Bela, apakah saat ini kamu masih menjomblo? Sebagian dari kita mungkin merasa kesulitan melepaskan titel “jomblo”, atau bahkan ada yang sempat berpikir, “Kok aku belum ketemu dengan sosok laki-laki idamanku, ya?” atau “Kok sudah umur segini masih belum punya pacar juga, ya?”. Padahal, rasanya sudah banyak sekali usaha yang dilakukan untuk menemukan tambatan hati.

Tapi tahu nggak sih, ternyata ada beberapa cara sederhana yang ampuh untuk mendapatkan pacar. Kemungkinan, masih banyak dari kita yang belum menyadari cara-cara ini. Nah, buat kamu yang masih merasa kesulitan mendapatkan pacar, Popbela sudah rangkum 8 cara sederhananya di bawah ini, melansir berbagai sumber. Simak artikelnya sampai selesai, ya!

1. Ketahui sosok seperti apa yang kamu cari dan inginkan

Jomblowati Catat! Ini 8 Cara Simpel untuk Mendapatkan PacarPexels/ Diana Jefimova

Poin ini merupakan permulaan yang paling penting untuk mendapatkan pacar. Terlihatnya seperti sebuah langkah sederhana, tapi sebenarnya agak kompleks. Saat kamu ingin mendapatkan pacar, kamu perlu pastikan sosok seperti apa yang sebenarnya kamu cari dan inginkan.

Ingatlah bahwa untuk mendapatkan pacar yang cocok untukmu akan membutuhkan waktu. Jadi, jangan pernah paksakan dirimu untuk menjalin hubungan dengan laki-laki yang hanya menunjukkan sedikit ketertarikannya padamu atau karena putus asa. Sangat penting untuk mengetahui dengan tepat apa yang kamu cari dan nggak menjalin hubungan asmara apa pun sampai kamu menemukan yang terbaik.

2. Jadilah sosok yang terbuka akan setiap peluang

Jomblowati Catat! Ini 8 Cara Simpel untuk Mendapatkan PacarPexels.com/Katerina Holmes

Yakin deh, kamu bisa bertemu dengan sosok laki-laki idamanmu di mana saja. Bisa jadi kamu bertemu dia di taman kota atau di sebuah kafe. Tentu saja peluang ini akan muncul kalau kamu nggak berdiam diri di rumah terus. Memang sih zaman sekarang banyak orang bertemu dengan pacarnya lewat aplikasi kencan online, namun jangan jadikan hal itu sebagai satu-satunya opsi.

Untuk memaksimalkan kesempatanmu, kamu perlu menjadi sosok yang lebih terbuka terhadap peluang. Contohnya, ketika ada seseorang yang mengundangmu ke suatu acara, cobalah untuk datang. Bisa jadi kamu bertemu dengan calon pacarmu. Jangan lupa untuk memasang wajah bersahabat, karena kalau kamu memasang wajah yang jutek, orang lain pun sudah malas duluan untuk sekedar menghampirimu!

3. Sehatkan badanmu

Jomblowati Catat! Ini 8 Cara Simpel untuk Mendapatkan Pacarfreepik.com/svetlanasokolova

Cara selanjutnya adalah dengan menyehatkan badanmu. Bukan hanya dengan berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat saja ya, namun pastikan untuk menyehatkan badanmu secara holistik atau menyeluruh. Caranya adalah dengan memastikan kesehatan tubuhmu, termasuk fisik, mental, emosional, dan sosial. 

Sebab, sebuah penelitian menunjukkan bahwa baik laki-laki maupun perempuan secara alami akan tertarik pada seseorang yang tampak sehat. Jadi, jadikanlah kesehatan secara keseluruhan prioritas bagimu, terlepas dari apakah kamu sedang mencari pacar atau nggak, ya, tentunya!

4. Mulailah berpakaian yang membuatmu percaya diri, bukan mengikuti mode

Jomblowati Catat! Ini 8 Cara Simpel untuk Mendapatkan PacarPexels.com/Andrea Piacquadio

Menjadi trendi dan terkini dalam segala hal fashion tentu bisa menyenangkan. Namun, jika kamu ingin mendapatkan pacar, kamu harus berpikir lebih banyak tentang berpakaian  yang membuatmu nyaman dan lebih percaya diri. Karena saat kita percaya diri, akan terpancar aura menarik dari dalam diri kita. Lagi pula diketahui bahwa kebanyakan laki-laki malah nggak peduli dengan apa pun yang sedang tren, jadi maksimalkan penampilanmu terlepas dari tren fashion saat ini, ya!

5. Jadilah orang yang lebih positif

Jomblowati Catat! Ini 8 Cara Simpel untuk Mendapatkan PacarPexels.com/Ion Ceban @ionelceban

Apakah kamu orang yang ceria, pesimis, atau pendiam? Kebanyakan orang tidak ingin bergaul dengan seseorang yang negatif dan menurunkan suasana hati semua orang di sekitar mereka, atau yang selalu penuh dengan kritik dan membuat mereka merasa buruk, nggak peduli seberapa "cantik" orang itu.

Sama halnya dengan laki-laki. Mereka menyukai perempuan yang menyenangkan dan positif. Orang yang menyenangkan dan positif bukan berarti harus bahagia sepanjang waktu, ya. Namun, jadilah seseorang yang lebih optimis dan tunjukkan aura positifmu. Bisa lewat senyuman dan tutur kata yang baik.

6. Nikmati hidupmu

Jomblowati Catat! Ini 8 Cara Simpel untuk Mendapatkan PacarPexels.com/Andre Furtado

Laki-laki cenderung nggak menginginkan sesuatu dengan mudah, maka penting bagimu menikmati waktu untuk dirimu sendiri. Karena, jika kamu mendedikasikan seluruh waktumu untuk mereka, kamu akan terlihat terlalu lekat dan putus asa, yang ada mereka malah semakin menjauh.

Jangan pernah menjadi sosok yang selalu ada. Misalnya, jika kamu punya jadwal pribadi dan tiba-tiba seorang laki-laki mengajakmu pergi, jangan batalkan waktu yang sudah kamu siapkan untukmu sendiri. Pastikan kamu memiliki dan mempertahankan kehidupan, minat, dan hal menyenangkan untuk dirimu sendiri.

7. Tunjukkan gestur ketertarikanmu

Jomblowati Catat! Ini 8 Cara Simpel untuk Mendapatkan PacarFreepik.com/halayalex

Poin ini berlaku kalau kamu sudah bertemu dengan laki-laki yang kamu taksir. Kamu perlu mulai belajar menunjukkan ketertarikanmu padanya, ya. Karena ada beberapa laki-laki yang pemalu, jadi jangan selalu menunggu agar mereka yang melakukan pendekatan lebih dulu. Kamu bisa coba tunjukkan gestur ketertarikanmu, seperti melakukan kontak mata, atau mencondongkan tubuhmu ke arahnya untuk menunjukkan bahwa kamu tertarik padanya.

8. Jangan menunggu "percikan cinta"

Jomblowati Catat! Ini 8 Cara Simpel untuk Mendapatkan Pacarpexel.com/olya-kobruseva

Jika kamu menunggu perasaan "cinta pada pandangan pertama" dan mengabaikan laki-laki lain yang nggak kamu sukai, kamu secara drastis menurunkan peluang untuk bertemu dengan pacarmu.

Hubungan jangka panjang nggak selalu terbentuk dari adanya "percikan cinta". Faktanya, beberapa hubungan terbaik malah dimulai dari persahabatan, lho, yang mana akan memberikan kamu kesempatan untuk benar-benar mengenal satu sama lain tanpa adanya tekanan apa pun.

Nah, sekarang kamu sudah tahu 8 tips sederhan untuk mendapatkan pacar. Gimana nih, kamu siap untuk mencobanya, Bela? 

Baca Juga: 7 Tips Berkencan dengan Laki-Laki yang Belum Pernah Pacaran

Baca Juga: 5 Tanda Kamu Terlalu Pemilih dalam Mencari Pasangan

Baca Juga: 5 Kriteria Penting yang Perlu Ditetapkan Saat Mencari Pasangan Hidup