Menemukan cinta sejati sama susahnya seperti mendapatkan pekerjaan yang cocok. Dua-duanya sangat menentukan masa depan. Nggak heran jika mempertahankannya dibutuhkan banyak hal.

Banyak yang sudah bersama hingga belasan tahun namun pada akhirnya nggak berujung di pelaminan, ada juga yang baru kenal seminggu, dua bulan kemudian sudah mantap ke pelaminan. Ternyata, waktu bukan satu-satunya alasan atau hambatan, berjodoh enggaknya pasangan.

Selama bersama, pasti banyak sekali hambatan dan halangan. Nah Bela, berikut cara mempertahankan hubungan dalam beberapa kondisi yang sering terjadi.

Cara mempertahankan hubungan yang hampir putus

Cara Mempertahankan Hubungan Sesuai Kondisi yang Kamu Hadapiunsplash.com/@evertonvila

Putus merupakan jalan terakhir suatu hubungan ketika nggak bisa lagi diperbaiki. Entah itu karena cinta yang mulai berkurang, bosan, atau beda cara pandang bisa menjadi penyebab pupusnya hubungan. Ada beberapa cara mempertahankan hubungan yang hampir putus.

1. Saling mengevaluasi pribadi masing-masing

Tentunya, kesalahan datang karena ada sebab yang berbuntut akibat, Bela. Bisa jadi karena kamu kurang memperhatikan pasangan, ia jadi mencari yang lain yang lebih perhatian darimu.

Sebelum putus, coba deh kalian saling mengevaluasi terlebih dahulu. Pikirkan secara panjang baik dan buruknya jangan sampai menyesal kemudian. Jangan membuat keputusan ketika kalian dalam keadaan marah ya. Karena keputusan yang melibatkan emosi kadang nggak rasional dan nggak dipikirkan secara matang yang seringnya berakhir penyesalan.

2. Samakan tujuan

Ketika kita dan pasangan memiliki tujuan yang sama, perbedaan sebesar apa pun akan dicoba untuk dipahami. Wajar kan jika kita berbeda dengan pasangan. Perbedaan tersebut yang membuat kita saling mengisi satu sama lain.

3. Pikirkan tentang kita, bukan aku atau kamu saja.

Semua keputusan yang akan kalian ambil, pikirkan tentang baik buruknya bagi kita. Bukan hanya bagi kamu atau hanya bagi pasanganmu saja hanya satu pihak berdasarkan ego masing-masing. Namun, cobalah melihat dari sudut pandang kita yang merupakan kesatuan dari kalian.

Cara mempertahankan hubungan LDR

Cara Mempertahankan Hubungan Sesuai Kondisi yang Kamu Hadapiweddingwire.com

Yang tinggal satu kota, satu sekolah bahkan satu kelas pun bisa berakhir begitu saja, apalagi jika kalian terpisah oleh jarak. Pastinya hubungan long distance relationship ini hanya bisa dilalui oleh orang-orang yang memiliki komitmen tinggi. Jika kamu salah satunya, kamu hebat, Bela. Karena nggak semua orang bisa menjalani hal tersebut.Ada beberapa cara mempertahankan hubungan LDR ini agar kalian bisa terus langgeng bahkan sampai ke pelaminan.

1. Perbaiki komunikasi.

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam suatu hubungan. Jika komunikasi kita dan pasangan kurang baik, otomatis akan banyak kesalahpahaman serta banyak perbedaan yang nggak bisa kalian pahami.

Dalam hubungan jarak jauh, komunikasi pastilah sangat penting. Kamu dan pasangan memang sejak awal harus memiliki kepercayaan bahwa komunikasi itu sangat penting bagi kalian. Jadi selelah apa pun kalian, seenggaknya kalian saling mengabari dan ketika nggak bisa dihubungi atau menghubungi, jelaskan secara terperinci. 

Boleh kok Bela sesekali kalian saling berkirim surat. Bukan surel ya, tapi benar-benar surat yang ditulis tangan agar memberikan kesan mendalam. Buatlah cara komunikasi yang terkesan yang hanya dia lakukan denganmu.

2. Buat beberapa game of rules.

Aturan yang kita buat tentunya bukan yang saling memberatkan ya, Bela. Seperti harus saling memberi kabar dan saling terbuka memang sudah suatu keharusan dalam hubungan. Nah Bela, buatlah beberapa game of rules dengan pasanganmu tentang apa yang boleh dan nggak boleh kalian lakukan.

3. Saling memberi kejutan.

Salah satu cara mempererat hubungan adalah dengan memberi kejutan. Nggak harus berupa barang, kamu datang ke tempatnya juga pasti sangat membuatnya terkejut.

Jika keluarganya dekat dengan kotamu atau dalam satu kota, kamu bisa memperpanjang silaturahmi dengan main ke rumahnya dan menjaga hubungan baik dengan keluarganya.

Cara mempertahankan hubungan yang nggak direstui

Cara Mempertahankan Hubungan Sesuai Kondisi yang Kamu Hadapiunsplash.com/@sweeticecreamwedding

Hubungan yang paling berat salah satunya merupakan hubungan yang nggak direstui. Banyak asalan keluarga menentang hubungan suatu pasangan. Di antaranya perbedaan agama, etnis, atau sosial. Kebanyakan karena alasan tersebut, Bela.

Jika hubunganmu dan pasangan tengah ada di tahap hubungan nggak direstui, berikut cara mempertahankan hubungan yang nggak direstui.

1. Buktikan bahwa perbedaan bukan masalah.

Banyak yang menganggap jika banyaknya perbedaan merupakan suatu hambatan. Tapi sejatinya, cinta kadang nggak mengenal tersebut karena cinta memang bisa menyatukan perbedaan.

Jika kamu dan pasangan berbeda keyakinan, memang bukan keputusan yang mudah untuk bisa bersatu. Keyakinan merupakan hak masing-masing dan nggak bisa dipaksakan. Agar direstui, cobalah buktikan bahwa dengan bersatu, kalian nggak sama-sama mengurangi cinta kalian pada Tuhan masing-masing.

Perbedaan lainnya yakni etnis dan sosial. Jika masalah tersebut yang sedang kalian hadapi, coba ajak keluarga untuk melihat perbedaan tersebut dengan sudut pandang kalian. Bahwa perbedaan itu indah dan bisa saling melengkapi. Mungkin butuh perjalanan yang panjang. Tapi ketika kalian sama-sama yakin, apapun bisa dilewati.

2. Tunjukkan hal terbaik dari masing-masing kalian.

Yakin deh, Bela, jika kebaikan dan kesabaran bisa meluluhkan hati yang keras. Tunjukkan bahwa kalian sama-sama baik meskipun berbeda. Lambat laun, keluarga kalian bisa saling menerima dan merestui.

Kalian harus saling berpikir positif dan hindari pikiran negatif. Karena hal positif tersebut yang akan memberi kalian keyakinan dan kekuatan untuk bisa terus bersama.

3. Dekatkan diri dengan Sang Pencipta.

Tuhan merupakan Zat yang mampu memutar balikkan hati. Ketika kalian tetap nggak direstui, mintalah padaNya Bela. Mintalah petunjukNya dan kemurah kasihNya. 

Ketika pada akhirnya kalian memang tetap nggak bisa bersama, mungkin kalian memang bukan berjodoh. Mungkin pada awalnya memang akan sangat menyakitkan, tapi akhirnya, kamu bisa merasakan sendiri pelajaran yang tengah diberikanNya padamu.

Baca Juga: Cara Menghadapi Pacar Cuek dan Nggak Romantis