Akhir-akhir ini, kata mindfulness menjadi tren di sosial media. Banyak netizen yang berbagi cerita tentang praktik mindfulness yang mereka lakukan. 

Tapi sebenarnya, apa, sih, mindfulness itu?

Mindfulness sendiri secara harfiah diartikan sebagai “kesadaran penuh”. Kalau menurut Jon Kabat-Zinn, seorang Profesor Emeritus Kedokteran dan pencetus terapi Mindfulness Based-Stress Reduction yang berasal dari Amerika Serikat, mindfulness diartikan sebagai kesadaran yang timbul dari diri seseorang dengan memberikan atensi pada saat ini, tanpa adanya keinginan menghakimi, serta cara untuk mengenal diri dan kebijaksanaan.

Praktik mindfulness memiliki segudang manfaat bagi banyak aspek kehidupan, lho, termasuk dalam hubungan asmara!

Melansir mindfulnessexcercise, manfaat yang bisa diberikan adalah seperti meningkatkan keterbukaan dan penerimaan di dalam hubungan, meningkatkan kesadaran diri terhadap perilaku dan kebiasaan yang mungkin bisa menyakiti satu sama lain, meningkatkan kemampuan untuk regulasi emosi, mengasah rasa empati, hingga lebih terbuka pada permasalahan yang dihadapi dengan pasangan sebagai cara mengatasi konflik yang sehat.

Kalau kamu ingin hubungan asmaramu lebih sehat dan harmonis dengan praktik mindfulness, kamu bisa, lho, untuk coba 6 hal di bawah ini!

1. Menunjukkan rasa syukur.

6 Cara Mempraktikkan Mindfulness dalam Hubungan AsmaraFreepik.com/prostooleh

Salah satu praktik dalam mindfulness adalah dengan mensyukuri semua hal yang terjadi di dalam kehidupan.

Dalam sebuah hubungan asmara, kamu bisa menunjukkan bahwa kamu begitu bersyukur dengan kehadiran pasanganmu di dalam hidupmu.

2. Ingatlah untuk bernapas secara sadar saat menghadapi konflik.

6 Cara Mempraktikkan Mindfulness dalam Hubungan AsmaraPexels.com/VisionPic .net

Bernapas secara sadar merupakan cara yang dapat dipraktikkan ketika kamu berkonflik dengan pasanganmu. Dengan bernapas secara sadar, kamu bisa terkoneksi dengan hati dan perasaanmu.

Pada akhirnya, kamu bisa menjadi lebih bijak dan terbuka saat menghadapi situasi tersebut. 

3. Tinggalkan telepon genggammu.

6 Cara Mempraktikkan Mindfulness dalam Hubungan AsmaraPexels.com/Daria Shevtsova

Usahakan untuk selalu hadir secara sadar, penuh, dan utuh, ya, saat kamu sedang bersama pasanganmu.

Tempatkan telepon genggammu jauh dari jangkauan untuk menciptakan waktu yang lebih berkualitas dengan pasanganmu.

4. Dengarkan pasanganmu untuk memahaminya, bukan untuk meresponsnya.

6 Cara Mempraktikkan Mindfulness dalam Hubungan AsmaraPixabay.com/StockSnap

Dalam praktik mindfulness, hadir secara utuh dan fokus pada hal yang terjadi saat ini kini, adalah sebuah hal yang fundamental.

Hal tersebut dapat kamu praktikkan ketika kamu memiliki waktu bersama pasanganmu, yaitu dengan belajar fokus dan hadir secara utuh saat mendengarkan ceritanya. 

5. Seimbangkan waktu untukmu sendiri dan untuk pasangan.

6 Cara Mempraktikkan Mindfulness dalam Hubungan AsmaraPexels.com/Andre Furtado

Dalam sebuah hubungan asmara, mungkin sering kali seseorang dan pasangannya menyediakan lebih banyak waktu untuk bersama pasangannya dibandingkan untuk dirinya sendiri. Padahal, memberikan waktu bagi diri sendiri sangat dibutuhkan, lho!

Ketika kamu merasakan hal ini, belajarlah untuk menyeimbangkan waktumu untuk dirimu sendiri dan untuk pasanganmu.

Dengan adanya waktu yang kamu luangkan untuk diri sendiri, kamu dan pasanganmu bisa saling mengerti dan menghargai kebutuhan satu sama lain, serta memiliki hubungan asmara yang lebih sehat.

6. Tanyakan lebih banyak pertanyaan pada pasanganmu.

6 Cara Mempraktikkan Mindfulness dalam Hubungan Asmarahttps://www.pexels.com/id-id/@cottonbro

Terakhir, untuk mepraktikkan mindfulness dalam hubungan asmaramu, kamu perlu, lho, untuk bertanya lebih banyak tentang pasanganmu. Dengan begitu, kamu bisa memahaminya lebih jauh!

Namun, hindari pertanyaan jika tujuannya hanya untuk menghakimi pasanganmu, ya. Biarkan dia bercerita tanpa melontarkan komentar yang menjatuhkan, sehingga kamu bisa punya obrolan yang sehat dengan pasanganmu.

Mempraktikkan mindfulness dalam hubungan asmara memang susah susah gampang. Tapi, dengan adanya kesadaran akan pentingnya mindfulness demi kebaikan hubungan asmaramu, 6 hal di atas tadi bisa jadi referensi untuk kamu coba, ya, Bela!

Baca Juga: 6 Cara Menjaga Hubungan Pertemanan di Usia Dewasa

Baca Juga: 7 Perbedaan Pengorbanan vs Kompromi dalam Hubungan Asmara

Baca Juga: 9 Tanda Gaslighting dalam Hubungan Asmara, Jangan Sampai Terjebak!