Katanya, sekarang makin susah mencari lelaki setia. Sebagian besar lelaki dicap mudah bosan lalu pindah ke lain hati. Tapi jangan salah, lelaki setampan Christian Sugiono saja sanggup setia pada satu perempuan.

Kalau kamu masih menganggap semua laki-laki sama saja, itu salah besar. Banyak kok yang mampu bertahan, menjalin hubungan bertahun-tahun lalu melenggang bersama ke pelaminan.

Sekali memutuskan untuk setia pada satu hati, lima hal di bawah ini menjadi prinsip hidup seorang lelaki. Wajib tahu nih, Bela! Biar lebih mantap dan yakin sama si dia.

1. Berkaca dari ibunya, perempuan adalah sosok istimewa

Cuma Laki-Laki Setia yang Punya 5 Prinsip Ini dalam HidupnyaUnsplash.com/3rdspace_photo

Laki-laki yang sayang dan hormat pada ibunya, pasti tahu bagaimana memuliakan perempuan. Pernah dengar kalimat ini, Bela? Ada benarnya, lho! Dalam benak seorang lelaki setia, ia memperlakukan pasangan sebagaimana ibunya. Tapi bukan berarti membanding-bandingkan dengan sifat sang Ibu, ya. Lelaki setia menganggap perempuan sebagai sosok istimewa. Pendamping yang melengkapi kekurangan dan mengapresiasi kelebihannya. 

Pasangannya kini kelak akan menjadi istri dan ibu dari anak-anak. Memikul tugas yang sama berat dengan ibunya. Maka sudah sepantasnya ia mengistimewakan seorang perempuan, dengan berusaha setia menjaga hati. 

2. Menghargai kesetiaan perempuan dengan membalasnya

Cuma Laki-Laki Setia yang Punya 5 Prinsip Ini dalam HidupnyaUnsplash.com/Monroefiles

Setiap orang punya naluri mendua, tapi katanya lelaki lebih besar kemungkinannya. Hal ini dibenarkan alm. B.J. Habibie lewat puisi yang dituliskannya untuk almh. Ainun.

Mana mungkin aku setia padahal memang kecenderunganku adalah mendua, tapi kau ajarkan aku kesetiaan, sehingga aku setia, kau ajarkan aku arti cinta, sehingga aku mampu mencintaimu seperti ini.

Hal inilah yang menjadi prinsip hidup lelaki setia. Mereka belajar memaknai hubungan dari pasangannya. Karena ketika perempuan sudah dimenangkan hatinya, ia akan menyerahkan segenap hidupnya.

3. Cinta bukan lagi dari mata turun ke hati

Cuma Laki-Laki Setia yang Punya 5 Prinsip Ini dalam HidupnyaUnsplash.com/Everton Vila

Katanya, lelaki jatuh cinta dari apa yang dilihatnya. Sementara perempuan jatuh hati dari apa yang didengarnya. Hal inilah yang menjadi acuan, bahwa perempuan harus tampil cantik. Dan lelaki harus pandai merayu.

Tapi ketika seorang lelaki sudah memutuskan setia, penampilan bukan lagi fokus utama. Cinta mungkin awalnya dari mata turun ke hati. Tapi yang bertahan hingga nanti adalah rasa nyaman dalam diri.

4. Perjuangan adalah hal yang biasa, siap dilakukan kapan saja

Cuma Laki-Laki Setia yang Punya 5 Prinsip Ini dalam HidupnyaUnsplash.com/Ben White Photography

Setiap perempuan pasti punya ketakutan, kelak lelakinya tak mau lagi berjuang untuk hubungan ini. Jangan takut, lelaki setia bukan hanya manis di awal. Perjuangan menjadi hal yang biasa baginya. Siap jika harus memperjuangkan lagi kapan saja demi terus bersama.

5. Bukan berhenti lalu memulai lagi, tapi belajar bertahan pada satu hati

Cuma Laki-Laki Setia yang Punya 5 Prinsip Ini dalam HidupnyaUnsplash.com/crew

Memutuskan setia pada satu hati harus siap dengan segala resiko. Kadang pertengkaran dan rasa jenuh menjadi godaan. Akhiri dan mulai mencari lagi, atau berjuang bersama sesuai janji.

Jangan takut, lelaki setia memegang teguh prinsipnya. Susah senang akan dilalui, asal bisa selalu bersama. Mungkin kadang harus melewati pertengkaran hebat. Tapi dua hati yang sudah berjanji selalu berhasil temukan jalan kembali.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan pada laman IDN Times dengan judul "Perempuan Wajib Tahu, Ini Lho 5 Prinsip Hidup Lelaki Setia"

Baca Juga: Paling Dicari, 4 Zodiak Ini Dikenal Super Setia Sama Pasangan