Virus corona yang dikenal dengan nama COVID-19 kini statusnya telah dinaikkan menjadi pandemi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Istilah “pandemi” sendiri oleh WHO bukan sebuah kata yang bisa digunakan secara ringan. Pandemi merupakan istilah yang diberikan terhadap skala penyebaran penyakit yang terjadi secara global di seluruh dunia.

Meski begitu, WHO tetap memperingatkan agar peningkatan status ini tidak dijadikan alasan untuk khawatir berlebihan, karena status pandemi itu sendiri dilakukan untuk lebih meningkatkan kesadaran setiap negara.

Cara Kencan Aman di Tengah-tengah Pandemi Virus Coronaimage.freepik.com

Sebelum ditetapkan sebagai pandemi pun, COVID-19 telah memberikan dampak yang luas bagi masyarakat di seluruh dunia. Sejumlah acara besar dibatalkan, banyak orang yang juga batal berpergian keluar negeri, dan mengubah cara orang berinteraksi satu sama lain, termasuk mengubah cara orang berkencan.

Ketika COVID-19 merebak di Prancis, pemerintah negara tersebut mengimbau warganya untuk menghentikan kebiasaan ciuman. Di Prancis sendiri, ciuman merupakan hal lumrah dan telah menjadi budaya. Ketika orang-orang Prancis bertemu dan menyapa, biasanya mereka melakukan ciuman, baik di pipi maupun bibir.

Lalu apa yang harus dilakukan, ketika ternyata kamu memiliki janji kencan dengan seseorang? Haruskah dibatalkan, karena COVID-19?

Tetap waspada dan jaga kebersihan

Cara Kencan Aman di Tengah-tengah Pandemi Virus CoronaPixabay.com/Martin Slavoljubovski

Menurut dr. Erika Schwartz, seperti dilansir Refinery29, tidak perlu langsung membatalkan, tapi kamu tetap harus waspada dan hati-hati.

Hal terpenting yang perlu kamu lakukan untuk mencegah penyebaran virus adalah dengan secara rutin mencuci tangan dan sebisa mungkin tidak menyentuh wajah menggunakan tangan. Nggak ada salahnya juga memastikan teman kencan kamu dalam keadaan sehat saat kalian bertemu atau pastikan dirimu juga dalam keadaan sehat. Jika kamu merasa tak enak badan, bilang saja kencan kalian sebaiknya dijadwal ulang.

Jauhi lokasi yang penuh kerumunan orang banyak

Cara Kencan Aman di Tengah-tengah Pandemi Virus CoronaPixabay.com/Stocksnap

Ketika kalian memutuskan untuk bertemu, sebaiknya hindari pertemuan di tempat yang penuh sesak atau berada dalam kerumunan orang di tempat sempit. Pilih resto atau ruangan yang lebih terbuka, serta nggak terlalu ramai.

Saat bertemu, kamu juga bisa mengubah kebiasaan salaman atau pelukan dengan lambaian tangan. Begitu pula saat berpisah, hindari ciuman, interaksi intim, dan bahkan hindari berpegangan tangan.

Perhatikan apa yang kamu konsumsi

Cara Kencan Aman di Tengah-tengah Pandemi Virus Coronafreepik.com/freepik

Pastikan juga kamu memesan makanan terpisah. Tak perlu mencicipi makanan atau minuman yang dia makan. Hal ini juga untuk mencegah kalian saling bertukar kuman,” kata dr. Schwartz.

Kamu juga harus pertimbangkan untuk menjauhi konsumsi makanan dan minuman manis, serta minuman beralkohol. Alkohol dan gula bisa menekan sel-sel sistem imun kita yang ditujukan untuk menyerang bakteri, demikian menurut WebMD.

Intim tanpa sentuhan fisik

Cara Kencan Aman di Tengah-tengah Pandemi Virus CoronaPixabay.com/Rachel Scott

Meski begitu, bukan berarti kamu tidak bisa menikmati kencan kamu, karena ada banyak cara untuk merasa ‘dekat’ meski tidak bersentuhan fisik secara langsung.

Saat berkencan, kamu masih bisa mengobrol dengan si dia dan bercerita tentang banyak hal. Buka obrolan seputar hal-hal yang kamu sukai, pengalaman yang paling berkesan bagi kamu dan dia, apa impiannya yang belum tercapai, dan masih banyak lagi.

Intinya, jangan jadikan situasi saat ini untuk mencegahmu melakukan kegiatan kamu sehari-hari. Hindari pula stres, karena menurut dr. Schwartz, stres juga bisa menurunkan sistem imun dalam tubuhmu.

Jaga kesehatan dan kebersihan, ya, Bela. Mari kita lawan virus corona ini bersama-sama!

Baca Juga :

Kenali Gejala, Penyebab dan Cara Mengobati Virus Corona  
Cegah Virus Corona, Ini 7 Cara Meningkatkan Kekebalan Tubuh 
Jangan Asal, Begini Tahapan Mencuci Tangan Yang Benar  
7 Cara yang Bisa Kamu Lakukan untuk Mencegah Virus Corona 
Menurut WHO, Ini 7 Cara Efektif Hindari Penyebaran Corona di Kantor