Mungkin kamu sering mendengar istilah Red Flags atau Green Flags dalam sebuah hubungan. Tapi, pernah nggak, sih, kamu mendengar istilah Pink Flags?

Nah, ternyata dalam sebuah hubungan ada juga, lho, yang disebut dengan Pink Flags!

Menurut Damona Hoffman, seorang dating coach dari OkCupid, pink flags sendiri diartikan sebagai sebuah tanda yang nggak kentara, yang bisa membuat seseorang merasa punya kemungkinan nggak cocok dengan pasangannya.

Pink flags juga bisa diartikan sebagai sebuah tanda peringatan awal dalam sebuah hubungan dengan kemungkinan bisa berubah menjadi red flags.

Lalu, seperti apa contoh pink flags dalam sebuah hubungan? Berikut Popbela rangkum 5 tanda pink flags dalam hubungan yang perlu kamu dan pasanganmu ketahui melansir dari berbagai sumber.

1. Tidak peduli dengan opini pasangan.

Apa Itu Pink Flags dalam Hubungan? Kenali 5 Tandanyafreepik.com/cookie_studio

Menurut Liz Higgins, seorang terapis dan pendiri Millenial Life Counseling, pink flags bisa digambarkan saat seseorang tidak peduli opini pasangannya.

Opini ini bisa terkesan remeh, contohnya seperti ketidakpedulian perihal makanan favorit pasangan atau tidak terlalu peduli apa yang kamu lakukan atau kamu akan pergi ke mana.

Higgins pun menambahkan, perbedaan pandangan terhadap kepercayaan atau sistem politik juga bisa menjadi indikator pink flags dalam sebuah hubungan.

2. Perubahan perilaku pasangan.

Apa Itu Pink Flags dalam Hubungan? Kenali 5 Tandanyapexel.com/alex-green

Poin selanjutnya menurut Mabel Yiu, CEO di Women’s Therapy institute dan seorang terapis keluarga dan pernikahan, adalah perubahan perilaku.

Mungkin seseorang pada awal hubungan penuh perhatian pada pasangannya, tapi seiring berjalannya waktu, dia menjadi tidak perhatian.

Hal ini perlu disadari karena ada kemungkinan pink flags bisa berubah menjadi red flags.

3. Perbedaan bahasa cinta.

Apa Itu Pink Flags dalam Hubungan? Kenali 5 Tandanyafreepik.com/prostooleh

Apa bahasa cintamu dan pasangan, Bela? Apakah kalian punya kesamaan bahasa cinta atau justru berbeda?

Ternyata, perbedaan bahasa cinta antar pasangan juga bisa menjadi sebuah pink flags, lho.

Tapi tentu saja hal ini bisa jadi pink flags, kalau masing-masing pihak tidak mau saling memahami bahasa cinta satu sama lain.

Memahami bahasa cinta ternyata punya pengaruh dalam kelanggengan sebuah hubungan. Jadi kalau kamu belum memahami tentang bahasa cintamu dan pasanganmu, kamu perlu mempelajarinya, ya.

4. Punya hubungan yang dekat dengan mantan.

Apa Itu Pink Flags dalam Hubungan? Kenali 5 TandanyaFreepik.com

Punya hubungan dekat dengan mantan, karena alasan pasanganmu putus dengan cara yang baik-baik juga perlu ditandai sebagai pink flags.

Walaupun setelah putus tidak harus bermusuhan, tapi kamu atau pasanganmu perlu menyadari sejauh apa hubungan dekat dengan mantan itu berlangsung. Jangan sampai hal ini mengarah jadi red flags karena intensitas berhubungan yang tinggi dengan mantan, ya!

5. Bluelighting.

Apa Itu Pink Flags dalam Hubungan? Kenali 5 Tandanyafreepik.com/cookie_studio

Kalau kamu dan pasanganmu punya kegiatan kencan dengan menonton TV atau scrolling media sosial sepanjang waktu, sebaiknya perlu kalian sadari bahwa ini adalah salah satu pink flags dalam hubungan.

Bluelighting, atau perilaku ketergantungan terhadap layar ini, menurut Dr. Katherine Hertlein, seorang terapis seks dan principal researcher dari aplikasi Blueheart, dapat mengganggu koneksi emosional di antara pasangan.

Dr. Katherine menyebutkan bahwa hal ini tentu bisa diatasi dengan cara membuat komitmen untuk menjauhkan perangkat seperti TV atau telepon genggam saat sedang berkencan.

Dengan begitu, keterikatan emosional antara pasangan dapat meningkat dan membuat hubungan semakin harmonis.

Jadi, itulah 5 tanda pink flags dalam sebuah hubungan. Kira-kira, apakah ada pink flags dalam hubunganmu dengan pasanganmu, Bela?

Baca Juga: 5 Zodiak yang Sering Abaikan Red Flags dalam Hubungan

Baca Juga: 15 Red Flags dalam Hubungan, Bisa Kamu Lihat Sejak Awal Berkencan

Baca Juga: Tanda Hubungan yang Sehat, Cek 6 Green Flags Ini