Drama Korea menghadirkan berbagai macam genre, salah satunya genre romantis yang paling banyak diminati. Namun, sebagian besar drama Korea bergenre romantis masih menyuguhkan kisah pasangan yang berselingkuh atau terjebak dalam hubungan toxic

Meski fiktif, drama Korea kadang dijadikan acuan saat menjalani hubungan di dunia nyata. Makanya, tidak mudah menemukan pasangan drama Korea yang memiliki hubungan yang sehat.

Namun, ada beberapa pasangan drama Korea yang mempunyai hubungan sehat dan cukup solid. Hubungan mereka dilandasi dengan fondasi cinta yang kuat berupa saling dukung, menghormati, profesional, hingga menetapkan batasan saat berpacaran.

Siapa saja pasangan drama Korea yang memiliki hubungan yang sehat dan bisa menjadi panutan? Popbela kasih bocorannya di bawah ini. 

1. Ahn Jeong Won & Jang Gyeo Wool

Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan SehatHancinema.net

Siapa yang tak jatuh hati dengan salah satu pasangan kesayangan di drama Korea Hospital Playlist? Mendapat julukan Winter Garden, kisah asmara Ahn Jeong Won (Yoo Yeon Seok) dan Jang Gyeo Wool (Shin Hyu Bin) memang menarik perhatian penonton. 

Menahan perasaan bertahun-tahun, tak membuat pekerjaan Jang Gyeo Wool berantakan. Ia tetap profesional dalam menjalani profesinya sebagai dokter tanpa melupakan perasaannya kepada Jeong Woon. Bagian terbaiknya saat pasangan Winter Garden mulai berkencan, keduanya mampu memisahkan antara kehidupan pribadi dengan pekerjaan.

Di sisi lain, Jeong Woon juga menjadi pacar suportif dan komunikatif sehingga Gyeol Wool merasa nyaman. Melihat hubungan yang sehat antara Jeong Woon dan Gyeol Wool membuat mereka sangat disukai oleh penonton setia Hospital Playlist

2. Choi Dal Po & Choi In Ha

Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan SehatPinterest.com

Drama Korea Pinocchio (2014) mengisahkan seorang pemuda yang mencoba bunuh diri karena tragedi keluarganya. Ia kemudian diselamatkan oleh seorang kakek dan diberi nama baru, yakni Choi Dal Po (Lee Jong Suk). 

Dal Po tinggal bersama sang kakek dan cucu perempuan yang seumuran bernama Choi In Ha (Park Shin Hye). Semula hubungan mereka hanya sebatas paman dan keponakan, namun hubungan mereka berkembang saat beranjak dewasa dan akhirnya menjadi jurnalis di sebuah stasiun televisi. 

Meski hubungan asmara Dal Po dan In Ha cukup pelik, Dal Po tidak menyerah pada cintanya. Dal Po menjadi rekan kerja sekaligus pacar siaga di saat In Ha terjebak dengan sindrom pinokionya. Kejujuran dan saling memahami perasaan satu sama lain membuat mereka cocok menjalin hubungan yang sehat. 

3. Im Bareun & Park Cha Oh Reum

Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan SehatPinterest.com

Im Bareun (Kim Myung Soo) menyimpan rasa ke Park Cha Oh Reum (Go Ara) sejak duduk di bangku sekolah dalam drama Korea Miss Hammurabi (2018). Lalu, keduanya berpisah dan melanjutkan pendidikan masing-masing, hingga kembali dipertemukan sebagai seorang hakim di Pengadilan Negeri Korea Selatan. 

Keduanya kerap berselisih, tetapi perlahan hubungan mereka menghangat. Bareun berubah menjadi sosok yang lebih perhatian dan pengertian. Keduanya menyadari bahwa mereka terhubung oleh ikatan masa lalu dan keinginan untuk membela kebenaran. 

Ikatan tersebut membuat perasaan Bareun semakin tulus. Bahkan, interaksi mereka saat berkencan menggunakan sepeda di tengah mekarnya bunga sakura terasa menyenangkan, karena sikap Bareun yang menjaga Oh Reum sepenuh hati.

4. Ki Seon Gyeom & Oh Mi Joo

Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan SehatHancinema.net

Tanpa romantisme berlebihan, Im Siwan berhasil menghidupkan karakter Ki Seon Gyeom dan memberikan gambaran tentang hubungan sehat di drama Korea Run On. Ki Seon Gyeom merupakan seorang atlet pelari yang memutuskan pensiun dari dunia olahraga. 

Sebelum pensiun, Ki Seon Gyeom bertemu dengan Oh Min Joo (Shin Se Kyung) yang berprofesi sebagai penerjemah film asing. Hingga di satu kesempatan, mereka dipertemukan kembali setelah Seon Gyeon pensiun. 

Menariknya, proses pacaran Seon Gyeom dengan Min Joo terjadi secara perlahan dan sederhana. Mereka tidak jatuh cinta pada pandangan pertama, melainkan setelah mengenal dan memahami satu sama lain. Percakapan mereka sederhana, tetapi bermakna. 

5. Nam Do San & Seo Dal Mi

Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan SehatHancinema.net

Bermula dari kesalahpahaman di masa lalu, Nam Do San (Nam Joo Hyuk) akhirnya bertemu dengan Seo Dal Mi (Bae Suzy) karena permintaan Han Ji Pyeong (Kim Seon Ho) di drama Korea Start Up.

Keduanya ikut terlibat dalam kompetisi yang diadakan oleh Sandbox bersama anggota tim lain. Meski diawali dengan kepura-puraan, perasaan Do San benar-benar tulus kepada Dal Mi. Di saat Dal Mi ragu, Do San selalu ada untuk Dal Mi dan berjuang bersama merintis perusahaan sendiri. 

Bagian terbaik dari pasangan Do San dan Dal Mi adalah keduanya memahami bahwa mereka saling membutuhkan. Memiliki kemiripan dalam usaha meraih impian, membuat hubungan asmara terjalin dengan sehat. 

6. Sa Hye Jun & Ahn Jeong Ha

Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan SehatHancinema.net

Sa Hye Jun (Park Bo Gum) telah melalui banyak hal pahit dalam hidupnya dan bermimpi menjadi model terkenal di drama Korea Record of Youth (2020). Ia mencoba berbagai cara sambil bekerja paruh waktu untuk bertahan hidup sebelum kesuksesan menghampirinya. 

Sementara, Ahn Jeong Ha juga telah mengalami beberapa peristiwa traumatis di hidupnya. Sa Hye Jun menjadi sosok penyemangat dirinya saat lelah menjalani keseharian. Lalu, ia bertemu dengan idolanya tersebut di sebuah acara peragaan busana.

Perasaan mereka berkembang setelah sering bertemu. Kisah asmara keduanya tidak mulus, tetapi Hye Jun dan Jeong Ha berupaya membangun hubungan dengan sehat. Bahkan, saat putus, keduanya tetap berteman dan menghargai satu sama lain.  

7. Lee Hye Yeong & Kim Jojo

Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan SehatHancinema.net

Sempat menjalin kasih dengan Sun Oh (Song Kang) di drama Korea Love Alarm 1, Kim Jojo terjebak dengan perasaan dilematis ketika ia menjalin hubungan dengan Lee Hye Yeong (Jung Ga Ram) di Love Alarm 2

Apalagi, Sun Oh kembali hadir di kehidupan Kim Jojo dan berupaya kembali membunyikan aplikasi perasaan milik Jojo. Berbeda dengan Sun Oh yang mengandalkan aplikasi, Lee Hye Yeong memilih untuk membiarkan Jojo menyukai dirinya secara alami. 

Ia tidak memaksakan Jojo untuk menyukainya dengan tergesa-gesa. Malahan, Hye Yeong sangat sabar menghadapi Jojo yang peragu. Hye Yeong membiarkan Jojo menyelesaikan masalahnya dengan Sun Oh dan luka masa lalu.

Saat Jojo berdamai dengan semuanya, Hye Yeong dengan setia menanti. Kombinasi kepercayaan, keterbukaan, dan kesetiaan membuat hubungan Hye Yeong dan Jojo terasa manis.

8. Kwak Hyun & Song Eun Jae

Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan SehatPinterest.com

Eun Jae (Ha Ji Won) merupakan dokter spesialis di rumah sakit ternama Korea Selatan. Ia tak pernah beristirahat dari jam kerja demi bisa menduduki jabatan penting di rumah sakit tersebut dalam drama Korea Hospital Ship (2017). Ia dikenal sebagai dokter perempuan yang cekatan, tetapi sedikit angkuh dan berhati dingin.

Sebuah peristiwa menyakitkan membuat Eun Jae dipindahkan ke rumah sakit kapan dan bertemu dengan Kwak Hyun (Kang Min Hyuk). Kehadiran Kwak Hyun menjadi penyembuh luka batin dan membuat Eun Jae menjadi lebih humanis. Hubungan mereka terjalin dengan indah dan saling melengkapi. 

9. Moon Ha Won & Han Seo Woo

Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan SehatHancinema.net

Ditinggal sang ibu membuat Moon Ha Woon (Jung Hae In) cukup menderita di drama Korea A Piece of Your Mind (2020). Penderitaan Ha Woon belum usai, ia dibuat nelangsa ketika cinta pertamanya, Kim Ji Soo (Park Joo Hyun) meninggalkan dirinya tanpa penjelasan. 

Meski bertahun-tahun tak bertemu, Ha Woon belum bisa melupakan Kim Ji Soo. Namun, kecelakaan maut merenggut nyawa cinta pertamanya itu. Dibantu Seo Woo (Chae Soo Bin), Ha Woon membangun kenangannya dengan Ji Soo ke dalam sebuah perangkat. 

Tanpa disangka, pertemuan keduanya berlanjut dan menjadi terikat satu sama lain. Ha Woon sangat menjaga dan pendengar yang baik untuk Seo Woon. Saat ada masalah, mereka memilih menunggu hingga salah satunya siap untuk terbuka. Keduanya menjalin hubungan yang sehat dan manis.

10. Ahn Min Hyuk & Do Bong Soon

Panutan Banget! 10 Pasangan KDrama Ini Punya Hubungan SehatPinterest.com

Terlahir dengan kekuatan super di drama Korea Strong Woman Do Bong Soon (2017), Do Bong Soon (Park Bo Young) merupakan calon pembuat video game yang bertemu dengan Ahn Min Hyuk (Park Hyung Sik), seorang CEO perusahaan video game dan membutuhkan karyawan baru.

Akhirnya, Min Hyuk merekrut Bong Soon dan membiarkan Bong Soon mengembangkan sebuah permainan. Setiap hari, keduanya bekerja sangat dekat sehingga Min Hyuk jatuh hati dengan Bong Soon. Mereka sering berbagai banyak hal dalam kehidupan. 

Mencintai Bong Soon apa adanya, Min Hyuk siap mempertaruhkan segalanya untuk membantu pujaan hatinya. Cinta Min Hyuk tak mengenal lelah dan Bong Soon turut menyadari perasaan bosnya tersebut.

Meski minim sentuhan fisik, pasangan KDrama ini membuktikan bahwa mereka memiliki hubungan asmara yang sehat. Siapa pasangan KDrama yang punya hubungan sehat versi kamu, Bela?

Baca Juga: Berhati Lembut, 12 Karakter Bad Boys di KDrama Ini Dicintai Fans

Baca Juga: Bikin Trauma, 5 Tanda Gaslighting Hubungan di KDrama 'Nevertheless'

Baca Juga: Bikin Baper, 5 Sebutan Pasangan Romantis di KDrama Hospital Playlist 2