Putus dengan pasangan yang abusive bukanlah perkara yang mudah. Namun harus kamu ingat, ini juga bukanlah tindakan yang salah. Wajar, kok, kalau kamu merasakan sedih, sakit bahkan stres saat harus berpisah darinya. Meski begitu, putus dari pasangan yang abusive juga memiliki dampak yang positif lho untukmu.

Apa saja, ya, kira-kira? Untuk tahu selengkapnya, keep scrolling Bela!

1. Bisa lebih fokus dengan hidupmu

Ini yang Akan Kamu Alami Setelah Putus dengan Pasangan Abusivekapten-son.com

Mungkin kamu telah menghabiskan waktu yang tidak sebetar menjalin hubungan dengan pasangan yang abusive. Kamu memberikan semua perhatian, kasih sayang dan apa yang dia inginkan. Setelah putus dengannya, kamu bisa lebih fokus pada dirimu sendiri. Kamu bisa fokus menyayangi dirimus sendiri. 

2. Kamu bisa memulihkan kondisi emosionalmu

Ini yang Akan Kamu Alami Setelah Putus dengan Pasangan AbusivePexels.com/Polina Tankilevitch

Menjalin hubungan dengan pasangan yang abusive tentunya dapat membahayakan dirimu. Baik secara fisik maupun mental. Biasanya, pasangan yang abusive memiliki keinginan besar untuk mengontrol pasangannya. Mereka juga cenderung egois dan tidak ingin mendengarkan pendapat lain selain miliknya. 

Setelah hubungan tersebut usai, inilah kesempatanmu untuk mengembalikan kondisi emosionalmu seperti sedia kala. Pasalnya kamu telah melewati hal-hal yang menguras emosi dalam waktu yang tidak sebentar. 

3. Punya kesempatan untuk mencari pasangan baru

Ini yang Akan Kamu Alami Setelah Putus dengan Pasangan AbusivePexels.com/Helena Lopes

Mungkin kamu sedih saat putus dengannya. Namun kesedihanmu nggak boleh bertahan selamanya. Justru ini adalah saat yang tepat untukmu mencari pasangan baru. Tentunya yang lebih baik ya, Bela! Kamu bisa memulainya dengan menggunakan berbagai dating apps, berkenalan dengan orang baru, atau membuka hati pada orang terdekatmu. Good luck!

4. Merasa lebih lega

Ini yang Akan Kamu Alami Setelah Putus dengan Pasangan AbusivePixabay.com/Free-Photos

Kamu akan merasa hidupmu lebih lega karena dia nggak lagi ada di sampingmu. Kamu juga nggak lagi harus menanggung beban dari kepribadiannya yang membuatmu tersiksa. Kalau selama ini dia terus menguras emosimu, ini saatnya kamu bisa menikmati waktu tanpanya. 

5. Terlepas dari gaslighting

Ini yang Akan Kamu Alami Setelah Putus dengan Pasangan AbusiveUnsplash.com/AndriyKo Podilnyk

Gaslighting adalah cara pasangan yang abusive untuk mengubah kesadaranmu akan kenyataan yang sebenarnya. Mereka punya kemampuan untuk membuatmu percaya bahwa mereka tidak pernah mengatakan hal yang justru pernah mereka katakan. 

Tentunya kondisi ini sangat nggak menyenangkan dan dapat membuatmu trauma berkepanjangan. Setelah kamu putus dengan pasangan yang abusive, tentunya kamu akan berhenti menerima perlakuan ini. 

Baca Juga: Tanda Kamu Mengalami Kekerasan dalam Pacaran, Tapi Nggak Sadar

Baca Juga: Ciri - ciri Pasanganmu Melakukan Kekerasan Secara Online

Baca Juga: Jangan Minder, Ini Pentingnya Self Love bagi Korban Kekerasan Seksual