Berpasangan bukan berarti selalu memiliki pandangan yang sama pada apapun, Bela. Perbedaan pendapat kerap kali menjadi bumbu-bumbu hubungan, mulai dari perbedaan selera makanan, pilihan film yang ditonton saat kencan, atau bahkan hal yang serius seperti politik. Tahun politik sudah ada di depan mata. Menurut Kathy McCoy yang merupakan penulis serta psikoterapis, ada beberapa hal yang harus dipersiapkan nih sebelum kamu ribut-ribut soal politik dengan pasangan.

5 Pertimbangan Ketika Berbeda Pandangan Politik dengan Pasangan

Setuju untuk nggak setuju menjadi salah satu cara untuk menyelamatkan hubungan. Kamu dan pasanganmu harus sama-sama berkompromi terhadap pilihan masing-masing. Jadi, jangan sampai deh memaksa pasangan untuk menyetujui pilihanmu. Meski mungkin terkesan menyebalkan, rasanya justru perbedaan itu yang bikin hubungan kalian nggak membosankan, kan?

5 Pertimbangan Ketika Berbeda Pandangan Politik dengan Pasangan

Hargai pendapat pasanganmu meski mungkin kedengarannya aneh dan nggak masuk akal. Jangan sampai kalian ribut-ribut nggak jelas sampai akhirnya berpisah karena prinsip politik kalian.

5 Pertimbangan Ketika Berbeda Pandangan Politik dengan Pasangan

Terkadang nih Bela, memilih untuk diam dan nggak meneruskan debat tentang isu yang memecah-belah kalian justru bagus, lho. Memang sih beberapa masalah nggak bisa diselesaikan dengan diam saja. Tapi, kalau masalahnya bisa sampai mengganggu hubungan kalian, baiknya disimpan dulu deh ego masing-masing dan diam.

5 Pertimbangan Ketika Berbeda Pandangan Politik dengan Pasangan

Kalau salah satu dari kalian sudah mulai merasa gusar dan menunjukkan gestur tubuh dan mimik muka yang nggak nyaman, baiknya segera ajak pasangan kalian bercanda, Bela. Mungkin, argumen yang kalian keluarkan tentang perbedaan politik ini sudah mulai keluar jalur dan melukai perasaannya. Jadi berhati-hatilah dan lebih peka dengan reaksi pasangan ketika berdiskusi.

5 Pertimbangan Ketika Berbeda Pandangan Politik dengan Pasangan

Perbedaan pandangan politik kalian mungkin menjadi salah satu hal yang menyebalkan. Tapi, ingat-ingat deh, selain itu ada banyak banget alasan kalian saling menyayangi dan saling mempertahankan hingga sekarang. Coba pikirkan kualitas hubungan kalian selama ini, obrolan-obrolan manis kalian, dan pengalaman hidup yang saling dibagi untuk membentuk kalian menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Politik memang terkadang bikin otak dan hati panas ya, Bela. Tapi musti diingat juga kalau itu bukan satu-satunya hal penting yang telah kamu dan pasanganmu bagi.

Penulis: Tyas Hanina

Baca Juga: Berdebat dengan Pasangan? 5 Trik Mencegah Munculnya Drama