Sakit hati jika dibiarkan akan berubah menjadi dendam. Selain menjadi dendam, sakit hati yang dibiarkan lama bisa memengaruhi kesehatan fisik dan mentalmu, Bela. Memang nggak enak rasanya mengalami sakit hati. Apalagi jika orang yang menyakiti kita adalah orang yang paling kita cintai atau percaya. Tentu bukan hal yang mudah untuk mengobati sakit hati tersebut. Maka dari itu, penting bagi kita untuk mengetahui cara menghilangkan sakit hati.

Dendam atau sakit hati yang menyebabkan stres ini lambat laun akan mengganggu keseharianmu. Murung, mudah emosi, insomnia, hingga sampai maag bisa terjadi karena banyaknya pikiran. Kamu akan terus berkutat pada masa lalu. Untuk menghindari hal tersebut, berikut cara menghilangkan sakit hati yang bisa kamu lakukan agar hidup lebih tenang.

1. Terima kenyataan

9 Cara Menghilangkan Sakit Hatiunsplash.com/@yrss

Nggak semua orang akan berlaku sesuai seperti apa yang kamu harapkan. Seringkali, ekspektasi kita akan seseorang yang nantinya bisa membuat kita sakit hati ketika orang tersebut nggak seperti yang kamu inginkan. Semua orang pasti pernah melakukan kesalahan. Dari kesalahan ataupun cobaan tersebut, kita akan belajar.

Cobalah untuk menerima kenyataan. Kalau memang kamu sudah nggak bersamanya lagi. Entah itu berpisah karena dipisahkan oleh maut, atau berpisah karena satu dan lain halnya. Itu adalah cara Tuhan mempertemukanmu dengan seseorang yang baru dan memang sudah ditakdirkan akan berpasangan denganmu. Cara menghilangkan sakit hati dengan menerima kenyataan ini bisa membantumu untuk bangkit dan menjadi seseorang yang lebih bijaksana lagi.

2. Berhenti stalking atau mencari kabar tentangnya

9 Cara Menghilangkan Sakit Hatiunsplash.com/@gilleslambert

Biasanya, awal-awal perpisahan merupakan kondisi yang berat. Apalagi jika hubungan kalian sudah berlangsung selama bertahun-tahun dan sudah mulai dalam tahap serius. Sakit hati yang kalian alami pastinya akan sangat membekas, apalagi jika penyebab perpisahan kalian karena adanya orang ketiga dan orang ketiga tersebut adalah sahabat kalian sendiri. Otomatis kalian akan langsung kehilangan dua orang yang amat kalian sayangi dan percaya.

Setelah menerima kenyataan, cara menghilangkan sakit hati lainnya yakni dengan berhenti mencari informasi tentangnya. Hal tersebut hanya akan menambah sakit hati kalian apalagi jika pada akhirnya mereka bahagia. 

3. Donasikan atau kembalikan barang-barang yang mengingatkannya.

9 Cara Menghilangkan Sakit Hatiunsplash.com/@jeshoots

Benda-benda yang diberikan atau yang menyimpan kenangan pun bisa memicu ingatanmu bersamanya. Mengingat momen bahagia bersamanya malah akan membuatmu sulit untuk move on karena kamu akan terus berada pada masa lalu yang bahagia. Dengan demikian, akan sulit ketika ada orang baru yang lebih baik darinya hadir dalam hidupmu.

Cara menghilangkan sakit hati selanjutnya adalah dengan mendonasikan benda-benda yang mengingatkanmu padanya. Selain beramal, kamu juga bisa lebih mudah untuk menerima kenyataan dan nggak terhalang oleh masa lalu.

4. Tulis pikiran dan perasaanmu

9 Cara Menghilangkan Sakit Hatiunsplash.com/@kellysikkema

Menulis merupakan salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk melepas stres. Dengan menulis seluruh pikiran, rasa kecewa serta segala sesuatu yang terpendam dalam pikiran dan hatimu akan mengalir keluar. Ketika semuanya sudah diluapkan dalam tulisan, tentu itu akan membuatmu lebih tenang. Tapi ingat ya, Bela, jangan menulisnya di media sosial yang bisa dibaca oleh orang lain. Jadikan tulisan tersebut hanya kamu saja yang tahu. Karena jika kamu menyebarkannya, sama saja kamu tengah membuka masalah dan aibmu. Dan perlu diingat, nggak semua orang akan membantumu, ada juga orang-orang yang malah akan senang atas sakit hatimu tersebut.

5. Fokus pada hobimu

9 Cara Menghilangkan Sakit Hatiunsplash.com/@giulia_bertelli

Cara selanjutnya untuk menghilangkan sakit hati adalah dengan sibuk dengan hobimu. Ketika kamu sibuk dan fokus pada apa yang kamu sukai, maka secara nggak langsung kamu akan mulai melupakan sakit hati yang tengah kamu alami kini.

Penyaluran hobimu tersebut akan mengasah kemampuanmu yang tentunya akan meng-upgrade dirimu. Dengan demikian, keterampilan tersebut nantinya akan membawa seseorang tertarik denganmu. Banyak pasangan yang bertemu dan akhirnya bersatu karena memiliki hobi yang sama. Jadi, jangan patah semangat dan jangan putus asa.

6. Mulailah berolahraga

9 Cara Menghilangkan Sakit Hatiunsplash.com/@kikekiks

Selain menyalurkan hobi serta menulis, berolahraga juga bagus untuk kesehatan fisik dan mentalmu. Ketika kamu berolahraga, tubuh akan mengeluarkan hormon endorfin yang membuatmu bahagia dan lebih tenang. Sesekali cobalah olahraga yoga untuk melatih fokus dan pernapasan agar kamu bisa jadi lebih tenang.

7. Habiskan waktu dengan sahabat atau keluarga.

9 Cara Menghilangkan Sakit Hatiunsplash.com/@daiga_ellaby

Sering ketika kita memiliki pasangan, kita jarang meluangkan waktu atau menghabiskan waktu dengan keluarga dan sahabat karena kita terlalu fokus pada pasangan. Wajar kok, Bela. Jika pasanganmu menjadi prioritas dalam hidupmu.

Mungkin, dengan berpisahnya kalian juga sebagai pengingat bahwa masih banyak orang yang menyayangimu apa adanya dengan menerima segala kekurangan dan kelebihanmu bahkan ketika kamu pernah melupakan mereka dan mereka masih menerimamu. Sahabat dan keluarga.

8. Ikut kegiatan sosial

9 Cara Menghilangkan Sakit Hatiunsplash.com/@timmarshall

Cara menghilangkan sakit hati lainnya adalah dengan banyak beramal dengan ikut kegiatan sosial. Beramal bisa membuat hatimu lebih lapang. Manfaat lain dari mengikuti kegiatan sosial adalah kamu bisa menambah wawasan, kepedulianmu lebih berkembang, melatih jiwa kepemimpinan, dan tentunya berpahala jika kamu melakukannya dengan ikhlas.

Misalnya menjadi relawan bencana, relawan mengajar atau relawan lainnya. Kamu jadi akan lebih terbuka dengan keadaan serta lebih semangat untuk bersyukur dan menjalani hidup.

9. Ikuti kegiatan positif

9 Cara Menghilangkan Sakit Hatiunsplash.com/@benshares

Selain menjadi relawan, cara menghilangkan sakit hati lainnya yakni dengan mengikuti kegiatan positif lainnya, seperti mengikuti seminar atau workshop yang nantinya akan menambah keterampilanmu. Dengan mengikuti kegiatan positif tersebut akan memberikan lingkungan positif juga untukmu. Siapa tahu kamu akan bertemu jodohmu di sana, Bela.

Baca Juga: 33 Kata-Kata Sakit Hati Sama Suami