Bela, kamu pasti tahu dong kalau hidup ini nggak selalu berjalan dengan mulus? Begitu juga dengan hubungan percintaan, pastinya akan selalu ada masalah-masalah yang menerpa dalam hubungan yang kalian jalani, baik itu masalah kecil maupun masalah besar. Entah dapat kalian selesaikan dalam waktu singkat atau malah membuat kalian menjadi bertengkar hebat dengan pasangan. Dan jika kalian masih mencintai satu sama lain, tentunya kalian nggak ingin pertengkaran tersebut membuat hubungan yang kalian jalani berakhir begitu saja, bukan?

Meskipun setelah bertengkar, beberapa orang berhasil untuk tetap mempertahankan hubungannya. Namun pada kenyataanya, masih ada saja hubungan yang berakhir akibat pertengkaran yang terjadi. Nah, untuk kalian yang mungkin sering bertengkar dan ingin melanjutkan hubungan tersebut, tetapi nggak tahu bagaimana caranya, ini ada 5 hal yang harus kalian hindari ketika sedang bertengkar yang sudah dilansir dari Sweety High supaya hubungan kalian tetap langgeng. 

5 Kebiasaan Ini Diabaikan Pasangan yang Hubungannya Selalu Harmonis

Semua orang nggak ada yang sempurna dan pastinya dalam diri masing-masing orang, akan selalu ada hal negatif walaupun hanya satu. Sebelum kamu mencoba untuk mengubah hal negatif dari pasanganmu, terlebih dahulu kamu harus tahu apa hal negatif yang ada dalam diri kamu. Contohnya, kamu nggak suka jika pasangan kamu adalah orang yang cemburuan, maka sebelum kamu menyuruhnya untuk berubah, kalian perlu berpikir apakah kamu orang yang cemburuan juga atau nggak.

5 Kebiasaan Ini Diabaikan Pasangan yang Hubungannya Selalu Harmonis

Banyak dari kita yang ingin terlihat benar dan akibatnya kita sering mengabaikan pendapat dari pasangan kita. Setiap orang punya pemikiran masing-masing, bahkan suami istri sudah menjadi satu sekalipun memiliki pendapat yang berbeda. Jadi cobalah untuk menghargai setiap pendapat yang diberikan oleh pasangan kamu dan hindarilah perasaan ingin dibenarkan.

5 Kebiasaan Ini Diabaikan Pasangan yang Hubungannya Selalu Harmonis

Masalah yang terjadi antara kamu dengan pasangan pastinya nggak hanya sekali kan, Bela? Nah, jika kalian bertengkar untuk masalah yang kesekian kalinya, cukup selesaikan masalah pada saat itu juga. Jangan ungkit masalah yang sudah terjadi di masa lalu. Kalau memang masalah yang ada di masa lalu itu belum terselesaikan, coba untuk menyelesaikannya agar di kemudian hari kalian hanya perlu menyelesaikan yang terjadi pada saat itu juga.

5 Kebiasaan Ini Diabaikan Pasangan yang Hubungannya Selalu Harmonis

Untuk menyelesaikan pertengkaran, bukan berarti kalian berbohong pada diri sendiri. Cobalah jujur kepada pasangan kalian atas apa yang sedang kalian rasakan. Jujur akan membantu kalian supaya nggak dendam yang dapat berakibat masalah yang terjadi hari ini akan dibawa pada kemudian harinya.

5 Kebiasaan Ini Diabaikan Pasangan yang Hubungannya Selalu Harmonis

Terkadang, pertengkaran yang terjadi membuat kita nggak bersyukur atas apa yang kita miliki dan iri dengan apa yang menjadi milik orang lain. Ketika kalian bertengkar, ingatlah bahwa semua itu hanya ada kalian berdua, kamu dan pasanganmu. Jangan pernah membawa orang lain dalam pertengkaranmu, seperti mengatakan “ternyata kamu nggak kayak pacarnya teman aku yang pengertian.” 

Setiap pasangan punya cara tersendiri dalam menjaga hubungan mereka. Namun, 5 kebiasaan di atas merupakan hal yang wajib dihindari jika kamu dan dia bukanlah tipe pasangan yang menyukai drama dalam hubungan. Yuk, dicoba mulai sekarang, Bela!

Penulis: Agnes Innike

Baca Juga: Pacaran dengan Bule? 5 Tips agar Hubungan Berjalan Langgeng