Cinta itu buta, begitu juga soal usia. Ada banyak pasangan dengan rentang usia yang cukup jauh dan tetap bisa menjalani hubungan dengan penuh kebahagiaan.

Rupanya, kisah cinta beda usia juga masuk ke dalam kategori film romantis yang cukup banyak digemari, lho. Bagaimana tidak, kisah cinta satu ini sering kali menuai pro dan kontra serta konflik seru yang membuat penonton hanyut dalam jalan ceritanya.

Berikut ini beberapa rekomendasi film cinta beda usia yang romantis dan pastinya mampu membuat penontonnya baper!

1. Lost in translation (2003)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantisempireonline.com

Rekomendasi film cinta beda usia yang romantis pertama adalah Lost In Translation yang diperankan oleh Scarlett Johansson dan Bill Murray. Bagi kamu yang ingin mendalami makna refleksi diri dalam hubungan serta quarter life crisis maka film satu ini bisa jadi pilihan yang tepat, lho. Selain cerita yang apik, akting keduanya juga patut diacungi jempol. Film ini juga meraih berbagai penghargaan bergengsi, salah satunya untuk Best Original Screenplay di perhelatan Oscar tahun 2004.

2. Fish tank (2009)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantisslashfilm.com

Bagi kamu yang suka dengan film romantis yang sedikit ‘complicated’, maka Fish Tank bisa banget jadi rekomendasi tontonan di akhir pekan. Film ini mengisahkan tentang Mia (Katie Jarvis), seorang remaja pemberontak yang diabaikan sang Ibu, Joanne (Kierston Wareing). Kisah Mia kian rumit ketika dia jatuh cinta dengan pacar ibunya sendiri, yakni Connor (Michael Fassbender).

3. The little comedian (2010)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantisimdb.com

The Little Comedian bisa dibilang punya alur kisah yang cukup sukses bikin geleng-geleng kepala, pasalnya film satu ini mengisahkan tentang Tok (Chawinroj Likitcharoensakul) remaja berusia 12 tahun yang jatuh hati dengan seorang dokter berusia 24 tahun bernama Preeya Wanlertsin (Paula Taylor). Lahir di keluarga komedian namun tidak bisa melucu, membuat Tok sedih. Tapi kesedihannya hilang karena sang dokter menyukai leluconnya dan menganggapnya lucu.

4. Water for elephants (2011)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang RomantisScreendaily.com

Buat kamu yang nge-fans dengan aktor tampan Robert Pattinson maka Water for Elephants merupakan film yang wajib untuk ditonton. Dengan setting tahun 1931, film ini bercerita tentang Jacob (Robert Pattinson), seorang dokter hewan yang jatuh cinta dengan Marlena (Reese Witherspoon). Sayangnya, Marlena yang lebih tua darinya sudah memiliki suami dan suaminya itu adalah bos Jacob.

5. Fabulous 30 (2011)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantismydramalist.com

Ja (Pachrapa Chaichua), seorang wanita cantik yang punya segalanya. Karier yang sukses, gaya hidup yang menyenangkan, dan seorang pasangan tampan. Di ulang tahunnya yang ke-30, Ja harus menerima kenyataan kalau kehidupannya berubah ketika sang kekasih minta break. Sekarang, Ja kembali single di usia 30an, hingga Por (Phuphoom Pongpanu) yang usianya lebih muda 7 tahun darinya, masuk ke dalam kehidupan Ja.

6. First kiss (2012)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantisimdb.com

Bagi kamu yang suka dengan kisah cinta yang penuh lika-liku dan seru maka First Kiss bisa banget jadi pilihan tontonan di kala senggang. Berkisah tentang Chanisa seorang wanita karir yang tidak bisa move on dari cinta pertamanya. Tak disangka, pertemuan tak sengaja dengan pemuda yang masih duduk di bangku sekolah justru membuatnya jatuh cinta kembali. Film ini menyuguhkan banyak analogi cinta yang mencuri perhatian penonton. Seru banget!

7. Seven something (2012)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantisimdb.com

Seven Something merupakan film yang menceritakan tiga kisah cinta di pasangan dengan perbedaan usia kelipatan tujuh. Salah satu yang menarik adalah pasangan She (Suquan Bulakul) dan He (Nickhun Horvejkul) yang merasakan cinta kembali di usia 42 tahun. Perbedaan usia antar pasangan menyadarkan kita akan perbedaan pola pikir dalam hubungan percintaan. Film ini benar-benar seru untuk ditonton.

8. Kinkyori Renai (2014)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantisimdb.com

Bukan hanya film Barat atau Thailand, dunia perfilman Jepang juga punya rekomendasi tontonan yang bertema cinta beda usia, lho. Salah satunya adalah Kinkyori Renai yang menceritakan tentang Yuni Kururugi (Nana Komatsu) si siswi pendiam yang lemah di pelajaran bahasa inggris. Nilai rendah Yuni membuat Haruka Sakurai (Tomohisha Yamashita), sang guru memberinya pelajaran tambahan. Kisah cinta manis antara mereka berdua pun dimulai dari sini.

9. Magic in the moonlight (2014)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantistheguardian.com

Jika kamu suka dengan film bergenre komedi romantis maka Magic In The Moonlight wajib banget untuk ditonton. Film ini menceritakan tentang pesulap bernama Stanley (Colin Firth) yang mendatangi gadis bernama Sophie (Emma Stone). Stanley yang menganggap Sophie seorang penipu karena bisa berbicara dengan orang yang sudah meninggal dan bisa membaca masa lalu rupanya datang untuk melaporkan Sophie. Alih-alih terus membenci, benih-benih cinta rupanya mulai tumbuh diantara mereka berdua.

10. Hirunaka No Ryuusei (2017)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantisnetflix.com

Masih dengan kisah cinta antara guru dengan murid, Hirunaka No Ryuusei menceritakan tentang Suzume Yosano (Mei Nagano) yang pindah ke Tokyo untuk tinggal dengan sang paman. Kesulitan mencari alamat pamannya, Suzume dibantu oleh pria tampan bernama Satsuki Shishio (Shohei Miura). Rupanya, Shishio adalah guru yang mengajar di sekolah Suzume. 

11. Sensei! (2017)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantisaramajapan.com

Suka dengan kisah cinta guru dengan murid? Ada lagi film romantis asal Jepang yang wajib kamu tonton yaitu Sensei. Film ini mengisahkan tentang Kosaku Ito (Toma Ikuta) yang mengajar sejarah di SMA yang jatuh cinta dengan Hibiki Shimada (Suzu Hirose) yang tak lain adalah muridnya. Kosaku yang seorang guru tentu merasa dilema karena kesulitan untuk mengungkapkan perasaannya kepada muridnya sendiri.

12. Arini (2018)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantisimdb.com

Rekomendasi film yang mengangkat kisah cinta beda usia yang romantis dari Tanah Air juga ada, salah satunya adalah Arini. Perjuangan untuk cinta yang terpaut usia 15 tahun ini fokus pada kisah wanita cantik bernama Arini (Aura Kasih) yang di usianya justru sibuk dengan karier dan pendidikannya di Jerman. Di sana jugalah Arini berjumpa dengan mahasiswa asal Indonesia bernama Nick (Morgan Oey). Nick yang terpesona dengan Arini langsung jatuh cinta, namun ternyata Arini membalasnya dengan cukup dingin.

13. Sensei kunshu (2018)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantismydramalist.com

Rekomendasi film cinta beda usia yang terakhir adalah Sensei Kunshu. Film ini mengisahkan tentang seorang gadis bernama Samaru Ayuha (Hamabe Minami) yang selalu ditolak cintanya karena terlalu bersemangat. Siapa sangka, saat makan di restoran dia justru bertemu dengan pria tampan bernama Hiromitsu Yoshitaka (Takeuchi Ryoma) yang membayar makanannya karena Samaru kekurangan uang. Langsung jatuh cinta dengan pria tersebut, Samaru tak menyangka bahwa Yoshitaka adalah guru baru bahkan menjadi wali kelasnya di sekolah!

14. I Love You, Om (2006)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantiswiwienwintarto.blogspot.com

I Love You, Om merupakan film yang cukup sukses membuat dunia perfilman gempar pada masanya. Film ini berkisah tentang Dion (Rachel Amanda) seorang remaja yang jatuh cinta dengan pria yang jauh lebih tua, yaitu Gaza (Restu Sinaga) yang bekerja di tempat laundry langganan ibunya. Kisah cinta yang penuh dilema ini benar-benar menguras emosi penonton.

15. Film Stars Don't Die in Liverpool (2017)

15 Rekomendasi Film Cinta Beda Usia yang Romantisimdb.com

Film Stars Don't Die In Liverpool mengisahkan seorang aktris Hollywood bernama Gloria Grahame (Annette Bening) yang menjalani sisa hidupnya di Liverpool setelah divonis menderita kanker payudara. Di sini Gloria ditemani seorang pria yang jauh lebih muda darinya, yaitu Peter Turner (Jamie Bells). 

Itulah 15 rekomendasi film cinta beda usia yang romantis dan seru untuk ditonton di kala senggang. Apakah ada film yang sudah kamu tonton? Atau film-film di atas menjadi wishlist kamu untuk ditonton akhir pekan ini?

Baca Juga: Terlalu Vulgar, 6 Film Dewasa Ini Dilarang Tayang di Indonesia

Baca Juga: 18 Film Barat Tentang Perselingkuhan yang Mendebarkan

Baca Juga: 13 Rekomendasi Film Tentang Toxic Relationship