sebagai bagian dari keluargamu. Dengan begitu kamu bisa lebih mudah akrab dan mereka juga bisa dengan lebih mudah menerimamu.

2. Bacalah karakter keluarga pasangan

5 Tips Menjalin Hubungan Harmonis dengan Keluarga PasanganPexels.com/Cottonbro

Pertemuan pertama dan kedua jadikan sebagai saat yang tepat buatmu untuk mempelajari karakter keluarganya. Hal ini tentu akan membantumu dalam proses pendekatan, selain itu mengetahui karakter keluarga pasangan juga akan menghindarkanmu dari berbagai situasi atau perlakuan yang sekiranya tidak mereka suka.

Jika butuh bantuan, kamu tentu bisa meminta masukan dari pasangan tentang keluarganya dan mengetahui apa yang mereka sukai dan tidak.

3. Berikan perhatian yang tulus

5 Tips Menjalin Hubungan Harmonis dengan Keluarga PasanganCareconnectionsliveinplacement.com

Cobalah untuk memberikan perhatian tulus tanpa terkesan dibuat-buat. Tanyakan kabar keluarga pasangan terutama orangtuanya dan ajaklah untuk berbincang ringan sesekali. Perlahan, mereka akan membuka hati untukmu, jadilah juga pendengar yang baik ketika orangtuanya mengajakmu mengobrol.

Jika dia punya kakak atau adik, kamu juga bisa mengajak mereka berbincang ringan dan jadilah teman diskusi yang baik.

4. Sesekali berikan hadiah buatanmu

5 Tips Menjalin Hubungan Harmonis dengan Keluarga Pasanganfreepik.com/jcomp

Memberi keluarga pasangan hadiah personal tentu akan membuat kesan baik terhadapmu. Bahkan, ada juga kemungkinan mereka akan mengenangmu dengan baik.

Tak perlu mahal, kok, jika ingin berkesan kamu bisa memberi hadiah buatanmu seperti masakan atau rajutan dan pernak-pernik. Keluarga pasangan pasti akan menghargai niatmu yang tulus. Sebelumnya, kamu juga bisa berdiskusi dengan pasangan soal hadiah yang tepat, dia tentu akan senang mendengar inisiatifmu.

5. Menghabiskan waktu bersama keluarga pasangan

5 Tips Menjalin Hubungan Harmonis dengan Keluarga Pasanganfreepik.com/freepik

Jangan hanya menghabiskan quality time dengan pasangan, sesekali coba ajak keluarganya untuk jalan-jalan atau liburan. Dengan begitu kamu bisa lebih akrab dan mengenal mereka lebih jauh.

Diskusikan dengan pasangan soal ini dan tentukan destinasi yang tepat dan cocok untuk keluarga. Jika kamu sudah akrab dan sering jalan-jalan bareng mereka, kamu juga bisa membawa keluargamu juga lho. Seru banget, ya?

Dekat dengan keluarga pasangan juga akan menentukan keharmonisan hubunganmu dengan pasangan di masa yang akan datang. Jadi, jalinlah komunikasi yang baik dengan mereka dan posisikan diri sebagai bagian dari anggota keluarga. Sayangi mereka dengan tulus, ya, Bela, semoga berhasil.

Baca Juga: Jarang Disadari, Inilah 7 Dosa Orangtua Terhadap Anak

Baca Juga: Ternyata, Ini Cara Orangtua Pasangan Pengaruhi Hubunganmu

Baca Juga: Ini 6 Cara Menghadapi Keluarga Pasangan yang Tak Menyukaimu