Mengetahui pacar diam-diam berselingkuh tentu membuatmu kecewa dan marah besar. Tak heran sebagai korban kamu akan melimpahkan kesalahan padanya. Memang, perselingkuhan itu apa pun alasannya nggak pernah bisa dibenarkan. Akan tetapi, kamu juga mesti berkaca diri, lho. Apakah selama ini kamu sudah bertindak benar dan menjadi pacar yang baik atau tidak. 

Perselingkuhan bisa dicegah, asalkan di antara keduanya tercipta rasa aman dan nyaman dalam menjalani hubungan asmara ini. Salah satu cara mencegah terjadinya perselingkuhan adalah dimulai dari dirimu sendiri. Tunjukkan enam kualitas diri ini pada kekasihmu, niscaya dia bakal pikir berulang kali untuk menduakanmu. 

1. Percaya diri dan atraktif

6 Kualitas Diri yang Bikin Pasangan Enggan Selingkuh di BelakangmuUnsplash.com/Sept Commercial

Tampil percaya diri di depan dia adalah hal yang penting. Kamu nggak perlu meminta dibandingkan dengan orang lain hanya untuk menguji rasa cintanya padamu. Justru dengan menanyakan apakah kamu lebih cantik atau tidak, akan membuat dia ilfeel lama-lama.

Pribadi yang penuh kepercayaan diri dan atraktif akan membuat orang di sekitarmu, terutama pacar kagum. Dia bakal merasa menjadi orang yang beruntung memilikimu dan nggak akan pernah terlintas di pikirannya untuk menduakanmu. 

2. Bisa mengimbanginya dalam segala bidang

6 Kualitas Diri yang Bikin Pasangan Enggan Selingkuh di BelakangmuUnsplash.com/Roselyn Tirado

Pasti sangat menyenangkan jika sebagai pasangan kalian bisa nyambung dalam segala hal. Misalnya, meskipun kamu nggak suka sepak bola, tapi karena si dia doyan nonton bola pelan-pelan kamu mulai mengikuti acara bola.

Makanya, sewaktu dia sedang mendukung tim idolanya kamu bisa menemani dan ikut ngobrol seru dengannya. Tentunya dia akan sangat bersyukur memiliki kekasih sepertimu. Bukan melarang apalagi meremehkan, tindakanmu ini menunjukkan kalau kamu menghargainya. 

3. Memberinya waktu untuk menikmati hobi

6 Kualitas Diri yang Bikin Pasangan Enggan Selingkuh di BelakangmuUnsplash.com/Tim Mossholder

Setiap orang pasti punya hobi atau kegemaran masing-masing. Tak terkecuali kamu dan si dia. Makanya, kamu perlu memberi ruang baginya untuk melakoni hobinya, tentu saja tanpa gangguan darimu. Sebab ketika seseorang terlalu sering dilarang, apalagi ketika dia ingin melakukan kegiatan favoritnya, itu bisa membuatnya amat kesal.

Dia akan berpikir kamu bukan pacar yang suportif, nah saat itulah ketika godaan orang ketiga muncul hatinya akan terbuka dengan lebih mudah. 

4. Memberikan kepercayaan penuh padanya

6 Kualitas Diri yang Bikin Pasangan Enggan Selingkuh di Belakangmu

Percaya atau tidak, semakin kamu menekan dia dengan tuduhan berselingkuh justru lama-kelamaan hal tersebut bisa benar-benar terjadi. Siapa coba yang tidak risi terus-menerus difitnah? Daripada lelah menyangkal lebih baik dia lakoni saja apa yang kamu tuduhkan.

Makanya, penting untuk memberi pasangan kepercayaan. Katakan padanya bahwa kamu yakin dia bukan orang yang berhati busuk dan tega berselingkuh di belakangmu. Kata-kata itu pasti akan diingatnya terus dan ketika dia tergoda, hati nurani akan menuntunnya kembali ke jalan yang benar. 

5. Tidak pernah selingkuh meski banyak laki-laki yang mengejar

6 Kualitas Diri yang Bikin Pasangan Enggan Selingkuh di BelakangmuUnsplash.com/Romane Van Troost

Jika ingin pacarmu tetap setia, kamu pun harus memberi contoh yang nyata. Tunjukkan kepadanya kalau kamu setia padanya. Buktinya, meskipun ada banyak laki-laki yang menggoda dan mendekatimu, tetap tak pernah digubris sama sekali.

Kamu bisa menjaga hati dan tidak gampang goyah dengan rayuan gombal yang mereka lancarkan. Melihatmu mati-matian mempertahankan posisinya di hatimu, akan membuat dia tersentuh dan ingin melakukan hal serupa. 

6. Jangan takut kehilangan jika diselingkuhi

6 Kualitas Diri yang Bikin Pasangan Enggan Selingkuh di BelakangmuUnsplash.com/Jessica Rockowitz

Terakhir dan nggak kalah pentingnya adalah, dari awal jadian tunjukkan bahwa kamu nggak takut kehilangan dia. Bukan berarti nggak serius menjalani hubungan ini, tapi tegaskan kalau kamu tidak bisa mengampuni sebuah perselingkuhan.

Artinya, jika sekali saja dia ketahuan berselingkuh kamu akan langsung mendepaknya dari hidupmu. No debat! Dia akan terlihat buruk dan menyedihkan saat nekat melanggar komitmen ini. 

Mayoritas perselingkuhan diakibatkan karena seseorang merasa hubungan yang dia jalani saat ini terasa menyiksa dan hambar. Berbeda jika kamu bisa menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan dalam hubungan asmara kalian. Jadilah pribadi yang berharga buat pasangan. Sehingga dia tidak akan sampai hati mendua di belakangmu. 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "6 Kualitas Diri yang Bikin Pacar Enggan Selingkuh Darimu, Mantap!"

Baca Juga: 10 Kualitas Diri yang Bikin Kamu Sulit Dilupakan Orang

Baca Juga: Bukan Soal Fisik, Ini 5 Kualitas Diri Cewek yang Menarik di Mata Cowok

Baca Juga: Laki-Laki yang Mencintaimu Sepenuh Hati Pasti Punya 17 Kualitas Ini