Kedewasaan diri menjadi kunci penting terciptanya sebuah hubungan asmara yang sehat dan bahagia. Perjalanan hubungan tak melulu selalu berjalan dengan mulus dan pasti bakal bertemu dengan lika-liku kesulitan.

Perempuan yang dewasa tentu menjadi nilai plus tersendiri bagi para laki-laki. Selain lebih pengertian dan mawas diri, perempuan ini juga memiliki sejumlah prinsip yang dia pegang teguh selama menjalin asmara. Apa saja? Cek ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Tak akan mengorbankan hubungannya dengan teman atau keluarga

10 Prinsip yang Dianut Perempuan Dewasa Saat Menjalin AsmaraPexels.com/Helena Lopes

Perempuan dewasa selalu ingin memastikan hubungannya dengan orang-orang terkasihnya tetap seimbang. Dia tak ingin terjadi ketimpangan porsi yang malah membuatnya menjauh dari teman dan keluarga yang telah lebih lama bersamanya daripada pacarnya. 

2. Menghargai hal-hal kecil yang dilakukan sang pacar untuknya

Berbagi kehidupan bersama seseorang adalah sebuah anugerah bagi perempuan dewasa. Oleh karena itu, nggak heran bila diam-diam dia mengingat hal-hal kecil yang pernah pacarnya lakukan untuknya. Dia sangat menghargai itu semua dan tak lupa akan berterima kasih kepada pasangannya.

3. Fokus dengan sisi baik pasangan dan tak menghujat kekurangan yang dimiliki

10 Prinsip yang Dianut Perempuan Dewasa Saat Menjalin AsmaraPexels.com/Tan Danh

Dia menyadari bahwa setiap orang memiliki kekurangan termasuk pasangannya dan juga dirinya sendiri. Alih-alih mempermasalahkan sisi buruk yang dimiliki pasangannya, perempuan dewasa memilih untuk berpihak pada sisi baik, seperti hal-hal positif yang pasangannya lakukan dan katakan kepadanya. 

4. Tak akan membiarkan impiannya pupus begitu saja

Bagi perempuan dewasa, hubungan yang baik adalah hubungan yang mendorong pasangannya untuk mengeluarkan sisi terbaik yang mereka miliki dan saling dukung satu sama lain. Bukannya malah membuat pasangannya terpuruk.

Saat pasangannya bekerja keras mewujudkan tujuan dan impian, dia tak akan memaksa mereka untuk mengubah itu sesuai keinginannya. Malah dia akan mendukung dan memastikan pasangannya tak patah asa dalam setiap prosesnya. Dan akan lebih baik jika pasangannya juga melakukan hal yang sama untuknya.

5. Tak akan memaksakan definisi kebahagiaan versinya kepada orang lain

10 Prinsip yang Dianut Perempuan Dewasa Saat Menjalin AsmaraPexels.com/Anastasiya Lobanovskaya

Tiap individu memiliki definisi kebahagiaan yang berbeda-beda. Perempuan dewasa tak mau memaksakan versi kebahagiaannya bagi siapa pun, termasuk pasangannya. Dia ingin pasangannya merasa bahagia dengan sepenuh hati tanpa ada paksaan untuk menerimanya dari orang lain.

6. Menjaga self-respect dalam hubungan asmaranya

Dia nggak mau hubungan asmaranya berubah menjadi ‘area perang’ yang penuh hal-hal negatif. Dia ingin agar pasangannya mampu memperlakukan dia sama baiknya dengan saat mereka memperlakukan orang lain dalam hidupnya. Baik itu berkata buruk atau merendahkan, perempuan dewasa berharap hubungannya penuh toleransi dan menjunjung self-respect. 

7. Tak main-main dalam memaknai kalimat “aku cinta kamu"

10 Prinsip yang Dianut Perempuan Dewasa Saat Menjalin AsmaraPexels.com/Helena Lopes

Keliatannya memang sebuah kalimat sederhana, tapi bagi perempuan dewasa merupakan sebuah kalimat spesial yang berusaha keras dia jaga nilainya. Saat mengungkapkannya kepada pasangannya pun tak akan di waktu sembarangan, dia akan melakukannya hanya di momen yang tepat sebagai bentuk apresiasi atas kehadiran mereka dalam hidupnya.  

8. Berkomunikasi secara konstan baginya hanya buang-buang waktu

Dalam hubungan asmara, perempuan dewasa tak mewajibkan kontak secara terus-menerus dengan pasangannya karena dia sadar masing-masing pasti punya kesibukan. Dia menaruh kepercayaan besar saat pasangannya tak bersama dia.

9. Tak suka panjat sosial dengan membagikan hubungannya ke media sosial

10 Prinsip yang Dianut Perempuan Dewasa Saat Menjalin AsmaraPexels.com/James Frid

Perempuan dewasa paham betapa seriusnya menjaga nilai-nilai dalam sebuah hubungan dan tak membagikannya begitu saja ke media sosial. Hubungan mereka adalah urusan mereka, bukan sesuatu yang harus selalu ter-update ke semua orang di dunia maya.

10. Menjaga waktu berkualitas untuk dirinya sendiri

Terlepas dari hubungan asmaranya yang berjalan baik-baik saja, perempuan dewasa tetap ingin mempertahankan quality time bagi dirinya sendiri. Dia sangat menghargai waktu sendirian alias me-time untuk me-recharge kembali energinya atau sekedar mengerjakan kegiatan personal secara privat.

Nah, itu dia 10 prinsip yang dianut oleh perempuan dewasa saat menjalin hubungan asmara. Idaman banget, bukan?

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "10 Prinsip yang Dianut Cewek Dewasa Saat Menjalin Asmara"

Baca Juga: Cara Orang Dewasa dalam Menghadapi Masalah, Kamu Sudah Melakukannya?