Orang bijak mengatakan bahwa "cinta itu buta", bahkan sering kali mematahkan logika. Namun kita tetap saja nggak boleh tenggelam di dalamnya. Jangan sampai saat kita mencintai seseorang justru malah terjebak dalam kebodohan yang kita lakukan sendiri.

Contohnya saja sederet 'kebodohan' berikut ini yang sering dilakukan tanpa kita sadari. Kalau dibiarkan bisa-bisa malah hanya akan merugikan diri kita sendiri, lho.

Apa saja kebodohan yang sering dilakukan tanpa sadar saat kita jatuh cinta pada seseorang? Simak ulasannya berikut ini!

1. Menggantungkan kebahagiaan pada orang tersebut

7 Kebodohan yang Sering Dilakukan Saat Jatuh Cintafreepik.com/artursafronovvvv

Salah satu kebodohan yang sering dilakukan seseorang adalah di saat mereka selalu menggantungkan kebahagiaannya pada pasangan. Ia merasa bahwa dengan kehadiran pasangannya ini maka dia baru bisa bahagia.

Tak jarang ia menjadikan pasangan sebagai salah satu sumber kebahagiaan. Tanpa kehadirannya seseorang tersebut merasa hidupnya sepi dan hampa. Terlihat sangat sepele, kan? Namun, kebodohan semacam ini sering banget kita lakukan tanpa sadar.

2. Mengorbankan teman, sahabat, bahkan keluarga

7 Kebodohan yang Sering Dilakukan Saat Jatuh Cintaunsplash.com/everythingcaptured

Kamu pasti pernah melakukan kebodohan yang satu ini saat mencintai seseorang, deh. Setidaknya sekali seumur hidup pasti pernah terjadi dalam hidupmu, di mana kamu mengorbankan orang-orang terdekat seperti teman, sahabat, bahkan keluarga sendiri hanya untuk mempertahankan hubungan dengan orang yang sebetulnya tak pantas-pantas amat kamu perjuangkan. Kamu jadi makin jauh dengan orang terdekatmu, sementara kamu hanya fokus pada pasangan. Percaya, deh, pasangan yang baik tak akan membuatmu jauh dari sahabat apalagi keluarga.

3. Mengubah penampilan demi dia

7 Kebodohan yang Sering Dilakukan Saat Jatuh CintaShutterstock/BLACKDAY

Entah dilakukan secara tersirat atau bahkan dikatakan secara gamblang kamu tak seharusnya mengubah penampilan hanya untuk menyenangkan pasanganmu. Ketika dia berkata kalau badanmu terlalu berisi, kamu akhirnya memaksa diet untuk dia. Ketika dia mengatakan lebih suka perempuan berambut pendek, kamu langsung memangkas rambutmu padahal kamu lebih suka rambut panjang.

 Usahakan hal semacam itu jangan pernah kamu lakukan lagi, deh. Kalau kamu mau mengubah penampilan, lakukan untuk dirimu sendiri bukan untuk menyenangkan orang lain.

4. Menurunkan standar hidup serta mimpimu

7 Kebodohan yang Sering Dilakukan Saat Jatuh Cintafreepik.com/ gpointstudio

Pasanganmu tiba-tiba saja meminta kamu untuk berhenti kerja atau mungkin melarangmu melanjutkan pendidikan. Untuk membuktikan rasa cintamu, kamu lantas menuruti apa yang dia mau. Padahal kamu cuma dimanipulasi aja, lho.

Seharusnya siapa pun nggak berhak membuatmu berpikir semacam itu. Pasangan yang baik justru mereka yang memberikan support bagi pasangannya, bukan malah menurunkan standar hidup serta mimpinya demi mereka.

5. Rasa cinta kepadanya lebih besar dibanding kepada diri sendiri

7 Kebodohan yang Sering Dilakukan Saat Jatuh Cintahttps://www.pexels.com/@shkrabaanthony

Kebodohan yang satu ini jangan sampai kamu lakukan, deh. Bagaimanapun juga rasa cinta pada diri sendiri harus lebih besar dibanding rasa cinta pada orang lain. Self-love itu bukan egois, tapi lebih kepada bagaimana kamu mengenal nilai dan memahami harga diri kamu sendiri.

Jangan pernah menaruh rasa cinta lebih besar kepada pasangan dibanding dengan diri sendiri, ya, kalau kamu nggak ingin dikecewakan.

6. Terlalu percaya kepadanya

7 Kebodohan yang Sering Dilakukan Saat Jatuh CintaPexels.com/Keira Burton

Apa pun yang ia katakan kamu selalu percaya. Bahkan ketika dia berbohong sekalipun kamu tetap memercayainya. Tindakan semacam ini nggak sepantasnya kamu lakukan. Percayalah seperlunya karena saat kamu memberikan kepercayaan penuh yang ada, kamu jadi kurang objektif dalam menilai sesuatu.

Selain itu, kamu juga cenderung akan menolak omongan dari orang lain dan lebih memilih mempercayai pasangan, padahal belum tentu apa yang dikatakan orang tersebut benar adanya.

7. Rela disakiti oleh dia

7 Kebodohan yang Sering Dilakukan Saat Jatuh CintaPexels.com/Anete Lusina

Kalau yang satu ini sudah bukan lagi kebodohan, tapi mengarah pada ciri hubungan yang toxic. Entah disakiti fisik atau batin, kamu sama sekali nggak dibenarkan menerima itu semua, lho. Tapi kalau kamu malah rela-rela saja disakiti oleh dia, sebaiknya segera kembalikan akal sehatmu supaya bisa berpikir dengan jernih.

Jangan mau dimanipulasi perasaan oleh pasanganmu. Kamu sama sekali tak berhak diperlakukan semacam itu.

Sebesar apa pun rasa cintamu kepada seseorang semoga kamu tak sampai melakukan sederet kebodohan di atas, ya. 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "7 Kebodohan yang Sering Dilakukan Tanpa Sadar saat Mencintai Seseorang"

Baca Juga: 10 Cara Menghadapi Pasangan yang Suka Berselingkuh

Baca Juga: 5 Tanda Hubungan yang Mengalami Krisis Kepercayaan

Baca Juga: Apa Itu Karmic Relationship? Kenali 7 Tandanya dalam Hubungan