Dalam setiap hubungan, yang namanya cemburu pasti pernah terjadi. Sayangnya ada saja orang yang cemburu buta, cemburu tidak pada tempatnya dan mengada-ada. Cemburu buta ini kalau sering terjadi bisa berakibat fatal, loh. Cemburulah sewajarnya, kalau memang pacarmu melakukan hal-hal yang tidak tepat, seperti ketujuh hal berikut ini.

1. Dia terlalu mengutamakan ibunya dibandingkan kamu

Kamu Boleh Cemburu Kalau Pacarmu Melakukan 6 Hal Ini

Ibu memang sosok yang paling penting dalam hidup kita. Dan sangat mengagumkan juga kalau pacarmu adalah orang yang berbakti pada orangtuanya. Tapi semua harus tetap sesuai porsinya. Kalau semua urusannya dan masalah hubungan kalian harus selalu meminta pertimbangan ibunya, itu justru menandakan bahwa dia belum cukup matang untuk menjalin hubungan. Apalagi kalau itu sampai merugikanmu. Sebaiknya, segera diskusikan dan ceritakan bagaimana perasaanmu terhadap masalah ini. Jangan sungkan untuk berkata bahwa kamu juga bisa jadi teman diskusi untuk memberikan masukan dalam setiap urusannya.

2. Dia membantu temannya mendekati perempuan lain

Kamu Boleh Cemburu Kalau Pacarmu Melakukan 6 Hal Ini
whatisrevenge.tumblr.com

Punya pacar yang memiliki jiwa sosial tinggi tentu menyenangkan. Apalagi kalau ternyata pacarmu memang punya banyak sekali teman dan disukai oleh teman-temannya. Makanya, tidak ada salahnya kalau kamu biarkan dia sesekali hang out bersama mereka. Tapi coba bayangkan adegan ini. Dia sedang berkumpul dengan teman-temannya, lalu ada perempuan cantik di dekat mereka. Salah satu temanmu tertarik dan berusaha mendekati. Sebagai teman yang baik, dia pun mencoba memperlancar usaha itu dengan cara ikut mengakrabkan diri pada perempuan tersebut. Bela, untuk hal yang satu ini, kamu boleh cemburu. Jangan buru-buru marah. Sampaikan baik-baik apa yang kamu rasakan kalau dia terlihat ikut dekat dengan wanita tersebut.

3. Dia sangat dekat dengan salah satu teman wanitanya

Kamu Boleh Cemburu Kalau Pacarmu Melakukan 6 Hal Ini

Tidak ada salahnya kalau pacar kamu punya banyak teman, termasuk teman perempuan. Tapi kalau ada yang sangat dekat bahkan mereka sampai memiliki empati yang begitu tinggi, kamu boleh cemburu. Bahkan kamu boleh meminta klarifikasi pada mereka berdua. Bukan apa-apa, langkah ini memang perlu dilakukan agar mereka juga lebih sadar diri dan menjaga jarak satu sama lain.

4. Dia terobsesi dengan game dan TV

Kamu Boleh Cemburu Kalau Pacarmu Melakukan 6 Hal Ini

Yang ini pasti banyak dialami oleh kamu hawa. Ketika dia menghabiskan banyak waktu untuk nonton bola dan bermain game online maupun PS sampai lupa waktu. Wajar saja kalau kamu merasa cemburu karena dicuekin selama berjam-jam dalam sehari. Tidak hanya sekali, tapi sering sekali. Tapi yang perlu kamu ketahui adalah bahwa setiap pasangan akan lebih bahagia ketika masing-masing bisa melakukan hobinya sendirian. Ada waktunya masing-masing dari kalian harus melakukan aktivitas sendiri. Begitu juga kamu, ada saatnya perlu ke spa atau salon sendirian. Yang perlu dilakukan adalah mencoba berkompromi dengan pengaturan waktu, agar si dia tidak sampai lupa waktu saat main game.

5. Dia masih menyimpan pesan dari mantannya

Kamu Boleh Cemburu Kalau Pacarmu Melakukan 6 Hal Ini

Sudah tidak punya hubungan apa-apa tapi chat dari mantannya masih tersimpan? Kamu perlu cemburu untuk hal yang satu ini. Apalagi kalau dalam pesan tersebut terdapat banyak kata sayang. Tidak ada salahnya kalau kamu ngobrol langsung dengannya dan memintanya untuk menghapus semua pesan itu. Kalau dia memang sayang, seharusnya hal itu tidak jadi masalah, kan?

6. Dulu dia pernah selingkuh

Kamu Boleh Cemburu Kalau Pacarmu Melakukan 6 Hal Ini

Entah dengan kamu atau bukan, kalau dulu dia pernah selingkuh, maka cemburu adalah hal yang wajar. Kamu memang harus selalu waswas dan berhati-hati dengan setiap gerak-geriknya. Ke mana dia pergi, siapa yang ditemui, dan apa yang dilakukan perlu diketahui pasti. Tapi, jangan sampai jadi posesif.

Ibarat sambal balado, cemburu adalah rasa pedas yang akan membuat hubungan kalian makin bermakna. Kendalikan rasa cemburu dalam batas yang wajar, agar hubungan kalian tetap awet terjaga.

BACA JUGA: 7 Cara Menghilangkan Rasa Cemburu Berlebihan pada Pacar