Nggak banyak pasangan yang mampu tetap bersama selama lebih dari 20 tahun, tapi bagi mereka yang berhasil menjaga hubungan dalam jangka panjang, ternyata punya romantisme yang sama dengan mereka yang baru jatuh cinta! Kenapa bisa begitu? Ternyata cinta tanpa publisitas dan jauh dari hingar-bingar adalah jawaban untuk awetnya hubungan bahagia.

Kita percaya bahwa menjadi pasangan bahagia membutuhkan banyak usaha dan cinta tanpa publisitas sebenarnya adalah jenis cinta paling layak dijalani.

1. Tak sama dengan hubungan stagnan dan membosankan

5 Alasan Hubungan Cinta Tanpa Publisitas Tetap Layak untuk DijalaniUnsplash.com/Edward Cisneros

Hubungan yang jauh dari publisitas bisa jadi bebas dari elemen negatif, seperti kecemburuan dan kekhawatiran. Namun, hal itu bukan berarti perkembangan sebagai pasangan berhenti atau tak ada emosi-emosi di dalamnya, dan bukan juga sebuah stagnasi.

Tanpa publisitas, kamu masih bisa merasakan getaran asmara, perasaan tenteram dan nyaman. Selain itu, kamu tapi tetap bisa merasakan fase baru dalam hidup, tetap tumbuh sebagai pribadi maupun sebagai pasangan, dan tetap saling mendukung satu sama lain.

2. Merupakan lingkungan yang sehat

Pasangan dengan hubungan yang awet ternyata punya kedekatan romantis yang sama seperti pasangan baru! Hubungan tanpa publisitas hampir selalu awet karena pasangan belajar untuk tak melampaui batas masing-masing, nggak lepas emosi, bisa menahan diri dari kritik dan penghakiman, dan menciptakan lingkungan yang sehat.

3. Tak mungkin terjadi tanpa kepercayaan

5 Alasan Hubungan Cinta Tanpa Publisitas Tetap Layak untuk DijalaniUnsplash.com/Taylor Hernandez

Cinta yang menenteramkan hati dibangun dari kepercayaan dan keterbukaan. Dengan kata lain, kamu setuju untuk nggak pernah menyakiti satu sama lain, di mana serangan dari salah satunya adalah hal paling melukai. Tanpa kepercayaan, transparansi, dukungan emosional, dan rasa hormat nggak mungkin pasangan merasa sangat tenteram dan dicintai.

4. Tetap romantis

Kamu harus memahami perbedaan antara perasaan romantis dengan perasaan mendalam. Perasaan romantis adalah gairah dan keinginan sesaat, berlangsung dalam waktu singkat, dan tak ada perkembangan lebih jauh. Sementara perasaan mendalam adalah rasa yang masih terus berjalan, ditempa oleh masalah, dan tetap berkembang dalam diri pribadi pasangan dan keseluruhan hubungan mereka.

5. Ketenteraman adalah kegembiraan

5 Alasan Hubungan Cinta Tanpa Publisitas Tetap Layak untuk DijalaniUnsplash.com/Oziel Gomez

Dalam perkembangan dunia, dengan banyaknya aplikasi kencan online dan media sosial, hubungan yang jauh dari publisitas sangat jarang ada. Maka, jika kamu tak menyukai hubungan yang jadi konsumsi umum, belajarlah untuk saling berbagi perasaan tentang hari-hari yang dilalui bersama, dan menyelesaikan masalah tanpa harus bising. Hal itu akan sangat nyaman bagi pasangan untuk berpikir jernih.

Apakah kamu setuju bahwa hubungan cinta tanpa publisitas awet bertahan seiring waktu? Coba bagikan hal-hal di atas pada mereka yang sedang menjalin hubungan asmara.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Alasan Hubungan Cinta Tanpa Publisitas Tetap Layak untuk Dijalani"

Baca Juga: Bela, Ini Lho, 5 Kerugian Mengekspos Hubunganmu di Media Sosial