Terkadang dalam suatu hubungan asmara, laki-laki punya tanggung jawab lebih besar ketimbang perempuan. Salah satunya harus selalu mengerti dan menjaga perasaan pasangannya. Karena seperti yang telah diamini banyak orang, perempuan itu makhluk yang punya perasaan sensitif. Salah ucap dikit bisa menyakiti hatinya sangat dalam.

Padahal sebagai sesama manusia, laki-laki juga punya perasaan. Meskipun logikanya lebih dominan, bukan berarti mereka nggak bisa sakit hati, lho. Makanya sebagai perempuan, kamu juga harus berusaha menjaga lisan, ya. Jangan sampai karena ucapanmu yang nggak dipikir panjang dulu, justru membuat pacarmu sakit hati. 

Lalu kalimat seperti apa sih yang memungkinkan membuat laki-laki jadi baper? Berikut lima contohnya. 

1. "Masa begitu saja nggak bisa sih? Kamu kan laki-laki!"

Hati-Hati, 5 Ucapan Ini Bisa Bikin Hati Pacarmu Terluka Lho!Pexels.com/Vera Arsic

Kalau jadi laki-laki harus bisa segalanya gitu? Ingat pacarmu itu bukan superhero, dia manusia biasa sama sepertimu. Jadi wajar kalau ada satu atau dua hal yang nggak dia kuasai. Daripada sibuk menilai kekurangannya, lebih baik kamu lihat sisi lebihnya dulu. 

Dengan mengucapkan kalimat tadi, kamu hanya akan membuatnya merasa tidak berguna sebagai laki-laki. Padahal mungkin dia mempunyai lebih banyak kelebihan dibanding kekurangan yang kamu permasalahkan itu. 

2. "Bisa nggak sih kamu lebih peka sedikit ke aku?"

Kata-kata barusan paling sering keluar dari mulut perempuan, apalagi kalau lagi kesal sama pacarnya. Seharusnya kamu tahu, kalian punya kesibukan masing-masing. Banyak hal yang perlu dipikirkan selain pacaran. Mungkin dia terkesan nggak mengertimu, karena kamu sendiri nggak mau terbuka sama dia dan lebih memilih main kode saja.

Coba kalau dari awal kamu bisa jujur mengatakan apa yang kamu mau, tentu jika dia sungguh sayang, dia nggak bakal ragu untuk membahagiakanmu kok. Mengatakan dia nggak peka hanya akan membuatnya merasa usahanya menyenangkanmu selama ini sia-sia saja.

3. "Kalau kamu masih temenan terus sama dia, kamu nggak bakal bisa berkembang, lho!"

Hati-Hati, 5 Ucapan Ini Bisa Bikin Hati Pacarmu Terluka Lho!Pexels.com/Immortal Shots

Buat laki-laki, teman-teman bisa sama pentingnya dengan pacar. Apalagi jika mereka sudah bersahabat cukup lama, bahkan kenal sebelum kalian jadian. Tentu kalimat tadi akan membuat pacarmu sakit hati. Mungkin pikirnya kamu hanya belum mengenal temannya dengan baik, dan hanya yang melihat dari luarnya saja. 

Daripada bicara demikian, lebih baik kamu percaya saja dulu kalau sebagai laki-laki yang sudah dewasa, dia bisa memilah mana yang baik dan buruk. Jadi meskipun teman-temannya berbuat negatif, dia nggak bakal terpengaruh sedikit pun.

4. "Apaan sih hobi kok main game, nggak asik banget!"

Jangan pernah sekali-kali menyinggung soal hobi sama laki-laki. Sebab, itu bisa membuat dia sakit hati. Apalagi kalau kamu sampai meremehkan hobi yang disenanginya itu. Misalnya, pacarmu lagi suka banget sama salah satu game.

Sebagai seseorang yang nggak tertarik dengan game, mungkin kamu bakal berpikir nggak ada asiknya bermain itu. Hanya buang-buang waktu dan terkesan tidak produktif. Padahal bisa jadi dengan main game itu, dia sedang berusaha menghilangkan penat setelah seharian kuliah atau bekerja. 

Tak ada salahnya kok memberi kelonggaran buat pacarmu melakukan hobinya itu. Selama dia tahu waktu dan nggak berlebihan. Lagian kamu juga nggak senang kan saat hobi belanjamu disinggung sama dia? 

5. "Kenapa sih kamu bikin aku nangis terus?"

Hati-Hati, 5 Ucapan Ini Bisa Bikin Hati Pacarmu Terluka Lho!Pexels.com/Freestock.org

Kalimat barusan biasanya terucap saat kamu sedang emosi dan marah. Terkadang itu keluar dari mulutmu tanpa sengaja, tapi dampaknya bisa sangat luar biasa, lho. Dengan mengatakan itu, akan membuat pacarmu berpikir kebaikan yang dia berikan selama ini sama sekali nggak kamu hargai.

Memang sekali waktu kalian bertengkar dan berujung kamu menangis karenanya. Tapi, bukan berarti dia ingin menyakitimu terus-menerus kan? Kalau memang dia benar-benar sayang padamu, sebagai laki-laki dia akan berusaha melindungi, menjaga, dan membahagiakanmu kok. 

Sejatinya dalam sebuah hubungan harus ada kata saling di antara keduanya. Tak bisa jika hanya salah satu saja yang berusaha menjaga, membahagiakan, dan merawat hubungan ini. Terpenting kalian harus terbiasa saling menghargai supaya nggak ada yang menyakiti dan disakiti lagi.

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "Hati-hati Girls, 5 Ucapan Ini Bisa Bikin Hati Cowokmu Terluka Lho"

Baca Juga: Pria Juga Sensitif! 5 Tanda Jika Si Dia Merasa Terluka karenamu