Apa pendapatmu soal kesehatan mental? Meski topik ini cukup ramai diperbincangkan di berbagai media, tetap saja mental health awareness belum setinggi yang diharapkan. Masih banyak orang yang tidak menganggap kesehatan mental sebagai hal penting, padahal jika mental terganggu tentu akan mempengaruhi kehidupan sehari-hari.

Salah satunya adalah gangguan kepribadian. Ya, personality disorder jelas nyata adanya, bahkan bisa jadi kita tidak sadar memiliki salah satu dari gangguan tersebut. Sama seperti penyakit yang menyerang mental lainnya, personality disorder sangat mengganggu aktivitas sehari-hari termasuk dalam hal asmara.

Benar, jika gangguan kepribadian tidak terdeteksi apalagi belum pernah terdiagnosa secara medis bukan tidak mungkin membuat kondisi penderita kian parah hingga mengganggu kehidupan pribadinya. Apa saja tipe personality disorder yang berpotensi mengganggu hubungan asmara? Simak berikut ini.

1. Paranoid Personality Disorder

6 Gangguan Kepribadian Ini Ternyata Bisa Mengganggu Hubungan Asmaraunsplash.com/KingaCichewicz

Sesuai dengan namanya, Paranoid Personality Disorder adalah gangguan kepribadian ketika penderitanya merasa, bahkan yakin, bahwa ada sesuatu atau orang lain yang mengancam keselamatannya.

Penderita gangguan kepribadian ini cenderung sulit mempercayai orang lain, bahkan teman sekalipun. Mereka memiliki sebuah anggapan bahwa orang di sekeliling mereka bisa menyakiti, mengkhianati, dan melakukan hal buruk terhadap mereka.

Ketakutan berlebih tentu akan mempengaruhi hubungan asmaramu. Ketidakpercayaan terhadap pasangan bahkan ketakutan akan pengkhianatan yang berlebih akan membuatmu menjadi pribadi yang mudah curiga dan cemas bahkan tidak segan menuduh pasanganmu secara liar.

2. Schizoid Personality Disorder

6 Gangguan Kepribadian Ini Ternyata Bisa Mengganggu Hubungan AsmaraPexels.com/Dương Nhân

Selanjutnya ada Schizoid Personality Disorder. Gangguan kepribadian ini membuat penderitanya menghindari interaksi dengan orang lain dan cenderung kesulitan dalam menunjukkan atau merasakan emosi.

Biasanya penderitanya menyukai kesendirian serta dingin terhadap orang lain, bahkan yang cenderung dekat sekalipun. Mereka tidak tertarik dengan keintiman atau ikatan emosional dengan orang lain.

Hubungan asmara juga dipercaya dapat merenggut kebahagiaan dan kebebasan mereka. Menjalin ikatan dengan seseorang bisa menjadi sulit untuk penderita gangguan kepribadian ini, tapi bukan berarti tak mungkin.

3. Antisocial Personality Disorder

6 Gangguan Kepribadian Ini Ternyata Bisa Mengganggu Hubungan AsmaraPexels.com/Edmond Dantès

Kesulitan mengerti tindakan yang salah dan benar serta kesulitan dalam berempati adalah ciri utama dari Antisocial Personality Disorder. Penderita gangguan kepribadian ini biasanya senang menempatkan diri mereka pada situasi berisiko atau berbahaya tak hanya bagi mereka namun juga orang lain.

Mereka tak segan melakukan segala cara demi mendapatkan apapun yang diinginkan meski mengganggu orang lain. Tentu saja, gangguan kepribadian ini bisa sangat mempengaruhi kehidupan sosial terutama asmara.

Karena empati dan saling mengerti menjadi salah satu hal penting dalam kehidupan percintaan yang tidak bisa dimiliki dan dirasakan oleh penderita gangguan kepribadian ini.

4. Borderline Personality Disorder

6 Gangguan Kepribadian Ini Ternyata Bisa Mengganggu Hubungan AsmaraPexels.com/Tima Miroshnichenko

Borderline Personality Disorder cenderung memiliki mood dan perilaku yang tidak stabil. Ini jugalah yang membuat mereka sedikit kesulitan dalam menjalin hubungan dengan orang lain karena sifat impulsif mereka.

Emosi yang kerap berubah dengan cepat membuat penderita kesulitan memiliki hubungan asmara yang langgeng. Tak jarang juga penderita Borderline Personality Disorder sering kali terlalu emosional dan ‘dramatis’, sehingga pasangan mereka akan merasa lelah dengan perubahan mood yang terlalu drastis.

5. Narcissistic Personality Disorder

6 Gangguan Kepribadian Ini Ternyata Bisa Mengganggu Hubungan AsmaraRODNAE Productions/Pexels

Sesuai dengan namanya, penderita gangguan kepribadian ini sangatlah ‘narsis’ dan menganggap diri mereka begitu penting. Mereka yang memiliki gangguan kepribadian ini kerap mencari perhatian dan ingin mendominasi percakapan.

Selain itu mereka juga kerap memandang rendah orang lain serta mudah marah dan tidak sabaran. Penderitanya juga sering merasa lebih baik dari semua orang dan mudah kecewa jika tidak diperhatikan orang lain.

Ya, dalam hubungan asmara pun mereka selalu mendominasi sehingga membuat pasangan mereka lelah dan mengakhiri hubungan.

6. Dependent Personality Disorder

6 Gangguan Kepribadian Ini Ternyata Bisa Mengganggu Hubungan AsmaraPexels.com/Ron Lach

Terakhir ada Dependent Personality Disorder. Sesuai pula dengan namanya, penderita memiliki kesulitan dalam mengambil keputusan serta selalu mengandalkan orang lain dalam segala hal.

Mereka akan selalu membutuhkan bimbingan serta bantuan, serta terlalu bergantung dengan orang lain. Penderitanya juga memiliki rasa percaya diri yang rendah dan menganggap semua orang lebih baik darinya.

Gangguan kepribadian ini dapat mengganggu mereka dalam hubungan asmara, karena tak jarang penderita dianggap sebagai beban bagi pasangannya.

Itulah beberapa gangguan kepribadian yang jika tidak ditangani dengan baik dapat mempengaruhi kehidupan asmara seseorang. Semoga artikel ini memberi pengetahuan bahwa kesehatan mental itu sangatlah penting.

Baca Juga: 10 Cara Mengetahui Apakah Hubungan Asmaramu Berjalan Terlalu Cepat

Baca Juga: 5 Hal yang Bikin Kamu Nggak Realistis Menjalani Hubungan

Baca Juga: 5 Cara Keluar dari Hubungan Tanpa Status yang Sangat Melelahkan