Jatuh cinta memang indah rasanya. Terkadang, kamu rela melakukan apapun saking dibutakan oleh cinta. Sesekali nggak ada salahnya kok, apalagi ini bisa bentuk bahwa kamu mencintainya. Bukankah begitu?

Tapi awas ‘bablas’ ya! Kamu harus bisa memahami mana yang sudah kelewat batas dan mana yang normal. Supaya lebih jelas lagi, coba yuk renungkan kembali apakah si dia memanfaatkanmu atau nggak. Berikut beberapa tandanya, hati-hati dimanfaatkan tuh!

1. Nggak ada teori take and give antara satu sama lain

Alami 4 Hal Ini? Awas, Itu Tanda Kamu Jalani Toxic Relationship!ymi.today

Ingat, dalam menjalin sebuah hubungan itu harus ada dua arah alias take and give. Jangan sampai hanya kamu saja yang memberikan segalanya, tapi pasanganmu justru nggak pernah memberikan feedback yang sama.

Coba recall ingatanmu lagi, selama ini apakah kalian berdua sudah sama-sama memberikan yang terbaik untuk satu sama lain? Jika hanya kamu seorang, ini bisa jadi pertanda bahwa kamu hanya dimanfaatkan.

2. Selalu menghindar ketika ditanyakan komitmennya

Alami 4 Hal Ini? Awas, Itu Tanda Kamu Jalani Toxic Relationship!hellokpop.com

Pertanda selanjutnya adalah ketika si dia nggak bisa memberikan kepastian tentang hubungan kalian berdua, apalagi kalau kalian sudah lama dalam menjalin hubungan ini. Pertanyaannya, mau sampai kapan kalian hanya pacaran begini-begini saja? Apalagi cewek pasti membutuhkan kepastian, bukankah begitu?

Jika dia selalu menghindar kalau kamu menanyakan komitmen, patut dicurigai tuh.

3. Menghubungimu hanya saat ada maunya

Alami 4 Hal Ini? Awas, Itu Tanda Kamu Jalani Toxic Relationship!dramabeans.com

Duh, kalau memang si dia menghubungimu di saat butuh saja, sedih banget deh rasanya. Meski kita belum tahu apa alasan di baliknya, tapi tanda seperti ini bikin kita jadi negative thinking terhadapnya. Ya ‘kan Bela?

Kalau kamu merasakan hal yang sama selama ini, you’re not alone. Soalnya ini juga dirasakan oleh Steffy yang sudah dibutakan dengan cintanya terhadap Keane di web series berjudul “Aku Pasti Ada Untukmu” yang lagi tayang di YouTube Blibli.

Ceritanya, Steffy (diperankan Anya Geraldine) dan Keane (diperankan Richard Kyle) ini adalah sepasang kekasih yang tengah menjalin hubungan, tapi sayangnya Keane ini hanyalah memanfaatkan cinta Steffy meski sang sahabat, Tinton (diperankan Refal Hady), sudah mengingatkannya berkali-kali. Di sisi lain, Tinton sudah lama menaruh hati dengan Steffi, sahabatnya.

Waduh, Steffy dibutakan karena cinta tuh! Kira-kira, apa ya yang akan dilakukan Steffy pada Keane? Lalu, bagaimana perjuangan Tinton untuk mengingatkan sahabatnya tersebut?

Alami 4 Hal Ini? Awas, Itu Tanda Kamu Jalani Toxic Relationship!Dok. Blibli

Kamu bisa saksikan cerita selengkapnya di web seriesAku Pasti Ada Untukmu” dari Blibli ya! Ada yang sudah penasaran?

4. Lebih sering memaksa atau lebih parah seperti mengancam

Alami 4 Hal Ini? Awas, Itu Tanda Kamu Jalani Toxic Relationship!sportskeeda.com

Kalau ini sih sudah kelewat batas ya Bela. Kalau sewaktu-waktu si dia mendadak temperamen hanya karena keinginannya nggak sesuai dengan harapannya, ini bisa dikategorikan sebagai tanda toxic relationship lho!

Dalam sebuah hubungan, komunikasi adalah poin yang penting. Jadi, tindakan seperti memaksa atau bahkan mengancam seperti ini bukanlah jalan keluarnya. Wake up girls, you deserve better! Jangan dibutakan karena cinta ya!

Ini bukan sekadar artikel ya Bela, bahkan toxic relationship itu bukanlah sebuah tren. Itulah mengapa Blibli membuat sebuah web seriesAku Pasti Ada Untukmu” di Official YouTube-nya. Web series ini juga bukan sekadar kisah romansa bertepuk sebelah tangan, tapi kisah yang terjalin ini bisa menjadi renungan tentang sebuah hubungan yang sehat. 

Blibli paham betul kalau fenomena ini dekat dengan kalangan anak muda, termasuk kamu yang lagi baca artikel ini. Yap, kamu bisa jadikan ini sebagai edukasi kamu dan pasangan. Ada yang mau sharing tentang kisah percintaanmu? Boleh ya, tulis di kolom komentar artikel ini. (WEB)

Baca Juga: 4 Tanda Saudara Ipar Toxic, Bikin Tak Nyaman!

Baca Juga: 9 Ciri Laki-Laki Toxic, Sebaiknya Tak Perlu Dipacari! 

Baca Juga: 6 Cara Menolong Teman Keluar dari Hubungan Toxic, Menurut Ahli