Mempertahankan sebuah hubungan tentunya tak semudah membalikkan telapak tangan. Faktanya, ada banyak faktor yang bisa memicu pertikaian. Satu di antaranya yakni sikap pasangan yang kadang terkesan menjengkelkan hingga tak jarang memunculkan rasa bosan.

Nah, kalau kamu menginginkan hubungan yang awet dan harmonis, ada baiknya kamu hindari beberapa sikap di bawah ini. Meski terkesan sepele, kebiasaan-kebiasaan berikut justru bikin hubunganmu makin renggang, lho!

1. Terlalu mengekang

5 Sikap yang Perlu Dibatasi agar Hubunganmu Nggak Banyak DramaPexels.com/Kat Jayne

Kamu tentu berusaha untuk selalu perhatian ke pasanganmu, bukan? Well, it's good! Sebuah perhatian bisa jadi kunci memperkuat hubungan. Tapi demikian, sikap perhatianmu baiknya jangan terlalu mendominasi. Apalagi sampai berubah jadi over protective. Pada dasarnya, setiap orang itu nggak suka dikekang, lho! Semakin kamu mengekang pasanganmu, bisa-bisa ia akan merasa tertekan. 

Sebenarnya, kamu nggak perlu bersikap terlalu posesif untuk mempertahankan pasanganmu. Jika dia memang udah dewasa dan benar-benar mencintainmu, dia pasti tahu kok cara menempatkan dirinya. Kamu hanya cukup memberinya kepercayaan.

2. Jarang peduli terhadap perasaannya

Kamu pasti berharap memiliki pasangan yang peka, peduli, dan mengerti akan keinginanmu, bukan? Ya, sikap yang demikian itu memang bisa kamu merasa dicintai. Namun, kamu perlu mengetahui bahwa pasanganmu juga ingin diperlakukan sama. Jadi jangan hanya menuntut dia untuk peka. Kamu pun perlu memahami perasaannya. 

Jika kamu terus-menerus bertindak egois dan cenderung acuh terhadap pasanganmu, bukan tak mungkin dia bakalan bosan, bahkan menyerah karena dia merasa seolah berjuang sendirian. 

3. Terlalu sering menuntut dan mengeluh

5 Sikap yang Perlu Dibatasi agar Hubunganmu Nggak Banyak DramaPexels.com/Derick Santos

Menurut hasil penelitian, bersikap terbuka memang bisa jadi kunci kelanggengan hubungan. Yang perlu dicatat, jangan sampai sifat terbukamu sampai melebihi batas. Dalam artian kamu selalu mengeluhkan segala hal pada pasanganmu. Bahkan sampai menuntut ini-itu.

Sikap yang demikian tersebut justru bisa memicu pertikaian, hingga lama-kelamaan bikin pasanganmu mudah jenuh. Ingat, pasanganmu juga butuh kasih sayang. Jadi, pastikan sikapmu balance. Sesekali tegas boleh saja. Tapi, jangan lupa memberinya pujian.

4. Mengungkit kesalahan pasangan berulang-ulang

Satu lagi nih, kebiasaan yang kerapkali bikin pasangan jengah. Yakni selalu mengungkit kesalahan berulang kali. Hmm, apa kamu juga demikian? Bela, cobalah untuk menurunkan sedikit egomu. Pasanganmu mungkin pernah berbuat salah, tapi ingatlah dia juga bukan malaikat. Tak ada sosok yang sempurna di dunia ini.

Jika memang dia sudah meminta maaf, ya maafkanlah kesalahannya dan lupakan apa yang telah terjadi. Menengok masa lalu terlalu lama tak akan ada gunanya. Lebih baik kamu fokus terhadap masa depan kalian. 

5. Cemburu berlebihan

5 Sikap yang Perlu Dibatasi agar Hubunganmu Nggak Banyak DramaPexels.com/Kieran White

Kamu boleh saja berdalih bahwa cemburu itu tanda cinta. Tapi, bila kecemburuan tersebut berlebihan bahkan sampai menimbulkan pikiran-pikiran negatif, maka efeknya juga akan buruk terhadap hubunganmu. 

Bagaimanapun, rasa cemburu haruslah diimbangi dengan logika. Jangan hanya karena kamu merasa memilikinya, lalu kamu berusaha membatasi ruang geraknya. Percaya deh, sikap over jealous ini tak akan membuat pasanganmu semakin cinta. Sebaliknya, dia bisa saja merasa jenuh bila tindakanmu telah kelewatan. 

Jadi itulah tadi sederet kebiasaan yang kerapkali memicu pertikaian dengan pasangan. Jika kamu ingin hubunganmu awet, segera hindari sikap-sikap di atas, ya! 

Disclaimer: Artikel ini sudah diterbitkan di laman IDN Times dengan judul "5 Sikap yang Perlu Dibatasi Agar Hubunganmu Gak Banyak Drama"

Baca Juga: 5 Hal yang Harus Dimiliki Pasangan LDR Agar Hubungan Tetap Langgeng