Mengenal seseorang tentu membutuhkan waktu yang lama, tapi bukan berarti kamu tidak bisa mendeteksi ‘potensi buruk’ dari orang-orang yang ada di sekitarmu.

Begitu juga ketika memilih pasangan. Memang, kamu tidak akan langsung melangkah ke jenjang ‘serius’ seperti pernikahan begitu berkencan dengan seseorang. Tapi, tak ada salahnya untuk menajamkan intuisi serta lebih berhati-hati mempelajari karakter mereka yang mungkin akan memberikan efek negatif padamu.

Nah, tipe laki-laki seperti apa saja yang wajib kamu hindari, karena berpotensi menjadi pacar yang buruk? Berikut ini ulasan lengkapnya!

1. Tipe orang yang ‘narsis’

5 Tipe Lelaki yang Berpotensi Jadi Pacar yang Burukhttps://www.menshealth.com/

Narsis bukan berarti dia fotogenik dan suka bergaya di hadapan kamera, ya. Arti narsis di sini merupakan sebuah kepribadian di mana seseorang menganggap dirinya begitu penting dan wajib dikagumi.

Biasanya seseorang yang ‘narsis’ cenderung arogan dan suka menyuruh-nyuruh serta selalu membanggakan diri secara berlebihan. Seseorang seperti ini tentu tidak direkomendasikan sebagai pasangan walaupun hanya untuk jadi teman kencan.

Mengapa? Jelas kamu akan lelah dan bosan dengan orang yang terus mementingkan dirinya di atas segalanya. Hubungan yang sehat tentu melibatkan timbal balik dan saling menghargai, dan itu tidaklah berlaku untuk seseorang dengan tipe seperti ini.

2. Tipe yang pesimis

5 Tipe Lelaki yang Berpotensi Jadi Pacar yang BurukPexels.com/Kay Jayne

Pernah bertemu dengan seseorang yang memiliki kesan ‘kelabu’ dan selalu beranggapan negatif tentang sesuatu?

Negatif di sini merupakan sebuah pemikiran bahwa sebuah kondisi akan selalu berakhir sesuai dengan apa yang dia pikir buruk. Pesimis jelas menjadi salah satu sifat yang kurang baik dan menciptakan aura negatif pula ke sekitarnya.

Berkencan dengan seseorang seperti ini akan membuatmu sulit berkembang, dan lebih buruknya lagi sifat pesimisnya juga akan menular padamu, sehingga kamu rentan merasa putus asa dan selalu berpikir buruk akan sesuatu.

3. Tipe orang yang sulit mengapresiasimu

5 Tipe Lelaki yang Berpotensi Jadi Pacar yang BurukPexels.com/Ron Lach

Saling menghargai dan mengapresiasi orang lain merupakan perilaku terpuji dan tentunya dapat membangun hubungan baik dengan sesama. Sifat ini juga akan membuat sebuah hubungan romantis kian erat, karena pasangan yang mampu mengapresiasi kekasihnya jelas menandakan bahwa dia merupakan seseorang yang toleran dan mampu melihat kelebihan orang lain.

Tapi jika orang yang kamu kencani sulit mengapresiasimu, bahkan cenderung menganggap apa yang kamu lakukan adalah hal yang remeh, tentu ini perlahan akan membuatmu sakit hati dan lelah.

Kamu merasa tidak berharga dan tidak mampu menunjukkan yang terbaik. Pelan-pelan ini akan memengaruhimu dan membuatmu selalu berpikiran buruk tentang diri sendiri.

4. Tipe yang menganggapmu sebagai ‘saingan’

5 Tipe Lelaki yang Berpotensi Jadi Pacar yang Burukpexels.com/rawpixel.com

Ketika seseorang menganggapmu sebagai ‘rival’ bahkan jika dia adalah kekasihnya sendiri tentu bukanlah pertanda yang baik. Persaingan yang dimaksud pun bukan dalam artian yang baik, dia malah sering menjatuhkanmu dan membuatmu tidak percaya diri akan kemampuanmu.

Bahkan, dia pun iri dengan segala pencapaianmu dan tidak ingin mengakui bahwa kamu mampu. Memang ada, ya, tipe seseorang seperti itu?

Tentu ada, dan kamu tidak boleh berkencan dengan seseorang seperti ini. Rasa iri tentu akan memengaruhi hubungan yang seharusnya saling mendukung. Bersaing sehat tentu bagus, tapi jika yang terjadi justru sebaliknya, sebaiknya kamu pikir-pikir lagi, deh.

5. Tipe yang manipulatif

5 Tipe Lelaki yang Berpotensi Jadi Pacar yang Burukfreepik.com/ senivpetro

Pintar bermain kata dan memutarbalikan fakta sehingga kamu mudah percaya dengan ucapannya adalah salah satu ciri orang yang manipulatif.

Tipe orang seperti ini juga mampu menghalalkan segala cara untuk memperoleh keuntungan pribadi termasuk dalam sebuah hubungan percintaan. Sifat manipulatif juga dinilai sebagai salah satu red flags dalam sebuah hubungan, karena tentu kamu akan banyak dirugikan oleh tipe orang seperti ini.

Dia akan mengambil kendali penuh atas dirimu, menghujanimu dengan perasaan bersalah, membuatmu merasa bertanggung jawab atas kekurangannya, dan masih banyak lagi. Seseorang yang manipulatif jelas harus kamu hindari, tidak hanya memberikan pengaruh buruk untuk psikologismu tapi juga bisa menjauhkanmu dari orang-orang yang kamu sayang.

Itulah beberapa tipe orang yang jangan sampai kamu jadikan sebagai pasangan. Semoga kamu bisa segera menemukan pasangan hidup yang tak hanya memiliki sifat yang positif, namun juga mampu mendukungmu dan melengkapimu.

Baca Juga: Urutan 12 Zodiak dari yang Paling Polos Sampai Manipulatif

Baca Juga: 11 Kalimat Gaslighting yang Bisa Memanipulasi Dirimu

Baca Juga: Ini 7 Tipe Orang Narsistik, Ada yang Pernah Jadi Pacarmu?