Pernahkah kamu berpikir bahwa pacaran itu sudah tidak penting lagi? Mungkin tidak semua orang setuju akan hal ini, mereka pikir pacaran adalah jalan terbaik untuk mengenal satu sama lain sehingga lebih mudah untuk melanjutkan ke jenjang berikutnya, yaitu pernikahan.

Namun pacaran tidak semudah yang kita bayangkan, ada masanya di mana kamu merasa pacaran sudah tidak ada gunanya lagi dan lebih memilih jalan lain untuk mendapatkan pasangan hidup.

Berikut ini ada lima hal yang membuat kamu merasa pacaran itu tidak penting lagi, memang tidak selamanya berjalan mulus, lho!

1. Selalu mendapatkan pacar yang terkesan main-main

5 Hal yang Bikin Kamu Merasa Pacaran Itu Tidak Penting LagiFreepik.com

Apa yang kamu harapkan dari suatu hubungan percintaan seperti pacaran? Mungkin semua orang menginginkan hubungan yang serius, melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi untuk mendapatkan kebahagiaan yang lebih dari sebelumnya.

Namun apa yang kita harapkan dari pacaran tidak selamanya sesuai dengan kenyataan, terkadang pacaran hanya dibuat untuk main-main oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Jika kamu mendapatkan pacar yang seperti itu, tentu pemikiran kamu tentang pacaran akan berubah secara drastis. Kamu berpikir bahwa pacaran sudah tidak penting lagi seperti pemikiran kamu sebelumnya.

2. Pacaran hanya berpusat pada nafsu duniawi

5 Hal yang Bikin Kamu Merasa Pacaran Itu Tidak Penting LagiFreepik.com

Kita tidak bisa membantah bahwa masih banyak orang yang menjalin suatu hubungan percintaan seperti pacaran hanya untuk menuntaskan nafsu duniawi, bukan berpusat pada kebahagiaan setelah menikah nanti.

Makanya tidak heran jika image pacaran di tengah masyarakat sudah tidak baik lagi, orang yang berpacaran terkesan selalu berbuat yang tidak-tidak hingga melanggar batas dari pacaran tersebut.

Jadi jangan terlalu merasa aneh jika kamu menganggap bahwa pacaran itu tidak penting lagi. Jika kamu memutuskan untuk nggak pacaran, karena merasa tak mau hubungan pacaran jadi disalahgunakan, itu adalah hak kamu.

3. Terlalu banyak waktu yang terbuang ketika pacaran

5 Hal yang Bikin Kamu Merasa Pacaran Itu Tidak Penting Lagivisahunter.com

Berapa lama waktu yang kamu habiskan untuk pacaran? Mungkin ada yang berbulan-bulan hingga bertahun-tahun, itu juga belum tentu sampai ke jenjang pernikahan.

Memang pacaran itu penuh dengan risiko, waktu yang kamu habiskan untuk pacaran tidak selamanya menjamin sampai ke pelaminan. Ada yang merasa belum siap, atau bahkan muncul orang ketiga yang membuat hubungan kamu kandas di tengah jalan.

Makanya kamu akan menganggap bahwa pacaran itu tidak penting lagi karena banyak waktu yang terbuang sia-sia. Pacaran tidak akan menjamin kamu mendapatkan kebahagiaan akhir yang menjadi impian sebelumnya.

4. Pacaran selalu diselimuti dengan permasalahan

5 Hal yang Bikin Kamu Merasa Pacaran Itu Tidak Penting LagiFreepik

Kita semua tahu bahwa pacaran selalu diselimuti dengan permasalahan, baik masalah sepele seperti lupa memberi kabar hingga masalah besar seperti perselingkuhan atau adanya orang ketiga.

Tentu hal itu membuat siapa pun merasa frustrasi, masalah yang harus kamu hadapi akan bertambah banyak jika sudah mengenal yang namanya pacaran.

Tidak heran jika kamu sendiri menganggap bahwa pacaran sudah tidak penting lagi, kamu ingin menjalani hidup yang lebih nyaman tanpa ada tambahan masalah dari pacaran.

5. Kesetiaan dalam hubungan pacaran selalu diragukan

5 Hal yang Bikin Kamu Merasa Pacaran Itu Tidak Penting LagiFreepik.com

Apakah kamu percaya bahwa dalam hubungan percintaan seperti pacaran selalu ada unsur kesetiaan? Mungkin hanya sedikit yang percaya, karena pada dasarnya manusia selalu mencari yang lebih dari sebelumnya.

Hal ini berlaku juga dalam hubungan pacaran. Kadang kita merasa selalu ada yang lebih baik dari pacar kita di luar sana atau pacar kita juga berpikir serupa. Manusia memang sulit merasa puas. Makanya kesetiaan itu masih dipertanyakan, apakah benar-benar ada atau hanya kiasan belaka.

Bisa jadi juga kamu meragukan kesetiaan, karena memiliki pengalaman tak menyenangkan di masa lalu. Sehingga akhirnya, kamu enggan pacaran karena masih merasa trauma dengan hubungan terdahulu.

Itu dia deretan alasan mengapa status pacaran sudah tidak penting lagi dalam hidup kamu. Memang pacaran itu bisa membawa kebahagiaan, namun kenyataannya tidak semudah yang kita bayangkan. Kamu mau pacaran atau tidak, itu semua adalah keputusanmu. Hal terpenting, jangan menjadikan itu sebagai beban dalam hidupmu.

 

Disclaimer: Artikel ini sudah terbit di laman IDN Times dengan judul "5 Hal yang Akan Membuat Kamu Merasa Pacaran Itu Tidak Penting Lagi"

Baca Juga: Pacaran di Bawah Laut, Ini 9 Momen Bulan Madu Dinda Hauw & Rey Mbayang

Baca Juga: 5 Zodiak yang Pacaran Lama Sebelum Memutuskan Menikah

Baca Juga: Kenali Gaya Pacaran Berdasarkan 12 Zodiak, Kamu yang Mana?