Memang seharusnya ketika seseorang putus cinta, mereka nggak menutup pintu hatinya begitu saja. Melainkan, memberi peluang kepada orang lain untuk mengobati hatinya yang terluka dan mengisinya dengan kenangan-kenangan yang baru. Untuk bisa melakukan itu memang bukan suatu hal yang mudah. Tapi bagi sebagian orang, mereka mampu untuk move on dalam waktu yang sebentar, bahkan sudah memiliki penggantinya.

Menemukan pengganti ketika baru putus dalam waktu yang cepat nggak selalu baik pada akhirnya. Bahkan kebanyakan orang melakukan beberapa kesalahan ketika baru berkencan dengan seseorang. Dan ketika seseorang tersebut sudah melakukan kesalahan, mereka nggak tahu bagaimana cara untuk memperbaikinya. Kesalahan seperti apa sih yang biasa dilakukan orang ketika baru berkencan? Lalu, bagaimana cara seseorang itu memperbaikinya? Dilansir dari Bustle, ada 5 kesalahan yang biasa dilakukan seseorang ketika baru berkencan dan cara memperbaikinya. 

5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Baru Berkencan dan Cara Memperbaikinya

Ketika rasa ingin memiliki seseorang itu mulai timbul dalam hati, pada umumnya kita akan mengejarnya untuk dapat memiliki orang tersebut. Namun, banyak juga orang yang melakukan kesalahan dalam mengejar seseorang, yaitu dengan mengejarnya terlalu kuat, sehingga orang yang kita kejar malah menjauh bukannya mendekat. Tapi, jangan juga mengejarnya terlalu santai, Bela, karena bisa saja kamu dianggap nggak serius. 

Jadi untuk menghindari kesalahan ini, yang kamu perlukan sebenarnya hanyalah kepekaan. Kamu harus peka apakah dia nyaman atau nggak kamu kejar dengan cara seperti itu. Jika memang dia nggak nyaman, kamu perlu mencari cara lain. Atau bisa saja kamu menanyakan langsung kepadanya apakah dia nyaman atau nggak, apakah sebenarnya dia ingin berkencan denganmu atau nggak, dan pertanyaan lainnya yang bisa kamu ajukan pada pasanganmu. 

5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Baru Berkencan dan Cara Memperbaikinya

Alangkah baiknya ketika kita berkencan dengan seseorang memang menceritakan segala sesuatunya dengan jujur, agar nggak ada yang kita tutup-tutupi dari pasangan kita. Namun, nggak perlu juga menceritakan tentang rahasia terdalam, baik yang ada dalam diri maupun keluarga kita.  

Maka, untuk dapat menghindari kesalahan ini, yang perlu kalian lakukan hanyalah bersikap bijak, mempertimbangkan hal apa saja yang seharusnya dan nggak seharusnya kalian ceritakan. Tetapi, jika kalian sudah terlanjur menceritakan rahasia terbesar kalian, katakanlah bahwa kalian sangat merasa takut jikalau rahasia itu tersebar, maka dari situ kalian bisa melihat dengan jelas apakah pasangan kalian mengerti dan dapat menjaga rahasia itu atau nggak.  

5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Baru Berkencan dan Cara Memperbaikinya

Wajar memang ketika seseorang baru berkencan, mereka ingin menunjukkan kepada teman-temannya, bahkan kepada seluruh dunia kalau sudah memiliki pasangan, baik itu mengunggahnya di Instagram, Facebook, Snapchat ataupun media sosial lainnya, untuk membuat iri teman-temannya. Apakah kamu tahu kalau hal ini merupakan kesalahan yang paling sering dilakukan oleh pasangan yang baru berkencan?  

Agar terhindar dari kesalahan yang satu ini, kamu hanya perlu mengunggah foto tersebut pada momen tertentu saja, seperti misalkan saat salah satu dari kalian ulang tahun, saat anniversary, berlibur bersama, yang dengan kata lain jangan terlalu sering untuk mengunggahnya. Bila ada salah satu di antara kamu yang sudah telanjur sering mengunggah foto bersama pasangan, maka mulai sekarang diusahakan untuk mengunggah foto dengan jarang-jarang dan saat-saat tertentu saja. 

5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Baru Berkencan dan Cara Memperbaikinya

Nggak ada salahnya ketika kita rasa peduli dan ingin membantu pasangan itu timbul dalam hati seseorang. Tapi jangan terlalu membantunya dengan berlebihan, bahkan mengorbankan segala sesuatunya yang kalian punya demi pasangan kencan yang baru.  

Jadi, sebelum kalian berkorban, pikirkan terlebih dahulu, apakah kalian terus-menerus yang berkorban atau nggak. Jika memang kalian terus-menerus yang melakukan pengorbanan dan pasangan kalian hanya menerima saja, lebih baik pikirkan ulang tentang hubungan kalian tersebut. Tetapi jika antara keduanya memang saling memberikan pengorbanan, itu lebih baik, karena antara kalian dengan pasangan sedang menciptakan suatu hubungan yang seimbang.  

5 Kesalahan yang Dilakukan Saat Baru Berkencan dan Cara Memperbaikinya

Kesalahan lainnya yang mungkin pernah dilakukan ketika ada seseorang yang mendekati kalian adalah timbulnya perasaan nggak aman. Sehingga membuat kalian terus-menerus menjauhi seseorang yang mendekati kalian itu, bahkan membatasi diri kalian untuk nggak dengan siapa pun melakukan hal yang nggak pantas diterima oleh orang tersebut. 

Salah satu cara untuk menghindari kesalahan ini adalah dengan jujur pada diri sendiri bahwa kalian menjauhi orang itu bukan karena mereka melakukan kesalahan kepada kalian. Melainkan tersakitinya kalian pada hubungan yang sebelumnya, sehingga sakit itu membekas dan membuat kalian benar-benar membatasi diri untuk nggak menjalin hubungan dengan siapa pun. Jika memang iya, cobalah untuk nggak menilai semua orang itu sama. Mulailah buka hati dan jangan membatasi diri kalian.

Jadi, kalau saat ini kamu baru mulai berkencan, hindari kesalahan-kesalahan di atas ya agar kalian berdua tetap nyaman menjalin hubungannya. Tapi, kalau di antara kamu sudah ada yang melakukan, minimal satu kesalahan di atas, jangan lupa untuk diperbaiki dan jangan mengulang kesalahan yang sama. 

Penulis: Agnes Innike

Baca Juga: Pengalaman Cewek Ini Ingatkan Kita untuk Waspada Saat Kencan Pertama