Kencan pertama bisa menjadi momen yang sangat dinantikan, tapi di sisi lain kencan pertama juga bisa menakutkan bagi sebagian orang. Saat akan kencan pertama, kamu tentu ingin bisa memberikan kesan yang baik, tapi kamu juga khawatir jika seandainya kencan pertama berakhir dengan buruk.

Nah, supaya kencan pertama kamu berjalan mulus, simak dulu hal yang boleh dan nggak boleh dilakukan saat melakukan kencan pertama dengan si dia.

Do: simpan ponsel kamu

15  Dos & Don’ts Saat Kencan Pertama, Kamu Harus Tahu!Pexels.com/Jep Gambardella

Akui, deh, kamu susah banget lepas dari ponsel kamu. Tapi saat kencan pertama, lebih baik simpan ponsel kamu dan fokus mengobrol dengan si dia, ya. Kalau kamu sibuk bermain Instagram, membalas pesan singkat dari teman, atau iseng browsing di internet, kamu justru terlihat tak menghargai teman kencanmu.

Don’t: datang terlambat

Kalau kamu terlambat, itu artinya kamu sudah memberikan kesan pertama yang buruk bagi teman kencanmu. Datang terlambat juga mengesankan kamu tak menghargai waktunya. Jika memang ada keadaan yang mendesak sehingga kamu terlambat, jangan lupa untuk mengabari dia, ya.

Do: tetap harus jaga sopan santun

15  Dos & Don’ts Saat Kencan Pertama, Kamu Harus Tahu!Freepik.com

Jangan lupa sopan santun, ya. Misalnya dengan mengatakan “terima kasih” jika dia membukakan pintu untukmu, atau ucapkan “tolong” jika kamu meminta bantuannya. Sikap baik seperti ini memang terkesan sederhana, tapi sangat berperan penting saat kamu berinteraksi dengan orang lain.

Don’t: umbar hubungan masa lalumu

Terkadang, kamu kehabisan bahan pembicaraan saat kencan pertama. Namun topik seputar hubunganmu di masa lalu harus dihindari, ya. Apalagi ketika kamu mulai membandingkan teman kencanmu dengan mantan pacarmu. It's a big no no, Bela!

Do: lebih baik bicara soal kegiatan atau passion kamu

15  Dos & Don’ts Saat Kencan Pertama, Kamu Harus Tahu!Pexels.com/Mentatdgt

Saat kencan pertama, topik paling aman yang bisa kamu bicarakan adalah seputar kegiatan sehari-hari kamu. Apakah kamu kerja atau kuliah, bidang apa yang kamu geluti, apa yang menjadi passion kamu, dan lain sebagainya.

Don’t: memakai baju terlalu seksi

Jangan memberikan kesan yang ‘salah’ saat kencan pertama. Tak perlu tampil terlalu seksi, jika itu bukan kepribadianmu.

Do: pilih tempat umum yang nyaman

15  Dos & Don’ts Saat Kencan Pertama, Kamu Harus Tahu!www.freepik.com

Sebaiknya pilih tempat bertemu yang umum, namun tetap nyaman untuk dirimu. Misalnya, pilih lokasi yang terlalu jauh dari rumahmu atau kafe yang tak terlalu ramai tapi sering kamu kunjungi.

Don’t: berharap terlalu banyak

Jangan berharap terlalu tinggi soal kencan pertamamu, apalagi langsung berharap dia menjadi pacarmu atau bahkan mengajakmu menikah. Intinya, nikmati kencanmu, tapi ketahui juga bahwa tak semua hal yang kamu harapkan bisa jadi kenyataan.

Do: cari informasi tentang si dia di media sosial

15  Dos & Don’ts Saat Kencan Pertama, Kamu Harus Tahu!Shutterstock/fizkes

Nggak ada salahnya kamu cari informasi soal teman kencanmu di media sosial. Informasi seputar hobi yang dia sukai atau pekerjaan yang dia lakukan bisa membantu kamu untuk lebih mudah mengobrol dengannya saat kencan.

Don’t: tapi jangan bilang padanya kalau kamu ‘stalking’ dia di media sosial

Simpan saja informasi itu untuk dirimu sendiri. Tak perlu beritahu padanya kalau kamu mencari-cari informasi tentangnya di media sosial. Bisa-bisa dia merasa khawatir dan akhirnya menjaga jarak denganmu.

Do: menjadi pendengar yang baik dan berikan pertanyaan

15  Dos & Don’ts Saat Kencan Pertama, Kamu Harus Tahu!Freepik.com

Agar percakapan kalian berjalan dengan baik, maka kamu juga harus menjadi pendengar yang baik. Hindari pertanyaan yang sifatnya pribadi atau sensitif. Tapi kamu bisa memberikan pertanyaan-pertanyaan yang lebih berarti, misalnya soal apa yang dia sukai. Perlu diingat juga, jangan jadikan kencan ini seperti wawancara, ya, sesekali kamu juga harus bicara.

Don’t: terus-menerus bicara tentangmu

Kamu mungkin tipe orang yang suka berbicara, tapi hindari mendominasi percakapan dengan selalu bicara tentang dirimu. Seperti poin sebelumnya, kamu juga harus bisa menjadi pendengar yang baik dan biarkan dia bercerita tentang dirinya.

Do: dengarkan insting kamu

15  Dos & Don’ts Saat Kencan Pertama, Kamu Harus Tahu!Unsplash.com/Christin Hume

Selalu percaya dengan insting kamu, ya, Bela. Jika kamu merasa ragu dengan teman kencanmu, maka nggak salah, kok, jika kamu tidak lagi mengontak dia setelah kencan. Kamu juga berhak menolak, jika dia mengajakmu ke tempat lain, apalagi jika dalam hati kamu tidak menikmati kencan tersebut.

Don’t: diam saja saat disentuh

Nggak jarang ada orang yang memang dengan mudah menyentuh atau merangkul, bahkan dengan orang yang baru dikenal. Jika kamu merasa tak nyaman dengan sentuhan-sentuhan yang dia berikan, tunjukkan atau katakan saja langsung bahwa kamu merasa tak nyaman.

Do: selalu bersikap positif

15  Dos & Don’ts Saat Kencan Pertama, Kamu Harus Tahu!readersdigest.ca

Seandainya kencan kamu tidak sesuai dengan harapanmu, nggak usah lantas merasa kesal dan marah-marah dengan teman kencanmu. Anggap saja, kencan itu sebagai pengalaman baru untuk kamu. Toh, kamu tak perlu langsung berkomitmen dengannya.

Itulah beberapa aturan penting seputar hal yang boleh dan harus dihindari saat kencan pertama. Semoga kencan pertama kamu berjalan mulus, ya!

Baca Juga: Ini 15 Pesan yang Bisa Kamu Kirim Setelah Kencan Pertama dengan Si Dia

Baca Juga: Waspada! 5 Kesalahan Kencan Ini Sering Dilakukan Para Jomblo Akut

Baca Juga: 10 Perbedaan Paling Terasa Saat Kencan Usia 20-an vs Usia 30-an